DPR Tegur Menkes karena Raffi Ahmad Langgar Prokes Usai Divaksinasi

Oleh: Haris Prabowo - 14 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
DPR mengkritik Menteri Kesehatan lantaran influencer yang dipilih pemerintah untuk divaksinasi pertama tidak mencontohkan protokol kesehatan dengan baik.
tirto.id - Anggota Komisi IX DPR RI Fraksi PKS, Netty Prasetiyani, menegur Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin karena salah satu selebritas yang divaksinasi pertama kali, Raffi Ahmad, kemarin (13/1/2021), tertangkap basah nongkrong tanpa protokol kesehatan pada malam harinya.

Hal tersebut Netty sampaikan saat rapat kerja antara Komisi IX DPR RI dan Kementerian Kesehatan, Badan POM, dan PT. Bio Farma, Kamis (14/1/2021) siang.

“Kalau masyarakat diminta disiplin, ternyata yang enggak disiplin itu pemerintah, pejabat publik. Ini sengaja (saya) titip pesan. Saya juga diprotes, Pak Menteri, Pak Wamen, ada salah satu influencer diundang untuk dapat vaksin, malamnya berpesta tanpa masker dan sebagainya,” kata Netty kepada Menteri Budi di dalam rapat.

“Ini kan sebetulnya contoh tidak baik,” tambahnya.

Ia juga mengkritik salah satu anak buah Menteri Budi, Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Siti Nadia Tarmizi yang cenderung meremehkan kasus itu. Kata Netty, Siti Nadia malah membiarkan jika netizen saja yang menegur Raffi Ahmad.

“Kok seperti itu? Giliran rakyat ditakuti, giliran rakyat dikejar-kejar. Nah, menurut saya sekarang ini harus ada timbal balik. Kalau masyarakat diminta disiplin ya berarti disiplin dimulai dari pejabat publik dan orang-orang yang dianggap menjadi influencer yang sudah digadang-gadang pemerintah,” katanya.

Raffi Ahmad diduga melanggar protokol kesehatan (prokes) COVID-19 atau Corona. Padahal dia menjadi salah satu orang pertama yang menerima suntikan vaksin COVID-19 bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (13/1/2021). Namun selang beberapa jam usai mendapat hak istimewa tersebut, Raffi diketahui ikut berpesta bersama selebritas lainnya, tanpa memakai masker dan menjaga jarak.

Hal itu diketahui dari story Instagram Anya Geraldine yang juga hadir dalam acara itu. Tampak Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Sean Gelael, Gading Marten, dan Anya sendiri berpose tanpa menjaga jarak dan tanpa memakai masker.

Diduga pesta itu digelar di Prapanca Ballers, lapangan basket yang terintegrasi dengan kafe dan kolam renang di bilangan Jakarta Selatan. Pesta tersebut merupakan perayaan ulang tahun Ricardo Gelael, Presiden Direktur PT Fast Food Indonesia Tbk dan pemegang waralaba KFC.

Acara itu juga dihadiri selebritas lainnya seperti Aurelie Moeroemans, Once Mekel. Bahkan Komisioner Pertamina Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok BTP juga turut hadir dalam acara itu.

Belakangan Raffi Ahmad meminta maaf kepada masyarakat Indonesia dan Presiden Joko Widodo karena merasa telah melanggar protokol kesehatan dengan menghadiri kerumunan tanpa mengenakan masker pada Rabu (13/1/2021) malam.

Raffi mengakui kesalahannya itu, apalagi peristiwa itu terjadi usai ia mendapatkan hak istimewa yakni menerima suntikan vaksin COVID-19 bersama Presiden Joko Widodo.

“Saya ingin meminta maaf yang sebesar-besarnya, minta maaf kepada Presiden Jokowi, kepada seluruh staf yang ada di Sekretariat Presiden dan juga sekali lagi minta maaf kepada seluruh masyarakat Indonesia atas kejadian tadi malam,” kata Raffi dalam video yang diunggah di akun Instagramnya, @raffinagita1717 pada Kamis (14/1/2021).

Merespons hal ini, pihak Istana juga mengaku sudah menasihati Raffi lewat Satgas Penanganan COVID-19 agar patuh protokol kesehatan.




Baca juga artikel terkait VAKSINASI COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Kesehatan)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight