IHSG 14 Oktober Menguat Seiring Kenaikan Bursa Saham Global

Oleh: Selfie Miftahul Jannah - 14 Oktober 2021
Dibaca Normal 1 menit
Penguatan IHSG hari ini 14 Oktober seiring dengan kenaikan bursa saham global.
tirto.id - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Kamis (14/10/2021) pukul 09.00 WIB di zona hijau pada angka 6.552. Posisi tertinggi IHSG pagi ini berada di level 6.567 dan terendah ada di level 6.552. IHSG sudah diperdagangkan dengan volume 212 juta lembar dan nilai transaksi yang terjadi mencapai Rp142,4 miliar untuk 20.409 kali transaksi.

Kemudian pagi ini setidaknya ada 154 saham yang bergerak menguat dan 59 saham melemah sementara 237 sisanya ada di posisi stagnan.

Penguatan IHSG pagi ini seiring dengan kenaikan bursa saham global. Bursa Amerika Serikat ditutup menguat. Dow Jones ditutup 34.377,81 (-0,00%), NASDAQ ditutup 14.571,60 (+0,73%), S&P 500 ditutup 4,363.80 (+0,30%). Index saham wallstreet ditutup menguat secara rata-rata.

Saham teknologi kembali sebagai favorit pasar di tengah kekhawatiran tentang kenaikan inflasi. Sementara itu, saham perbankan tergelincir meskipun hasil kuartalan yang kuat dari JPMorgan.

Sebuah laporan Departemen Tenaga Kerja menunjukkan harga konsumen meningkat solid pada bulan September dan akan meningkat lebih lanjut di tengah lonjakan biaya produk energi, yang akan menimbulkan keraguan pada pandangan Federal Reserve bahwa inflasi yang tinggi bersifat sementara. Bursa saham Asia juga dibuka menguat pada pagi ini.

Meski pagi ini IHSG bergerak di zona hijau, analis Artha Sekuritas Dennies Christopher Jordan, mengatakan secara teknikal tren penguatan mulai terbatas dalam jangka pendek, candle stick membentuk shooting star serta indikator stochastic bergerak di area overbought mengindikasikan potensi koreksi.

"Investor diperkirakan akan melakukan profit taking dikarenakan penguatan dua pekan terakhir sudah cukup signifikan," jelas dia dalam analisis harian, Kamis (14/10/2021).

IHSG berpeluang menguat didorong berlanjutnya aksi beli investor asing. "Kami memperkirakan IHSG berpotensi menguat hari ini, seiring dengan masih berlanjutnya akumulasi net buy investor asing, terutama di sektor perbankan dan komoditas," tulis Tim Riset Samuel Sekuritas dalam kajiannya di Jakarta, Kamis, sebagaimana diberitakan Antara.



Baca juga artikel terkait IHSG atau tulisan menarik lainnya Selfie Miftahul Jannah
(tirto.id - Bisnis)

Reporter: Selfie Miftahul Jannah
Penulis: Selfie Miftahul Jannah
Editor: Maya Saputri
DarkLight