Menuju konten utama

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan Jawaban

Contoh soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 Kurikulum Merdeka dapat beserta kunci jawaban. Berikut selengkapnya.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan Jawaban
Aktivitas belajar mengajar saat hari pertama masuk sekolah di SD Negeri 42, Banda Aceh, Aceh, Selasa (2/5/2023). ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/tom.

tirto.id - Contoh soal mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 Kurikulum Merdeka dapat digunakan oleh para guru sebagai bahan untuk membuat soal ujian guna mengevaluasi pembelajaran Penilaian Tengah Semester (PTS).

Selain itu, contoh soal Bahasa Indonesia kelas 4 SD semester 1 ini juga dibutuhkan oleh siswa untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi PTS.

Berdasarkan laman Kemendikbud, penerapan Kurikulum Merdeka itu sendiri memberikan keleluasaan terhadap para pendidik untuk dapat memberikan pembelajaran berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan dan lingkungan belajar peserta didik.

Kebijakan terkait dengan Kurikulum Merdeka ini berlaku untuk semua jenjang pendidikan mulai dari tingkat SD hingga SMA. Tujuannya untuk memodifikasi pendidikan serta menciptakan Sumber Daya Manusia yang bermutu.

Bahasa Indonesia merupakan pelajaran yang diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik yang berkomunikasi dalam Bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis.

Contoh Soal PTS Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1 dan Jawaban

A. Pilihan Ganda Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1

1. Perhatikan kutipan cerita berikut ini!

Angsa buruk rupa telah berubah menjadi Angsa yang cantik. Sayangnya, ia menjadi Angsa yang sombong. Angsa tidak mau berteman dengan siapa pun. Lama-kelamaan, tak ada yang berani menyapa Angsa. Angsa pun merasa kesepian. Angsa mendatangi teman-temannya. Ia berjanji tidak akan sombong lagi.

Amanat cerita tersebut adalah ....

a. Kita harus rendah hati meskipun memiliki kelebihan.

b. Kita harus memiliki teman-teman yang senasib.

c. Sebaiknya kita berteman saat dalam kesedihan.

d. Sebaiknya kita selalu tampil paling anggun.

2. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ini!

(1) Membaca bacaan dengan cermat.

(2) Menentukan objek pengamatan penting.

(3) Mencatat hal-hal penting dari bacaan.

(4) Menulis berdasarkan hal-hal penting.

Cara membuat ringkasan yang baik ditunjukkan oleh nomor....

a. (1), (2), dan (3)

b. (1), (2), dan (4)

c. (1), (3), dan (4)

d. (2), (3), dan (4)

3. Bacalah cerita di bawah ini!

SD Budi Luhur memiliki ekstrakurikuler dokter kecil. Anak-anak senang dengan kegiatan ini.

Bagi mereka, kegiatan ini berguna untuk menolong orang lain. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 setiap hari Rabu.

Kalimat utama paragraf di atas adalah....

a. SD Budi Luhur memiliki ekstrakurikuler dokter kecil.

b. Anak-anak senang dengan kegiatan ini.

c. Bagi mereka kegiatan ini berguna untuk menolong orang lain.

d. Kegiatan ini dimulai pukul 15.00 setiap hari Rabu.

4. Beberapa orang-orang melarikan diri dari kebakaran.

Kalimat efektif yang tepat dari kalimat tersebut adalah ....

a. Banyak orang-orang yang melarikan diri dari kebakaran.

b. Beberapa orang yang melarikan diri dari kebakaran.

c. Banyak orang-orang melarikan diri dari kebakaran.

d. Beberapa orang melarikan diri dari kebakaran.

5. Para penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

Perbaikan kalimat tersebut adalah ....

a. Penduduk semua sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

b. Penduduk sangat khawatirkan masa depan mereka.

c. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka.

d. Para penduduk sangat khawatir akan masa depan mereka sekalian.

6. Perhatikan bacaan berikut ini!

Pada hari Minggu kemarin, terjadi kebakaran di Kompleks Perumahan Pondok Indah. Saat itu, situasi sangat genting. Beberapa orang-orang berteriak-teriak. Banyak pula yang menyelamatkan barang-barangnya.

Perbaikan yang tepat untuk kalimat bergaris bawah adalah ....

a. Orang-orang banyak berteriak.

b. Beberapa orang berteriak-teriak.

c. Beberapa orang sedang berteriak-teriak.

d. Orang-orang banyak sekali berteriak-teriak.

7. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ....

a. Air matanya menganak sungai melihat anak ayamnya dimakan kucing.

b. Lihatlah tarian ombak yang sangat indah di sana!

c. Suaranya sangat merdu hingga para penontonnya menutup telinganya.

d. Dia belum mampu melupakan peristiwa si jago merah yang menghanguskan tokonya.

