Hasil Drawing Piala AFF 2018: Indonesia dan Thailand di Grup Neraka

Oleh: Fitra Firdaus - 3 Mei 2018
Dibaca Normal 1 menit
Indonesia, Thailand, dan Singapura masuk Grup B dalam hasil undian Piala AFF 2018.
tirto.id - Hasil drawing Piala AFF 2018 pada Rabu, 2 Mei di Hotel Mulia, Jakarta menempatkan Indonesia ke dalam 'grup neraka'. Tim Merah Putih masuk dalam grup B, sama dengan dua kekuatan lain di Asia Tenggara, Thailand dan Singapura.

Undian Piala AFF membagi 10 peserta turnamen dalam lima pot. Tim yang berada di sebuah pot tidak akan masuk ke dalam grup yang sama. Dengan demikian, Indonesia dan Malaysia yang ada di pot dua, terpisah. Tidak ada pertarungan antara Indonesia vs Malaysia di babak penyisihan grup.

Namun, bukan berarti Indonesia akan berada di grup yang mudah. Sebaliknya, tim Merah Putih bergabung dengan Thailand, tim yang ada di pot pertama. Selain kedua tim tersebut, ada Singapura dan Filipina. Satu tempat lain di grup B akan diisi oleh pemenang antara Brunei Darusssalam versus Timor Leste. Kedua tim itu harus bertarung terlebih dahulu di babak kualifikasi.

Dikutip dari laman resmi PSSI, Thailand, yang meraih lima trofi Piala AFF pada tahun 1996, 2000, 2002, 2014 dan 2016, akan menjadi favorit utama di grup B. Sementara itu, Indonesia yang sudah lima kali tampil di babak final, tetapi belum pernah menjadi juara, berambisi untuk berbuat lebih.

"Semoga Indonesia bisa masuk babak semifinal lalu kemudian melaju ke final, dan menjadi juara pada tahun ini. Saya rasa grup ini cukup ketat persaingannya. Apalagi ada Thailand yang notabene sebagai juara bertahan dan kami harus tandang kesana di laga perdana," kata Bimasakti, asisten pelatih Timnas Indonesia.

Format penyisihan grup Piala AFF tahun ini sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Turnamen yang digelar sejak 8 November ini, akan membuat setiap tim yang berlaga bakal menjalani dua kali laga kandang dan dua kali laga tandang. Sebelumnya, babak penyisihan grup digelar di sebuah negara yang berstatus tuan rumah.


Timnas Indonesia sendiri, tahun ini akan menurunkan lebih banyak pemain U-23 untuk Piala AFF. Meskipun demikian, para pemain senior tetap berpeluang masuk ke dalam skuat yang diasuh oleh pelatih asal Spanyol, Luis Milla.

"Coach Luis Milla ingin skuat Timnas Indonesia mempergunakan pemain-pemain Timnas U-23 Asian Games. Karena mereka akan menjadi pemain mayoritas dan mungkin ada kelompok pemain senior yang akan kita lihat di kompetisi nanti di Liga 1," kata Bima Sakti.

Berikut ini pembagian grup Piala AFF 2018.

Grup A
1. Vietnam
2. Malaysia
3. Myanmar
4. Kamboja
5. Laos

Grup B

1. Thailand
2. Indonesia
3. Filipina
4. Singapura
5. Brunei Darussalam/ Timor Leste

Baca juga artikel terkait PIALA AFF 2018 atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight