Festival Soya Sarihusada Dukung Anak Tak Cocok Susu Sapi Tumbuh

Penulis: Dhita Koesno, tirto.id - 25 Mei 2023 16:11 WIB
Dibaca Normal 3 menit
“Festival Soya Semua Anak Bisa Maju” Sarihusada mendukung anak yang tidak cocok susu sapi untuk tumbuh kembang optimal jadi generasi maju.
tirto.id - Dalam rangka memperingati World Allergy Week atau Pekan Alergi Dunia 2023, PT Sarihusada Generasi Mahardhika (“Sarihusada”) mengadakan rangkaian program edukasi “Festival Soya Semua Anak Bisa Maju”.

Program ini bertujuan mendukung anak Indonesia yang tidak cocok susu sapi agar tumbuh kembang dan bisa tetap optimal menjadi anak generasi maju.

Program ini juga mendukung orang tua dalam mencegah dan menangani kondisi tidak cocok susu sapi pada si Kecil dan dapat memberikan alternatif nutrisi yang sama baiknya dengan susu sapi.

dr. Isman Jafar, Dokter Anak Konsultan Alergi Imunologi mengatakan, alergi susu sapi masih menjadi salah satu jenis alergi makanan yang umum terjadi pada anak-anak di usia dini dan menyebabkan mereka tidak bisa mengonsumsi susu sapi serta makanan yang mengandung produk turunannya.

"Hal ini perlu menjadi perhatian para Bunda karena dapat berdampak serius pada tumbuh kembang anak," ujar Isman melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Kamis (25/5/2023).

Sebab, kata Isman, anak tidak mendapatkan nutrisi penting dari pembatasan konsumsi susu sapi yang menimbulkan gejala alergi, sehingga anak berisiko mengalami kekurangan asupan nutrisi dan bisa memengaruhi tumbuh kembangnya.

"Oleh karena itu, alternatif nutrisi yang tepat, aman dan sama baiknya dengan susu sapi sangat penting dan dibutuhkan untuk mendukung tumbuh kembang optimalnya,” jelasnya.

Salah satu alternatif pemberian nutrisi bagi anak-anak yang tidak cocok protein susu sapi adalah formula isolat protein soya yang telah difortifikasi.

“Formula isolat protein soya merupakan jenis protein yang aman dan efektif pada anak yang tidak dapat mengonsumsi makanan atau minuman yang berbahan dasar susu sapi," imbuhnya.

Sejumlah penelitian, menurutnya, juga telah membuktikan bahwa pola pertumbuhan, fungsi metabolisme, kognitif, endokrin, imunitas, sistem dan fungsi neurologi atau saraf, perkembangan mental, kemampuan komunikasi dan kesehatan tulang dari anak-anak yang mengonsumsi formula isolat protein soya sama baiknya dengan anak-anak yang mengonsumsi susu sapi.

Selain itu, saat ini formula soya telah difortifikasi dari berbagai mineral dan vitamin, sehingga tetap dapat mendukung tumbuh kembang optimal anak yang tidak cocok susu sapi.

"Jadi, tumbuh kembang anak-anak yang mengonsumsi formula isolat protein soya memiliki dampak perkembangan yang sama baiknya dengan yang mengonsumsi susu sapi,” ungkap Isman.

Irma Gustiana, Psikolog Anak dan Parenting Coach mengatakan, pada anak-anak dengan kondisi alergi, ada beberapa kondisi psikologis yang berpeluang dapat terjadi seperti gangguan daya ingat, kesulitan bicara, konsentrasi berkurang, hiperaktif dan lemas, sehingga anak akan menjadi cenderung kurang percaya diri saat bersosialisasi dengan teman sebayanya.

Ia menyebutkan, jika anak berisiko atau mengalami kondisi alergi, sebaiknya dapat segera konsultasikan pada dokter ahli untuk mengetahui penyebab alergi pada si kecil dan menekan risiko dampak buruk tidak terjadi.

"Selain itu, orang tua dengan anak yang memiliki kondisi alergi juga harus tetap bisa mendukung anak dengan memberikan stimulasi yang tepat sesuai dengan tahapan pertumbuhan anak agar anak dapat tumbuh menjadi anak generasi maju,” terangnya.


Dukungan Sarihusada Melalui “Festival Soya Semua Anak Bisa Maju”


Renta Situmeang, Senior Brand Manager SGM Eksplor ISOPRO SOY mengatakan, "Sebagai brand susu pertumbuhan yang pertama meluncurkan formula isolat protein soya dan telah menjadi Produk Soya No. 1 di Indonesia, hingga saat ini 80% anak di atas 1 tahun dengan kondisi tidak cocok susu sapi telah mengonsumsi SGM Eksplor berbasis Isolat Protein Soya."

"Guna terus mendukung anak Indonesia yang tidak cocok susu sapi, kami terus berinovasi menghadirkan susu pertumbuhan yang memiliki nutrisi sebaik susu sapi dengan Isolat Protein Soya berkualitas. Terbaru, kami menghadirkan inovasi produk dengan kemasan baru SGM Eksplor ISOPRO SOY yang merupakan susu pertumbuhan satu-satunya dengan kandungan Iron-C™- kombinasi unik Zat Besi & Vitamin C untuk memaksimalkan penyerapan zat besi hingga dua kali lipat, serta difortifikasi dengan nutrisi penting lainnya seperti DHA, Omega 3&6, Kalsium, Vit D, Serat Pangan dan Zinc untuk dukung si Kecil yang tidak cocok susu sapi untuk tumbuh optimal,” tambahnya.

Lebih lanjut Renta mengatakan, mengetahui pentingnya pengetahuan tentang pemberian alternatif nutrisi yang tepat untuk anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi, SGM Eksplor ISOPRO SOY juga menghadirkan rangkaian program edukasi “Festival Soya Semua Anak Bisa Maju” yang telah diinisasi dari tahun ke tahun sejak tahun 2016 sebagai salah satu bentuk komitmen mendukung para Bunda di Indonesia agar bisa tanggap dalam mencegah dan menangani kondisi tidak cocok susu sapi pada si Kecil.

"Upaya ini dilakukan untuk mendukung dan memastikan semua anak Indonesia agar dapat tetap optimal jadi anak generasi maju, tidak terkecuali bagi anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi,” paparnya

Sementara Asmirandah, Aktris sekaligus ibu dari seorang anak mengatakan, sebagai Bunda dengan anak yang tidak cocok susu sapi, dirinya sangat mengapresiasi SGM Eksplor ISOPRO SOY yang terus mengadakan program edukasi bagi para Bunda di Indonesia dalam menangani anak yang tidak cocok susu sapi yang, salah satunya melalui "Festival Soya Semua Anak Bisa Maju".

"Saya juga ingin mengajak para Bunda lain yang memiliki anak dengan kondisi tidak cocok susu sapi untuk tidak perlu khawatir dan jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter agar bisa mendapatkan penanganan yang tepat, di antaranya dapat memberikan dukungan nutrisi yang tepat," ujarnya.

"Seperti yang sudah saya lakukan ke anak saya Chloe dengan memberikan dukungan nutrisi dari SGM Eksplor ISOPRO SOY yang mengandung Isolat Protein Soya berkualitas dan difortifikasi dengan nutrisi penting lainnya. Terbukti, Chloe kini bisa tumbuh sehat, aktif dan cerdas dengan dukungan nutrisi SGM Eksplor ISOPRO SOY dan stimulasi yang tepat,” sambung Asmirandah.

Dalam rangkaian kegiatan “Festival Soya Semua Anak Bisa Maju” yang berlangsung selama Bulan Mei dan Juni 2023, para Bunda diajak untuk mengikuti berbagai kegiatan seperti Talkshow Bersama Expert, Kids Fun Experience, dan beragam kegiatan menarik lainnya yang diadakan secara offline maupun online.

Untuk Info lebih lanjut seputar SGM Eksplor ISOPRO Soy, ibu bisa mengunjungi www.generasimaju.co.id/produk/sgm-eksplor-soya.

“Melalui inovasi SGM Eksplor ISOPRO SOY dan rangkaian kegiatan edukasi dalam Festival Soya Semua Anak Bisa Maju, kami berharap para Bunda dapat semakin tanggap dalam menangani kondisi tidak cocok susu sapi pada si Kecil serta dapat memberikan nutrisi SGM Eksplor ISOPRO SOY dan stimulasi yang tepat agar si Kecil bisa tetap tumbuh maksimal dan siap jadi Anak Generasi Maju,” tutup Renta.


Baca juga artikel terkait SUSU SOYA atau tulisan menarik lainnya Dhita Koesno
(tirto.id - Kesehatan)

Sumber: Siaran Pers
Penulis: Dhita Koesno
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight