Pendidikan Biologi

Fungsi Membran Sel, Susunan dan Ciri-Cirinya, Rangkuman IPA-Biologi

Penulis: Maria Ulfa - 22 Nov 2021 13:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Membran sel bersifat semipermeabel, artinya membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu, tetapi tidak dapat dilewati oleh zat lainya.
tirto.id - Sel merupakan unit organisasi terkecil yang menjadi dasar kehidupan dalam arti biologis. Semua fungsi kehidupan diatur dan berlangsung di dalam sel. Karena itulah, sel dapat berfungsi secara autonom asalkan seluruh kebutuhan hidupnya terpenuhi. Salah satu pembentuk sel adalah membran sel.

Sel adalah suatu pabrik yang di dalamnya dapat disintesis ribuan molekul yang sangat dibutuhkan oleh organisme. Ukuran sel bervariasi tergantung fungsinya. Bentuk sel juga tergantung fungsinya. Garis tengah sel bervariasi antara 0,1 – 1,0 mm.

Sel memiliki organel-organel sel yang melaksanakan fungsi-fungsi tertentu. Organel-organel sel tersebut di antaranya membran sel, inti sel, ribosom, badan golgi, mitokondria dan lain-lain.

Pengertian dan Susunan Membran Sel


Mengutip modul Biologi Kelas XI (2020), membran sel sering disebut juga membran plasma yang bersifat semipermeabel.

Artinya, membran sel hanya dapat dilewati oleh zat tertentu, tetapi tidak dapat dilewati oleh zat lainya. Zat yang dapat melewati ialah air, zat yang larut dalam lemak dan ion tertentu.

Membran plasma tersusun atas lipid, protein, dan karbohidrat. Lipidnya terutama berupa fosfolipid yang merupakan molekul-molekul amfifilik artinya setiap molekul mengandung "kepala" hidrofilik dan "ekor" hidrofobik.

Membran plasma mempunyai lapisan ganda fosfolipid di mana kepala hidrofilik menghadap ke arah air pada setiap sisi, sedangkan ekor hidrofobik terlindung dari sentuhan air.

Membran memiliki dua jenis protein, yaitu protein integral dan periferal. Protein integral yang menembus di antara lapisan fosfolipid, berfungsi sebagai transpor yang membawa zat-zat terlarut yang dibutuhkan sel.

Sementara, protein periferal menempel di lapisan fosfolipid. Pada bagian sel yang menghadap keluar sel, terdapat karbohidrat yang melekat pada protein atau bagian kepala fosfolipid.

Karbohidrat yang berikatan dengan protein disebut glikoprotein, sedangkan yang berikatan dengan fosfolipid disebut glikolipid.

Fungsi Membran Sel


Mengutip laman Sumber Belajar Kemdikbud, membran sel atau membran plasma merupakan bagian terluar dari sel, fungsinya antara lain sebagai berikut:

  1. Sebagai pelindung sel agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.
  2. Mengontrol zat-zat yang akan masuk maupun yang akan keluar meninggalkan sitoplasma.
  3. Mengendalikan pertukaran zat antara sitoplasma dengan lingkungannya.
  4. Menjadi tempat beberapa reaksi, misalnya reaksi terhadap cahaya matahari dan reaksi oksidasi dalam respirasi
  5. Sebagai reseptor atau penerima rangsang dari luar, seperti hormon dan bahan kimia lainnya, baik zat tersebut berasal dari lingkungan luar sel ataupun bagian lain dari dalam sel itu sendiri.
  6. Membran plasma secara aktif menentukan zat-zat mana yang dapat dilaluinya dan sekaligus
  7. menahan zat mana yang tidak dapat dilaluinya. Sifat ini disebut diferensial semipermeabel atau selektif permeable. Dengan cara inilah membran plasma berusaha mempertahankan bentuk dan reaksi-reaksi kimia dalam sel sehingga proses metabolisme dapat berjalan terus.

Baca juga artikel terkait MEMBRAN SEL atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight