Hadiri Kongres, Anies Baswedan Sitir Pesan Pendirian Nasdem

Oleh: Haris Prabowo - 8 November 2019
Penduduki DKI Jakarta beragam dari berbagai unsur, sehingga harus dijaga keragaman, seperti pesan pendirian Nasdem pada 2010 lalu.
tirto.id - Gubenur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri dan memberikan sambut dalam Kongres Ke-II dan Ulang Tahun Ke-8 Partai Nasdem di Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019) malam.

Dalam pidatonya Anies sedikit menyebutkan beberapa kalimat deklarasi Nasdem yang saat itu masih jadi organisasi masyarakat (ormas). Diketahui, Anies sempat jadi bagian hal itu pada 2010 lalu.

Ia menilai deklarasi itu penting untuk dibacakan dan diperjuangkan lagi, terutama dalam kongres yang sedang berlangsung.

"Karena itu harapan kita di Jakarta, dengan kongres di Jakarta semangat itu terjaga. Kami di Jakarta menyadari persis, di Indonesia yang memiliki penduduk yang beragam di Jakarta," kata Anies dalam memberikan pidato sambutan, Jumat malam.


Anies juga mengklaim tak ada kota lain di Indonesia yang memiliki keberagaman, yang meletakkan semua elemen masyarakat di satu tempat.

"Karena itu apa pun asalnya, dan tugas kami adalah memastikan keadilan itu ada," kata Anies.

Anies juga bilang, ada banyak ketimpangan yang luar biasa terjadi di seluruh Indonesia. Sementara saat Indonesia didirikan, kata Anies, bertujuan untuk memajukan kesejahteranaan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan tujuannya tercapai keadilan sosial.

Partai Nasdem, kata Anies, harus bisa jadi yang menjaga dan menghadirkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Selain itu, Anies juga menyinggung soal keterkaitan persatuan dan ketimpangan di Jakarta.

"Di Jakarta hampir tidak mungkin membangun persatuan dalam ketimpangan. Membangun persatuan harus dalam kesetaraan. Membangun persatuan harus dalam rasa keadilan. Dan itulah yang kita coba dorong," katanya.


Baca juga artikel terkait KONGRES NASDEM atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Penulis: Haris Prabowo
Editor: Zakki Amali
DarkLight