Sama-sama Mengusung Waterdrop Screen, Apa Beda OPPO A7 dengan F9?

Oleh: Ibnu Azis - 22 November 2018
Dibaca Normal 1 menit
Harga OPPO F9 ditawarkan lebih mahal lantaran memiliki spesifikasi lebih tinggi, termasuk mengusung fitur unggulan yang tak dijumpai di A7.
tirto.id - Harga OPPO F9 varian RAM 4GB kini hanya Rp4,299 juta, atau berselisih Rp600 ribu dari A7. Sama-sama mengadopsi teknologi waterdrop screen, lantas apa perbedaan antara kedua perangkat tersebut?

Di Indonesia, OPPO A7 merupakan perangkat kedua yang memiliki panel depan "tetesan air" setelah F9. "Poni" atau notch itu sebagai letak kamera, yang di atasnya tersemat speaker.

Masih dari bagian display, F9 menawarkan layar 6,3 inci FHD+ dengan aspek rasio 19,5:9 dan memiliki screen-to-body ratio mencapai 90,8 persen. Layar A7 lebih kecil 0,1 inci, yakni 6,2 inci dengan aspek rasio 19:9 dan screen-to-body ratio 84,4 persen.

Kedua perangkat pada panel depan sekilas tidak memiliki perbedaan kentara. Kendati demikian, apabila dilihat dengan seksama, maka "dagu" A7 lebih tebal dibandingkan F9. Desain waterdrop screen membuat keduanya tampak mewah dan tak konvensional seperti notch smartphone Android pada umumnya.

Fitur Unggulan

OPPO F9 memiliki harga lebih mahal lantaran mengusung spesifikasi lebih tinggi, sebut saja di sektor chipset termasuk kamera. Selain itu, hadir pula fitur spesial yang tak dijumpai di A7.

Teknologi VOOC Flash Charge misalnya, yang jadi andalan di F9, bahkan menggeser sektor fotografi. Fitur ini menawarkan waktu bicara selama dua jam hanya dengan mengisi daya selama lima menit.


Menurut OPPO, teknologi tersebut memakai tegangan rendah untuk solusi pengisian daya arus tinggi. Selain itu, teknologi VOOC menggunakan lima tingkat tahapan perlindungan dari adaptor hingga colokan dan bagian dalam dari perangkat.

VOOC juga mengganti sirkuit penurun tegangan dengan MCU untuk mencegah secara efektif F9 dari overheating selama pengisian daya. Kendati hanya dibekali kapasitas 3.500 mAh, F9 menggunakan smart battery management system untuk mencegah baterai cepat terkuras.

Sistem tersebut di F9 akan mempelajari dan membuat pola penggunaan serta kebiasaan setiap waktu pengguna. Selain itu, sistem ini akan menutup aplikasi yang tidak aktif untuk menghemat daya.

Sementara pada A7, meskipun tak dibekali teknologi VOOC, perangkat ini memiliki kapasitas baterai lebih besar yakni 4.230 mAh. Hadir pula fitur AI Battery Management untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak aktif serta mengurangi penggunaan berlebih.

Berikut ini komparasi spesifikasi kunci antara OPPO A7 dan F9.

Spesifikasi A7 F9
Layar 6,2 inci HD+ 6,3 inci FHD+
Kamera Utama: 13MP + 2MP
Depan: 16MP
Utama: 16MP + 2MP
Depan: 25MP
Chipset Snapdragron 450 Helio P60
RAM 4GB 4GB/6GB
ROM 64GB 64GB
Baterai 4.230 mAh 3.500 mAh

Seperti dikemukakan di awal, A7 ditawarkan lebih terjangkau lantaran membawa spesifikasi lebih rendah dibandingkan F9. Jika selisih Rp600 ribu dirasa cukup berat, maka OPPO A7 bisa jadi pilihan toh juga mengusung layar menawan dengan desain "tetesan air".

Hanya saja, selisih harga tersebut memiliki konsekuensi, yakni meniadakan fitur unggulan yang hanya ada di F9, salah satunya VOOC Flash Charge. Adapun OPPO A7 bisa mulai dipesan hari ini dengan harga Rp3,699 juta.


Baca juga artikel terkait OPPO A7 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Teknologi)


Penulis: Ibnu Azis
Editor: Ibnu Azis