UEFA Nations League 2020-21

Daftar Negara Lolos UEFA Nation League, Jadwal Semifinal, Hasil UNL

Oleh: Fitra Firdaus - 19 November 2020
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal semifinal UEFA Nations League 2020 digelar 6-7 Oktober 2021, diisi negara yang lolos final four Liga Negara Eropa: Italia, Belgia, Perancis, Spanyol.
tirto.id - Jadwal semifinal UEFA Nations League 2020/2021 yang digelar pada 6-7 Oktober 2021 akan diisi oleh daftar negara yang lolos:Italia (juara Grup A1), Belgia (juara Grup A2), Perancis (pemenang A3), dan Spanyol (A4). Kepastian ini didapat setelah hasil pertandingan Liga Negara Eropa pada Kamis (19/11/2020). Sementara itu, Bosnia dan Islandia degradasi ke Liga B.

Italia yang bertandang ke Stadion Grbavica, Sarajevo mengatasi perlawanan tuan rumah Bosnia-Herzegovina dengan skor 0-2. Pasukan Roberto Mancini unggul lewat penyerang asal Torino, Andrea Belotti memanfaatkan assist Lorenzo Insigne (22').

Gli Azzurri yang tidak terkalahkan melanjutkan dominasi mereka lewat Domenico Berardi (68'). Italia total mengoleksi 12 poin di Grup A1, unggul 1 angka dari Belanda yang pada saat bersamaan menumbangkan tuan rumah Polandia 1-2.

Kemenangan Belanda di Chorzow terjadi secara dramatis. Oranje tertinggal lebih dulu kala laga berjalan 5 menit ketika Kamil Jozwiak membobol gawang Tim Krul.

Sepanjang pertandingan, pasukan Tim Krul kesulitan membongkar pertahanan Polandia hingga Jan Bednarek melanggar Georginia Wijnaldum di kotak terlarang. Penalti Memphis Depay yang mulus menjadi kunci Oranje membalikkan keadaan.

6 menit jelang bubaran, tendangan sudut Steven Berghuis ditanduk oleh Wijnaldum jadi gol. Meski Belanda meraih kemenangan kedua beruntun di bawah Frank de Boer, dengan hanya 11 angka dari 6 laga, mereka mesti puas hanya duduk di urutan 2 klasemen Grup A1.



Sementara itu, di Grup A2, Belgia memastikan diri lolos ke final four berkat kemenangan impresif 4-2 atas Denmark. Romelu Lukaku mencetak 2 gol dalam laga ini, sedangkan gelandang Leicester City, Youri Tielemans membuka parade gol tuan rumah. Kevin De Bruyne (84') menutup kemenangan Belgia.

Total, Iblis Merah mengoleksi 15 poin dari 6 pertandingan, hasil 5 kali menang dan hanya sekali tumbang. Sebaliknya, Denmark terhenti di urutan 2 klasemen Grup A2, unggul head to head dari Inggris yang dalam pertandingan pemungkas menggasak Islandia 4 gol tanpa balas.

Declan Rice mencetak gol internasional pertamanya pada menit 20. Gelandang muda berbakat Chelsea, Mason Mount kemudian memperlebar jarak lewat tembakan jarak dekat. Pesta Inggris dilanjutkan oleh Phil Foden. Ia menyelesaikan umpan Jadon Sancho (80') lalu melepaskan tembakan datar mematikan (84'). Islandia yang tanpa poin dari 6 laga Grup A2 dan terbobol 17 kali resmi terkirim ke Liga B.

Sementara itu, di rangkaian pertandingan Liga B pada Kamis (19/11) sudah dapat dipastikan 4 tim yang akhirnya mengambil tiket promosi ke Liga A UNL musim depan. Dari Grup B1, Austria lolos setelah bermain imbang 1-1 kontra Norwegia. Austria mengoleksi total 13 poin, atau 3 angka dari sang tamu di laga ini.

Republik Ceko menjadi juara Grup B2 sekaligus menggagalkan harapan Skotlandia promosi ke Liga A. Dalam partai pemungkas, Ceko mengandaskan Slovakia 2-0 lewat aksi Toma Soucek (17') dan Zdenek Ondrasek (55'). Sementara itu, Skotlandia justru diterkam Israel 1-0.

Serbia yang menang 5-0 atas Rusia di matchday 6 Grup B3, tidak bergerak kemana-mana. Mereka tetap di urutan ketiga. Namun, laga yang diwarnai 2 gol Luka Jovic (Real Madrid) itu membantu Hongaria mengambil tiket promosi. Hongaria sendiri menaklukkan Turki yang resmi jatuh ke Liga C dengan kemenangan 2-0.

Terakhir dari Grup B4, ada Wales yang menang 3-1 atas Finlandia. Penyerang Manchester United, Daniel James turut dalam daftar pencetak gol selain Harry Wilson (29') dan Kieffer Moore (84'). Wales total mengumpulkan 16 angka dan tidak terkalahkan di Grup B4, finis 4 poin lebih banyak dari Finlandia.



Hasil UEFA Nations League Tadi Malam


Berikut ini hasil pertandingan matchday 6 UEFA Nations League pada Kamis (19/11/2020).

Liga A
Grup A1
Bosnia-Herzegovina vs Italia 0-2
Pencetak Gol: Andrea Belotti 22', Domenico Berardi 68'

Polandia vs Belanda 1-2
Pencetak Gol: Kamil Jozwiak 5'/ Memphis Depay 77' penalti, Georginio Wijnaldum 84'

Grup A2
Belgia vs Denmark 4-2
Pencetak Gol: Youri Tielemans 3', Romelu Lukaku 57' dan 69', Kevin De Bruyne 87'/ Jonas Wind 17', Thibaut Courtois 86' b.d.

Inggris vs Islandia 3-0
Pencetak Gol: Declan Rice 20', Mason Mount 24', Phil Foden 80' dan 84'

Liga B
Grup B1
Austria vs Norwegia 1-1
Irlandia Utara vs Rumania 1-1

Grup B2
Republik Ceko vs Slovakia 2-0
Israel vs Skotlandia 1-0

Grup B3
Hongaria vs Turki 2-0
Serbia vs Rusia 5-0

Grup B4
Republik Irlandia vs Bulgaria 0-0
Wales vs Finlandia 3-1

Liga C
Grup C2
Armenia vs Makedonia 1-0
Georgia vs Estonia 0-0

Grup C3
Yunani vs Slovenia 0-0
Kosovo vs Moldova 1-0

Grup C4
Albania vs Belarusia 3-2
Kazakhstan vs Lithuania 1-2


Jadwal Semifinal UEFA Nations League 2020


Jadwal semifinal UEFA Nations League 2020/2021 digelar pada 6-7 Oktober 2021 waktu Eropa, diikuti final pada 10 Oktober 2021 waktu Eropa. Peserta kompetisi adalah Italia, Belgia, Perancis, dan Spanyol.

Berbeda dengan babak penyisihan UEFA Nations League yang mengenal konsep kandang dan tandang, babak final four UNL akan dimainkan dengan sistem gugur satu leg yang terdiri dari dua semifinal, play-off tempat ketiga, dan partai final.

Siapa bertemu siapa di semifinal, dan siapa tim tuan rumah administratif untuk perebutan tempat ketiga dan final, akan ditentukan melalui undian terbuka Semua pertandingan di final four UNL akan memanfaatkan teknologi garis gawang dan sistem video assistant referee (VAR).


Baca juga artikel terkait JADWAL SEMIFINAL UEFA NATIONS LEAGUE atau tulisan menarik lainnya Fitra Firdaus
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Fitra Firdaus
Editor: Agung DH
DarkLight