Harga Beda Rp3 Jutaan, Pilih OPPO R17 Pro atau Find X?

Oleh: Ditya Pandu Akhmadi - 4 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Find X lebih mahal Rp3 jutaan dari R17 Pro. Apa yang ditawarkan dua smartphone jagoan OPPO tersebut?
tirto.id - OPPO R17 Pro merupakan smartphone kelas premium yang baru saja diluncurkan di Indonesia. Smartphone ini sudah dibuka pre-order-nya mulai hari ini, Jumat (4/1/2019) melalui gerai OPPO dan beberapa situs e-commerce. Harga OPPO R17 Pro cukup tinggi untuk ponsel yang bukan flagship, Rp9.999.000

Harga OPPO R17 Pro bisa dikatakan tidak terlalu jauh dari flagship Find X. Harga terakhir OPPO Find X berdasarkan informasi dari OPPO Flagship Store di Lazada Rp13.499.000. Selisih harga sekitar Rp3 jutaan, apa saja perbedaan yang ditawarkan kedua ponsel canggih OPPO itu?

Performa

Harus diakui bahwa performa OPPO Find X jauh lebih superior ketimbang seri R17 Pro. Ponsel ini sangat kencang dengan dukungan chipset Qualcomm Snapdragon 845 yang mengandalkan prosesor octa-core berkecepatan 2,8GHz dan diperkuat RAM 8GB. Performa grafis OPPO Find X juga lebih baik berkat GPU Adreno 630.

Sedangkan OPPO R17 Pro memang masih kalah kencang dari Find X. Meski demikian, kinerja OPPO R17 Pro masih bisa diandalkan berkat chipset Qualcomm Snapdragon 710 berkonsep octa-core dengan kecepatan 2,2GHz yang dipadukan bersama RAM 8GB. Sisi grafis, ponsel ini cukup mumpuni berkat dukungan GPU dari Adreno 616.


Kamera

OPPO membekali Find X dengan dukungan dua kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 16MP dengan sensor besar dari Sony IMX519 berukuran 1/2.8 inci 1,22 micron piksel yang mumpuni, serta diperkuat oleh phase-detection autofokus dan Optical Image Stabilization (OIS). Sedangkan kamera kedua 20MP berfungsi untuk depth sensor dan membantu saat kondisi low-light.

Sementara OPPO R17 Pro justru tampak lebih superior di sektor kamera dibandingkan Find X. OPPO membekali R17 Pro dengan dukungan tiga kamera belakang. Kamera utama berkekuatan 12MP dengan sensor berukuran besar dari Sony IMX362 yang didukung fitur variabel aperture f/1.5 - f/2.4.

Sedangkan kamera kedua 20MP dibekali dengan lensa aperture f/2.6 untuk low-light dan kamera ketiga berfungsi untuk TOF 3D stereo. OPPO R17 Pro menghadirkan mode malam yang membuat kamera andalannya mampu membidik foto dengan hasil yang tajam, minim noise, dan saturasi warna berkat fitur AI Ultra-clear Engine.

Berdasarkan spesifikasi kameranya, secara teori OPPO R17 Pro ini lebih unggul dengan dukungan sensor kamera yang lebih besar dari Find X, serta didukung fitur AI Ultra-clear Engine.

Sedangkan untuk kamera depan, OPPO R17 Pro dan Find X sama-sama dibekali resolusi 25MP. Hanya saja kamera depan OPPO Find X tersembunyi di balik layar dan muncul saat ponsel aktif dengan mekanisme motorized.


Media Penyimpanan

OPPO Find X yang beredar di Indonesia dibekali dengan memori internal 256GB. Sedangkan OPPO R17 Pro hanya berkapasitas setengahnya saja, yakni 128GB.

Tiga sektor tersebut menjadi perbedaan yang signifikan antara OPPO R17 Plus dan Find X. Sedangkan spesifikasi teknis lainnya relatif tidak jauh berbeda.

Konsumen yang menyukai fotografi, mungkin lebih cocok memilih OPPO R17 Pro. Sedangkan yang mengutamakan performa dan memori internal yang lebih besar, bisa memilih OPPO Find X.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ditya Pandu Akhmadi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Ditya Pandu Akhmadi
Penulis: Ditya Pandu Akhmadi
Editor: Ibnu Azis
DarkLight