Hasil Final NBA 2018 Gim 4 Warriors vs Cavaliers 108-85 (4-0) Juara

Oleh: Fitra Firdaus - 9 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Golden State Warriors sukses menjadi juara NBA 2018 setelah mengalahkan Cleveland Cavaliers 108-85 (4-0) di final.
tirto.id - Hasil final NBA 2018 game keempat antara Golden State Warriors vs Cleveland Cavaliers berakhir dengan skor 108-85. Berkat kemenangan di Quicken Loans Arena, Cleveland pada Sabtu (9/6/2018) ini, Warriors resmi menjadi juara NBA tahun ini dengan skor 4-0.

Tim All-Stars Golden Warriors meraih gelar juara NBA ketiga kalinya dalam empat tahun terakhir. Tidak hanya itu, Warriors juga mampu mempertahankan gelar yang mereka dapatkan tahun lalu. Dominasi Warriors di era NBA ini semakin nyata karena keunggulan 4-0 melawan Cleveland Cavaliers secara beruntun, adalah yang tertelak dalam perjumpaan kedua tim di final. Pada 2015, Warriors menang 4-2 dari Cavaliers, dan tahun lalu mereka unggul 4-1 dari sang lawan yang memiliki LeBron James.

Game keempat final NBA 2018 sendiri adalah bukti dominasi Golden State Warriors. Kuarter pertama dimulai dengan keberhasilan Stephen Curry mencetak layup shot untuk skor 2-0. Namun, Cavaliers mampu membalikkan kedudukan berkat tembakan tiga angka J.R Smith. Ketika Cavs tampak bisa mengimbangi sang lawan, gempuran JaVale McGee dan Curry membuat kedudukan jadi 13-3.

Cavaliers sulit untuk memburu sang juara bertahan. Meskipun mereka bisa menyempitkan skor, saat itu juga Warriors menemukan cara untuk menjauh. Hal ini terus berlanjut ketika Andre Iguodala mengirim tembakan tiga angka ntuk skor 34-23. Meskipun Cavs membuat kuarter pertama tetap dalam satuan angka yang sama, 34-25 berkat James, momentum ada di tangan Warriors.

Kegigihan dilakukan oleh Cavaliers pada awal kuarter kedua. Mereka yang terus tertinggal kemudian bangkit ketika dunk shot LeBron James masuk dan membuat skor jadi 38-39. Desakan Cavs terus terasa sebelum Kevin Durant berhasil melakukan lemparan bebas dan mengunci skor imbang 43-43.

Sejak saat itu, Warriors kembali memimpin, dan makin jauh. Puncaknya adalah ketika lima detik tersisa di kuarter kedua, Stephen Curry melakukan lemparan tiga angka dan membawa timnya berbeda sembilan poin dari Cavaliers, dalam kedudukan 61-52.

Keadaan memburuk bagi Cavs ketika Klay Thompson, Curry, dan McGee bergantian mencetak poin dan membuat jarak jadi 52-67. Selisih semakin membuat Warriors nyaman, terutama karena Stephen Curry, Draymond Green, dan Kevin Durant dalam kondisi prima sebagai penyumbang angka Warriors. Kuarter ketiga diakhiri dengan kedudukan 86-65.

Awal kuarter keempat, tembakan tiga poin yang dicetak oleh Stephen Curry untuk skor 89-65 ibarat menyelesaikan pertandingan. Berikutnya, Curry pula yang membuat Warriors bisa menembus 100 poin di laga ini sehingga kedudukan 102-74. Pada sisa menit, perayaan gelar juara Warriors tidak dapat terhentikan lagi dengan skor 108-85. Mereka menyudahi perlawanan Cavaliers dan meraih gelar juara kembali.


Baca juga artikel terkait NBA atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight