Donald Trump Diklaim Dukung Penundaan Olimpiade 2020

Oleh: Iswara N Raditya - 26 Maret 2020
Pemerintah Jepang mengklaim bahwa keputusan menunda Olimpiade 2020 di Tokyo mendapatkan dukungan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
tirto.id - Pemerintah Jepang melalui Akihiro Nishimura selaku juru bicara mengklaim bahwa keputusan untuk menunda pelaksanaan Olimpiade 2020 di Tokyo mendapatkan dukungan dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump.

Nishimura yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Sekretaris Kabinet menyebut dukungan Trump itu disampaikan dalam pembicaraan dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melalui sambungan telepon.

"Presiden Trump berulang kali mengatakan penundaan itu sebuah keputusan yang baik sekali dan bijaksana," kata Nishimura dalam jumpa pers, dikutip dari Antara, Rabu (25/3/2020).

"Ada pernyataan bahwa dia mendukung 100 persen keputusan Perdana Menteri Abe," tambahnya.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) dan pemerintah Jepang sebelumnya telah sepakat untuk mengundurkan pelaksanaan Olimpiade 2020 di Tokyo, Jepang, hingga tahun 2021 mendatang akibat dampak pandemi Corona atau COVID-19. Meskipun begitu, nama yang akan dipakai tetap Olimpiade 2020.

"Dalam situasi sekarang dan berdasarkan pada informasi WHO, Presiden IOC dan Perdana Menteri Jepang memutuskan bahwa agenda di Tokyo harus dijadwalkan ulang di luar tahun 2020 namun tidak melebihi musim panas 2021," tulis IOC dalam laporan resminya, Selasa (24/3/2020).


Semula, Olimpiade 2020 direncanakan bakal berlangsung pada 24 Juli-9 Agustus 2020. Namun, dalam tiga bulan terakhir ketika pandemi Corona meluas secara global, wacana penundaan Olimpiade 2020 di Tokyo menjadi perhatian pemerintah Jepang dan IOC.

Beberapa saat sebelum Olimpiade 2020 resmi diputuskan ditunda, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe sudah mengisyaratkan hal tersebut. Abe mengatakan bahwa penundaan Olimpiade 2020 sangat mungkin menjadi sesuatu yang tidak terhindarkan.

Abe juga menegaskan bahwa Jepang masih punya komitmen tinggi untuk menggelar Olimpiade 2020 sesuai jadwal.

Namun, “Jika itu menjadi sulit, mengingat mempertimbangkan [keselamatan] atlet terlebih dahulu, mungkin menjadi tidak terhindarkan bahwa kami mengambil keputusan untuk menunda,” tandas sang perdana menteri dikutip AFP.

Baca juga artikel terkait OLIMPIADE 2020 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight