History Fair UI 2019, Ada Lomba Karya Tulis hingga Pameran Makanan

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 1 menit
History Fair UI 2019 mengangkat tema soal sejarah makanan dan telah berlangsung pada 7-9 Oktober lalu.
tirto.id - Mahasiswa Ilmu Sejarah Universitas (UI) Indonesia telah menggelar acara History Fair UI pada pada 7-9 Oktober 2019 lalu.

Kegiatan ini diselenggarakan sebagai wadah bagi anggota SKS UI, agar aktif dan terlibat dalam suatu kepanitiaan besar serta memiliki tujuan yang sesuai dengan pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian, dan juga pengabdian masyarakat.

History Fair UI memiliki rangkaian acara seperti Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) yang diikuti oleh mahasiswa se-Indonesia, Lomba Recoloring Photo (untuk umum dan lingkup nasional), dan Lomba Pameran Makanan (yang diikuti oleh Himpunan Mahasiswa Prodi FIB UI).

Tahun ini, History Fair mengangkat tema "Sejarah Kuliner" yang akan menilik masalah keberagaman kuliner di Indonesia.

"Kuliner Indonesia memiliki jenis dan cita rasa yang sangat beragam sesuai dengan bangsa, suku, ras, dan agama yang tersebar di seluruh daerah dari Sabang sampai Merauke," kata Tirza, Panitia History Fair UI, dalam rilis yang diterima Tirto, Senin (14/10/2019).

Acara pembukaan digelar pada 7 Oktober yang akan dihadiri oleh peserta LKTI, yang kemudian acara akan dilanjutkan dengan presentasi 9 besar LKTI dan Seminar “Pengaruh Budaya Asing terhadap Kuliner Indonesia: Belanda dan Tionghoa”.

Presentasi tersebut diisi oleh Dr. R. Achmad Sunjaya di (Dosen Departemen Ilmu Sejarah FIB UI), Dilah Kencono,M.Si (Dosen Sastra Cina UI), Fadly Rahman,M.A (Dosen Departement Sejarah dan Filologi Universitas Padjajaran).

Acara seminar ini dibuka untuk umum (Non-UI). Selanjutnya pada Selasa, 8 Oktober 2019, acara dilanjutkan dengan Workshop "Jalan Hidup di Balik Dunia Kuliner", yang diisi oleh Ade Putri Paramadita (Culinary Story teller), dan Chef Priscilya Princessa (Top 5 Master Chef Indonesia Season 1 & Host "Ala Chef".

Acara Workshop ini juga dibuka untuk umum (Non-UI). Selain Workshop, juga terdapat acara Field trip yang ditujukan untuk para peserta LKTI Pasar Lama Tangerang.

Tujuan dari Field trip ini yaitu untuk mengenalkan lokasi historis di daerah Tangerang. Kemudian pada Rabu, 9 Oktober 2019, merupakan acara puncak dari History Fair UI 2019.

Pada acara puncak terdapat rangkaian acara seperti pameran makanan, pameran recoloring photo, lomba pameran makanan, dan closing ceremony.

Keseluruhan acara telah dilaksanakan di Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya Universitas Indonesia, terkecuali Field trip yang dilaksanakan di Pasar Lama Tangerang.

Acara Closing Ceremony dimeriahkan oleh band komunitas dari FIB UI dan Band Orkestra Hamba Allah.

Baca juga artikel terkait HISTORY FAIR UI 2019 atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: pers rilis
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Agung DH
DarkLight