Durasi Panggilan Line Meningkat Saat Pandemi COVID-19

Oleh: Kristina S - 2 Maret 2021
Dibaca Normal 1 menit
Durasi panggilan di Line meningkat saat pandemi COVID-19 dan kini Line Meeting mampu menampung sebanyak 500 orang.
tirto.id - Pandemi membawa perubahan yang signifikan di sektor digital. Aplikasi Line mengalami kenaikan pengguna, yaitu layanan panggilan grup yang semakin digandrungi untuk mengisi waktu seperti; belajar, hingga menghabiskan waktu bersama teman melalui panggilan Line.

Line sebagai media komunikasi pertama kali diluncurkan pada 23 Juni 2011 dengan pengguna sebanyak 186 juta pengguna yang aktif dalam rentan bulanan. Peningkatan komunikasi digital di masa pandemi, dikarenakan seluruh masyarakat menghabiskan waktunya di rumah dan berinteraksi menggunakan aplikasi digital.

Layanan komunikasi digital bahkan mampu menghubungkan jarak jauh secara cepat dan mudah. Sebanyak 100 persen panggilan grup meningkat pada Desember 2020, dibandingkan pada Desember 2019, dilansir dari Antara.

“Kondisi Pandemi yang mendorong kita untuk tinggal di rumah dan tetap terhubung melalui layanan aplikasi komunikasi menjadi salah satu faktor meningkatnya penggunaan layanan panggilan di LINE,” kata Matthew Tanudjadja, Product & Engineering Lead LINE Indonesia dalam rilis persnya Senin (25/01/2021)

Line juga telah mengumumkan pada Desember 2020 bahwa ada pembaruan desain terbaru yaitu versi 10.21.0 ke atas akan mendapatkan peningkatan keamanan pengguna. Untuk pengguna Line diperangkat Android tidak perlu khawatir karena telah mendapat update versi 10.21.9, dikutip dari Antara.

Line akan menciptakan suasana yang berbeda bagi para pengguna dalam mengakses. Line memberikan nilai dan desain yang akan disajikan secara lebih informatif, intuitif dan memudahkan pengoperasian.

Kemudian, inovasi ini disajikan dalam peningkatan untuk para pengguna. Line meningkatkan fitur baru untuk memudahkan para pengguna menikmati layanan dan peningkatan yang lebih tinggi.

Fitur yang telah disediakan Line misalnya; Peningkatan kapasitas Line Meeting, Line Avatar untuk panggilan video, Efek latar belakang blur, Watch Together serta penerapan fungsi Noise Cancelling yang membuat suara yang masuk menjadi jernih.

Line juga menyediakan ruang virtual untuk mengakomodasi kebutuhan rapat online yang menjadi salah satu kebutuhan ditengah pandemi. Line Meeting mampu menampung sebanyak 500 orang untuk bergabung di ruang virtual tersebut.

Selain itu Line juga telah menghadirkan fitur Watch Together yang memungkinkan para pengguna bersama-sama merasakan sensasi menonton YouTube bersama kerabat ataupun dengan pengguna lain grup, tanpa harus menggunakan aplikasi meeting di luar Line.

Line mempermudah para pengguna saat melakukan panggilan, line memberikan fitur latar belakang yang blur dan menyediakan gambar pilihan sendiri untuk mengganti latar sesuai yang mereka inginkan.

Pada fitur ini, para pengguna tidak perlu khawatir mengenai kondisi latar belakang saat mendapatkan panggilan grup. Karena dapat diatasi oleh fitur baru yang diberikan line.

Para pengguna bahkan telah diberikan fasilitas untuk meningkatkan keterbacaan dengan memberikan spasi pada teks yang didesain yang terkesan lebih bersih dan pengguna dapat meningkatkan konsentrasi membaca.


Baca juga artikel terkait FITUR LINE atau tulisan menarik lainnya Kristina S
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Kristina S
Penulis: Kristina S
Editor: Yantina Debora
DarkLight