Liga Italia

Hasil Genoa vs AC Milan, Rossoneri Merangsek ke Posisi Empat Besar

Oleh: Gilang Ramadhan - 22 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Skor akhir 0-2 menjadi hasil Genoa vs AC Milan dalam jadwal lanjutan Liga Italia Serie A 2018/2019 pada Senin (21/1/2019).
tirto.id - Hasil pertandingan antara Genoa vs AC Milan dalam jadwal lanjutan Liga Italia Serie A 2018/2019 pekan 20 berkesudahan dengan skor akhir 0-2 untuk keunggulan tim tamu. Bertanding di Stadion Luigi Ferraris pada Senin (21/1/2019), dua gol kemenangan Rossoneri dicetak oleh Fabio Borini dan Suso. Kemenangan ini sekaligus membuat skuat Gattuso kembali merangsek ke posisi empat besar

Dalam laga ini, tuan rumah arahan pelatih Cesare Prandelli, tidak dapat menurunkan penyerang andalannya, Krzysztof Piatek. Goran Pandev dan Christian Kouame menjadi tumpuan utama tim di lini serang. Selain itu, Daniel Bessa dan Domenico Criscito juga tampil sejak menit awal.

Sementara di pihak tamu, absesnnya Alessio Romagnoli, Frank Kessie dan Davide Calabria membuat Iganzio Abate dan Mateo Musacchio turun sejak menit pertama. Suso telah kembali bermain sejak menit awal setelah pulih dari cedera. Patrick Cutrone dan Fabio Borini juga dipercaya menjadi tumpuan lini serang. Pada laga ini, AC Milan tidak didampingi oleh sang pelatih, Gennaro Gattuso, yang menjalani skorsing.

Babak pertama dimulai, kedua kesebelasan masih berhati-hati dalam membangun serangan. Peluang pertama tercipta pada menit 10 melalui Domenico Criscito dari Genoa. Sepakan tendangan bebas Criscito masih mengarah tepat ke pelukan kiper Milan, Gianluigi Donnarumma.



Pada menit 28, tuan rumah hampir mencetak gol pembuka melalui aksi Daniel Bessa yang bekerja sama dengan Goran Pandev di dalam kotak penalti. Bessa yang tinggal berhadapan dengan Donnarumma gagal menyarangkan bola ke gawang dan dengan cepat diamankan oleh Tiemoue Bakayoko.

Jelang babak pertama berakhir, tepatnya menit 45, Lucas Paqueta dari AC Milan hampir memecah kebuntuan. Sepakan voli mantan pemain Falmengo itu masih membentur mistar gawang, sekaligus menjadi peluang terakhir di babak pertama. Skor imbang tanpa gol menutup paruh pertama.

Memasuki babak kedua, tempo laga masih mirip seperti babak pertama. Peluang pertama baru tercipta pada menit 62, berkat upaya Lucas Paqueta dari AC Milan. Memanfaatkan umpan jitu dari Hakan Calhanoglu berhasil diteruskan dengan tandukan, namun Ionut Radu dengan cekatan mampu menyelamatkan tandukan Paqueta dengan baik.

Baru pada menit ke-71, AC Milan mampu memecah kebuntuan melalui sontekan Fabio Borini. Berawal dari kerja sama Andrea Conti dan Suso di sisi kanan, Conti dengan baik mengirim umpan mendatar ke muka gawang Genoa. Fabio Borini dengan cekatan menyambar bola yang tidak mampu dibendung oleh Ionut Radu.

Berselang 11 menit kemudian, Rossoneri berhasil menambah keunggulan melalui Suso. Bermula dari serangan balik cepat, Patrick Cutrone berhasil mengirim umpan terobosan panjang yang mampu diburu Suso. Kendati mendapat kawalan dari dua pemain bertahan Genoa, mantan pemain Liverpool itu melepaskan sepakan kaki kanan yang sempat membentur tiang sebelum masuk ke gawang. Skor berubah menjadi 2-0.

Kendati terus melakukan serangan ke daerah tim tamu, Genoa tidak mampu mencetak gol penghibur hingga akhir laga. Skor 2-0 untuk keunggulan AC Milan bertahan hingga laga usai. Tuan rumah sendiri berhasil mencetak 14 peluang yang setengahnya menemui gawang. Sementara AC Milan berhasil melakukan 9 percobaan yang 6 di antaranya tepat ke arah gawang dari 61% penguasaan bola. Kemenangan ini sekaligus membuat skuat Gattuso kembali merangsek ke posisi empat besar.

Susunan Pemain

GENOA (3-5-2): Ionut Radu; Cristian Romero, Davide Biraschi, Domenico Criscito; Ervin Zukanovic, Daniel Bessa, Miguel Veloso, Esteban Rolon, Darko Lazovic; Goran Pandev, Christian Kouame.

AC MILAN (4-3-3): Gianluigi Donnarumma; Ignazio Abate, Mateo Musacchio, Cristian Zapata, Ricardo Rodriguez; Lucas Paqueta, Tiemoue Bakayoko, Hakan Calhanoglu; Suso, Fabio Borini, Patrick Cutrone.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Gilang Ramadhan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan