Advertorial:

Daftar Smartphone Terbaik OPPO di Kelasnya Sesuai Bujet

Oleh: Ibnu Azis - 11 Desember 2018
Dibaca Normal 4 menit
Dengan memahami kelas pada smartphone, pengguna pun lebih efektif dalam membelanjakan dana saat membeli perangkat terpilih.
tirto.id - Setiap pengguna memilih smartphone untuk beragam kebutuhan. Ada yang menggunakannya untuk bermain game, menikmati konten multimedia, fotografi, atau sekadar berinteraksi di media sosial. OPPO menjawab kebutuhan itu dengan merilis sejumlah smartphone di Indonesia pada sepanjang 2018 dalam berbagai kelas.

Umumnya, kebutuhan pengguna akan sebuah smartphone disesuaikan dengan kelasnya. Segmentasinya, yakni entry level, kelas menengah, menengah ke atas, dan flagship. Pembagian ini dapat dimanfaatkan untuk menentukan perangkat apa yang dibutuhkan. Sehingga, konsumen pun lebih efektif dalam membelanjakan dana saat membeli smartphone terpilih.

Lantas, apa saja smartphone terbaik OPPO di kelasnya yang sesuai kantong? Berikut ini disajikan daftar perangkat tersebut yang memiliki kisaran harga mulai dari satu jutaan hingga belasan juta.

OPPO A3s


Dipasarkan pada bulan Juli lalu, OPPO A3s membawa fitur mid end di kelas entry level. Sebut saja layar full screen rasio 19:9, konfigurasi kamera ganda tersemat teknologi AI, dan desain glossy dengan material tempered glass di bagian belakang.

OPPO A3s juga dibekali baterai besar 4.230 mAh yang mampu bertahan dua hari untuk pemakaian normal. Hadir pula AI Battery Management untuk membantu optimasi pendistribusian daya. Selain itu, prosesor dengan fabrikasi 14 nanometer membuat perangkat ini hemat daya.

Di samping itu, sistem operasi ColorOS 5.1 berbasis Android 8.1 Oreo di A3s membawa fitur sama yang ditemukan di perangkat hing end OPPO. Pengguna juga akan menjumpai fitur-fitur menarik seperti MusicParty, Kids Space, termasuk Applock.

Dengan membawa keunggulan yang biasa hadir di kelas menengah dan atas, OPPO A3s ditawarkan dengan harga Rp1.999.000 untuk varian 2GB/16GB, sedangkan varian 3GB/32GB bisa didapatkan dengan harga Rp2.699.000.


OPPO A7


Perangkat ini belum lama hadir di Indonesia, tepatnya pada akhir November lalu. Hadir di kelas menengah, OPPO A7 membawa keunggulan yang terdapat pada F9, seperti panel depan "Waterdrop Screen" dengan perbandingan layar ke bodi perangkat 88,4 persen.

Dengan desain layar tersebut, OPPO A7 menawarkan tampilan terbaik untuk menikmati konten multimedia ataupun bermain game. Untuk menunjang aktivitas pengguna, perangkat ini dibekali baterai besar 4.230 mAh yang dikombinasikan dengan kecerdasan buatan dalam manajemen baterai.

Disebut A.I Battery Management, kecerdasan ini akan mempelajari kebiasaan pengguna dalam menggunakan perangkatnya, yang kemudian memilih aplikasi prioritas. Sehingga, aplikasi lain yang tak terpakai akan dihentikan secara otomatis.

Karena perpaduan baterai besar dan penggunaan kecerdasan buatan tersebut, OPPO A7 dapat menghasilkan daya tahan baterai lebih dari satu hari untuk penggunaan normal. Satu lagi keunggulan smartphone ini yang patut disimak yakni pada sektor desain.

Sekadar catatan, A7 merupakan smartphone OPPO pertama yang menerapkan teknik 3D Bent Sheet pada material polycarbonate commposite. Material ini dibuat melengkung pada bagian tepi yang tak mudah dilakukan kecuali pada material kaca.

Sementara lengkungan di sisi perangkat, membuat OPPO A7 lebih ergonomis di tangan. Desain premium ini disempurnakan dengan varian warna Glaring Gold dan Glaze Blue, yang disesuaikan dengan tren konsumen muda.

Ditawarkan ke pengguna dengan harga Rp3.699.000 (4GB/64GB), smartphone yang mengusung layar 6,2 inci HD+ rasio 19:9 ini pada sektor fotografi mengusung kamera ganda dengan konfigurasi 13MP + 2MP. Adapun pada kamera depan tersemat resolusi 16MP.


OPPO F9


Diboyong OPPO ke Indonesia pada akhir Agustus lalu, F9 hadir di kelas menengah ke atas yang menonjolkan sektor desain, kamera, dan baterai. Sektor terakhir memiliki daya tarik tersendiri lantaran tertanam teknologi VOOC Flash Charge.

Teknologi tersebut merupakan sistem pengisian daya ulang tercepat di industri smartphone dengan menggunakan tegangan rendah. Cukup lima menit waktu isi ulang, pengguna akan mendapatkan waktu bicara selama dua jam.

Selain itu, VOOC Flash Charge memiliki lima lapisan perlindungan dari adapter, kabel USB, port charger, baterai, hingga konektor baterai. Berkat teknologi tersebut, pengguna OPPO F9 tak perlu risau saat bermain game sambil melakukan pengisian daya.

Pada sektor desain, OPPO F9 mengadopsi Gradient Spraying Technology untuk menciptakan pencampuran alami dari warna yang berbeda dan menciptakan variasi warna gradasi yang halus. Teknologi tersebut merupakan yang pertama diterapkan pada industri smartphone.

Desain OPPO F9 kian elegan berkat panel depan perangkat ini mengusung "Waterdrop Screen" atau "tetesan air" dalam layar berdiagonal 6,3 inci dengan screen-to-body-ratio 90,8 persen.

Pindah ke sektor fotografi, OPPO F9 membawa dual camera belakang dengan konfigurasi 16MP + 2MP untuk pengalaman foto portrait yang lebih baik dengan efek bokeh. Sementara di kamera depan, tersemat lensa 25MP lengkap dengan AI Beauty Technology 2.1 yang menawarkan berbagai skenario mempercantik wajah.

Smartphone yang dibekali baterai 3.500 mAh ini ditawarkan dalam dua varian, yakni 4GB/64GB dengan harga Rp4.299.000 dan Rp4.999.000 untuk varian lebih tinggi, 6GB/64GB. Fitur lainnya, OPPO F9 yang membawa antarmuka ColorOS 5.2 berbasis Android 8.1 Oreo, mendukung Google Lens, AI Album, Smart Bar, Music on Display, Split Screen, dan fungsi lainnya.


OPPO Find X


Masuk ke kelas atas, smartphone OPPO Find X menyita perhatian dunia saat debut global di Paris, Perancis pada Juni lalu, yang diboyong ke Indonesia satu bulan kemudian. Satu hal yang membuat smartphone ini istimewa yakni pada sektor desain dan teknologi kameranya.

Mengusung teknologi 3D Stealth Camera, kamera OPPO Find X tampil misterius namun tetap menawan. Saat tak digunakan, kamera OPPO Find X akan tersembunyi, namun ketika diaktifkan, kamera akan muncul dari bagian atas perangkat melalui mekanisme slide up.

Melalui mekanisme itu, OPPO Find X memiliki kemampuan menutup secara otomatis jika perangkat terdeteksi akan jatuh. Adapun mekanisme sliding structure ini sudah diuji coba sebanyak 300.000 kali slide.

Pada sektor desain, bagian depan dan belakang OPPO Find X dipercantik dengan 3D Glass serta lengkungan 2.5D pada sisi perangkat. Mengusung layar berjenis OLED berdiagonal 6,42 inci, Find X memiliki aspek rasio 19.5:9 dan screen-to-body ratio 93,8 persen. Kedua penampangnya diproteksi Corning Gorilla Glass 5.

Kamera depan Find X menggunakan sensor Sony IMX576 dengan lensa 25MP yang mampu mengenali 296 titik pada wajah, lengkap dengan segudang fitur seperti 3D AI Beauty Technology termasuk AI Portrait Mode. Sementara pada kamera belakang, tersemat dual camera, masing-masing dengan sensor Sony IMX519 lensa 16MP dan IMX376K lensa 20MP.

Meniadakan fitur fingerprint scanner, fungsi keamanan Find X berpindah sepenuhnya pada kamera yang mengusung teknologi 3D Face Recognition. Teknologi ini menggunakan 15 ribu titik pengenalan wajah yang 20 kali lebih aman dibandingkan sensor sidik jari.

Sementara untuk menunjang kinerjanya, Find X bertenaga chipset kelas flagship Snapdragron 845 dan kartu grafis Adreno 630 dengan RAM 8GB serta penyimpanan internal 256GB. Sedangkan pada sektor catu daya, Find X ditopang baterai 3.730 mAh dengan teknologi pengisian cepat VOOC via USB Type-C.

Teknologi tersebut hanya membutuhkan waktu 30 menit untuk mengisi daya 75 persen dan isi ulang lima menit untuk menghasilkan waktu bicara dua jam. Dengan segala keunggulan serta desain premium di atas, smartphone flagship ini ditawarkan dengan harga Rp12.999.000.


Beli Smartphone OPPO Bisa Dapat Rumah


Bagi pengguna yang berminat memiliki satu dari keempat smartphone OPPO di atas, bisa memanfaatkan kampanye daring #MimpiJadiGampang untuk berpeluang mendapatkan rumah seharga Rp1 miliar. Adapun kampanye tersebut berlangsung pada 1 Desember 2018 sampai dengan 31 Januari 2019.

Kampanye ini berlaku untuk pembelian smartphone OPPO tipe Find X, F9 series, F7 series, A7, A3s series, A83, dan A71 baik secara daring atau luring di OPPO Store, peritel moderen atau toko-toko yang menjual perangkat OPPO.

Di kampanye #MimpiJadiGampang, OPPO menyediakan total 65.000 hadiah. Secara keseluruhan, OPPO menyiapkan hadiah dengan nilai lebih dari Rp10 miliar.

Untuk mengikuti kampanye ini, konsumen cukup mengunduh dan melakukan pendaftaran di aplikasi #MimpiJadiGampang, yang nantinya tersedia di laman mimpijadigampang.oppomobile.id. Setelah mendaftar, pengguna akan diberikan opsi untuk memilih hadiah yang diinginkan.

Setelah pemilihan hadiah selesai, konsumen secara otomatis diikutsertakan di pengundian hadiah utama berupa dua rumah. OPPO akan melakukan pengundian setiap dua minggu sekali, sementara untuk pengundian hadiah utama akan dilakukan dua kali pada 4 Januari 2019 dan 7 Februari 2019.

Terkait syarat dan ketentuan, kampanye #MimpiJadiGampang tidak berlaku bagi konsumen yang melakukan pembelian produk daur ulang, barang bekas, atau perangkat yang bukan dijual secara resmi oleh OPPO Indonesia.

Syarat lainnya, undian ini hanya berlaku bagi Warga Negara Indonesia (WNI) yang memiliki kartu identitas resmi (KTP/SIM). Apabila konsumen belum memiliki kartu identitas resmi, maka dapat diwakilkan oleh orangtua atau wali.

Selain itu, konsumen juga dapat mendaftarkan lebih dari satu perangkat dengan menggunakan kartu identitas dan alamat email yang sama.

Kunjungi laman "Mimpi Jadi Gampang" OPPO di tautan berikut ini.


Baca juga artikel terkait OPPO atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis
DarkLight