Hari Ibu

Sejumlah anak melakukan sungkeman kepada ibunya saat peringatan Hari Ibu di Liogenteng, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022). Momentum Hari Ibu tersebut diperingati dengan tradisi sungkem atau meminta maaf sebagai bentuk ungkapan bakti dan kasih sayang kepada orang tua. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi
Petugas KAI membawa poster kampanye anti pelecehan seksual di gerbong KRL Commuter Line rute Tanah Abang-Bekasi, Jakarta, Kamis (22/12/2022). Kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ibu 2022 tersebut dilakukan untuk menggugah kesadaran masyarakat agar tidak melakukan tindakan kekerasan dan pelecehan seksual di transportasi umum. ANTARA FOTO/Sulthony Hasanuddin
Seorang ibu mencium anaknya saat prosesi sungkeman pada peringatan Hari Ibu di Liogenteng, Astanaanyar, Bandung, Jawa Barat, Kamis (22/12/2022). ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/nym.
Seorang anak dari komunitas belajar Gubug Ayem membagikan bunga kepada seorang ibu pengguna jalan di Kota Blitar, Jawa Timur, Kamis (22/12/2022). Aksi bagi-bagi bunga tersebut untuk memperingati Hari Ibu sekaligus sebagai wujud rasa hormat dan terima kasih kepada ibu. ANTARA FOTO/Irfan Anshori
Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember sendiri baru diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.
Jumat, 23 Desember 2022 09:15 WIB
Tanggal 22 Desember diperingati sebagai Hari Ibu.

Di Indonesia, ada peristiwa bersejarah dan istimewa yang terjadi pada tanggal tersebut.

22 - 25 Desember 1928 di Yogyakarta, 30 organisasi perempuan dari 12 kota di Jawa dan Sumatera berkumpul untuk mengadakan Konggres Perempuan Indonesia yang pertama.

Agenda utama adalah persatuan perempuan Nusantara; peranan perempuan dalam perjuangan kemerdekaan; peranan perempuan dalam berbagai aspek pembangunan bangsa; perbaikan gizi dan kesehatan bagi ibu dan balita; pernikahan usia dini bagi perempuan, dan lain sebagainya.

Penetapan Hari Ibu pada tanggal 22 Desember sendiri baru diputuskan dalam Kongres Perempuan Indonesia III pada tahun 1938.

Secara resmi tanggal 22 Desember ditetapkan sebagai Hari Ibu adalah setelah Presiden Soekarno melalui melalui Dekrit Presiden No. 316 tahun 1959. Pada awalnya peringatan Hari Ibu adalah untuk mengenang semangat dan perjuangan para perempuan dalam upaya perbaikan kualitas bangsa ini.

Peringatan Hari Ibu di Indonesia saat ini lebih kepada ungkapkan rasa sayang dan terima kasih kepada para ibu, memuji keibuan para ibu. Berbagai kegiatan pada peringatan itu merupakan kado istimewa, penyuntingan bunga, pesta kejutan bagi para ibu, aneka lomba masak dan berkebaya, atau membebaskan para ibu dari beban kegiatan domestik sehari-hari. - ANTARA

DarkLight