Anies Baswedan Hadir & Buka Kongres Ke-II Nasdem Malam Ini

Oleh: Bayu Septianto - 8 November 2019
Dibaca Normal 1 menit
Tak hanya Anies, Nasdem juga undang Gubernur lain seperti Emil Salim, Khofifah Indar Parawansa hingga Victor Laiskodat.
tirto.id - Pembukaan Kongres ke-II Partai Nasional Demokrat (Nasdem) akan digelar, Jumat (8/11/2019) malam ini, pukul 19.00 WIB.

Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate memastikan kehadiran Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sekaligus nantinya bersama Ketum Surya Paloh membuka kongres yang digelar hingga Senin 11 November 2019.

"Saya atas nama partai Nasdem tentu berterima kasih untuk gubernur yang bersedia hadir. Mudah-mudahan tidak ada halangan. Untuk memberikan ucapan selamat datangnya kepada keseluruhan peserta kongres," kata Johnny di JI Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (8/11/2019).

Johnny juga mengatakan kehadiran Anies dalam kapasitasnya sebagai Gubernur DKI Jakarta. Ia menampik Anies mendapatkan tempat khusus di Nasdem pada kongres kali ini.

Nasdem juga mengundang kepala-kepala daerah lain terutama yang diusung Partai Nasdem. Di antaranya, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Gubernur NTT Victor Bungtilu Laiskodat.


Berbeda dengan Anies yang diundang untuk memberikan sambutan, namun untuk tiga gubernur itu diundang untuk memberikan materi kepada kader-kader Nasdem.

"Nanti mereka akan mengambil bagian bersama ahli-ahli lainnya di dalam pasar gagasan partai nasdem," kata Johnny.

Disinggung apakah dalam pembukaan kongres akan dihadiri Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri, Johnny tak bisa memastikannya.

Namun, ia berharap Megawati dapat hadir dalam acara penutupan sekaligus puncak perayaan HUT ke-8 Partai Nasdem pada Senin 11 November pekan depan.

Tak hanya Megawati, Nasdem juga akan mengundang para ketua umum partai politik baik itu yang berada di dalam koalisi Kabinet Indonesia Kerja maupun yang di luar koalisi. Tak lupa, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin juga akan diundang nanti.

"Kami tentunya berharap, apalagi dalam koalisi kabinet dengan yang di kabinet maupun dengan rekan-rekan di parlemen. Di DPR kan sudah terjadi konsolidasi politik di parlemen. Semuanya sudah jadi sahabatkan," ucap Johnny.

Sementara itu, Steering Committee Kongres Nasdem Bidang Rekomendasi, Charles Meikyansah mengatakan, tak mungkin mengundang dua kali presiden-wakil presiden serta para ketum parpol pada pembukaan kongres dan penutupan serta perayaan HUT ke-8 Nasdem.

Ia menyebut, karena HUT adalah momen berharga, maka Nasdem memutuskan untuk mengundang Presiden Jokowi dan seluruh pimpinan partai politik baik partai koalisi maupun partai oposisi.

"Baik dari Ibu Megawati, Airlangga, Prabowo, Muhaimin Iskandar, Suharso Monoarfa maupun SBY, Zulkifli Hasan dan Sohibul Iman kami undang," ujar Charles.


Baca juga artikel terkait PARTAI NASDEM atau tulisan menarik lainnya Bayu Septianto
(tirto.id - Politik)

Reporter: Bayu Septianto
Penulis: Bayu Septianto
Editor: Zakki Amali
DarkLight