8. Kalimat yang menggunakan majas metafora adalah ....

a. Pena menari-nari di atas kertas.

b. Dewi malam bersembunyi di balik awan.

c. Halilintar bersahut-sahutan di tengah derasnya hujan.

d. Kecantikan gadis itu laksana malaikat tanpa sayap.

9. Berikut ini yang termasuk laporan kunjungan adalah ....

a. Bertamasya ke Candi Prambanan

b. Naiknya harga BBM

c. Biografi Chairul Tanjung

d. Pengamatan Pembibitan Buah Naga

10. Nadia bermain biola di teras rumahnya.

Predikat pada kalimat tersebut adalah ....

a. Nadia

b. biola

c. di teras

d. bermain

Bacalah cerita berikut dengan saksama untuk mengerjakan soal nomor 11 - 13!

Pada saat pulang sekolah hujan lebat. Dewi pulang sambil memakai payung. Dewi berjalan sendiri melewati jalan beraspal yang sudah banyak berlubang. Tiba-tiba sebuah sepeda motor melaju sangat kencang di sebelahnya, sehingga air yang bercampur lumpur itu menyemprot seluruh tubuhnya. Pakaian, sepatu, dan tas sekolah Dewi menjadi kotor. Pengendara motor itu terus melaju tanpa menoleh sedikitpun kepada Dewi. Dewi merasa kasihan kepada pengendara motor yang tidak bertanggung jawab.

11. Latar waktu dari penggalan cerita di atas adalah ....

a. Saat pulang sekolah dalam kondisi hujan.

b. Dewi pulang sendirian dan kehujanan.

c. Tempat pengungsian warga desa.

d. Kondisi hujan dan berada di jalan beraspal.

12. Watak tokoh utama dalam penggalan cerita tersebut adalah....

a. tidak bertanggung jawab

b. sangat peduli

c. besar hati

d. seenaknya sendiri

13. Amanat yang dapat diambil dari penggalan cerita tersebut adalah ....

a. Kita harus mau bertanggung jawab atas segala tindakan kita.

b. Kita biarkan saja tindakan orang lain yang mencelakakan kita.

c. Perbuatan jahat harus mendapat balasan yang setimpal.

d. Setiap tindakan perlu kita sampaikan kepada orang lain.

Bacaan berikut ini untuk soal nomor 14 - 15!

Pakaian Adat Minang

Setiap daerah mempunyai pakaian adat. Pakaian adat bagi wanita Minang sering disebut Limpapeh Rumah Nan Gadang. Pakaian adat ini terdiri atas beberapa bagian. Setiap bagian memiliki keunikan masing-masing. Bagian paling atas adalah penutup kepala berbentuk runcing (gonjong) menyerupai bentuk atap rumah Minangkabau. Penutup kepala ini disebut tingkuluak.

14. Informasi yang didapat dari bacaan di atas adalah ....

a. rumah adat di minang disebut rumah nan gadang.

b. pakaian adat wanita minang adalah limpapeh rumah nan gadang.

c. rumah adat nan gadang berada di Sumatera Barat.

d. pakaian adat wanita Minang disebut tingkuluak.

15. Kalimat tanya yang sesuai dengan bacaan di atas adalah....

a. Apa nama pakaian adat bagi wanita Minang?

b. Mengapa Sumatra Barat disebut Minang?

c. Bagaimana pakaian adat bagi pria Minang?

d. Mengapa setiap daerah memiliki pakaian adat?

16. Harga buku tulis itu delapan ribu lima ratus rupiah. Nilai uang pada kalimat di atas jika dituliskan

dalam angka adalah ....

a. Rp 8.500,00

b. Rp.8.500,00

c. Rp8.500,00

d. Rp 8.500,-

17. Diana membeli sepatu seharga Rp130.500,00 per buah. Nilai uang pada kalimat di atas jika

dituliskan dalam huruf adalah ....

a. seratus tiga puluh lima ribu rupiah

b. seratus tiga puluh ribu lima ratus rupiah

c. seratus tiga ribu lima ratus rupiah

d. seratus tiga puluh ribu lima puluh rupiah

Perhatikan prosedur berikut untuk menjawab soal nomor 18 - 20!

  • Ambil satu butir telur ayam.
  • Pecahkan telur dan masukkan isinya dalam wadah kecil.
  • Ambil dua siung bawang merah dan iris tipis kemudian masukkan ke wadah kecil
  • Tambah sedikit garam pada wadah kecil.
  • Aduk adonan hingga tercampur rata
  • Panaskan minyak goreng pada penggorengan
  • Tuang adonan ke penggorengan
18. Langkah yang tepat untuk melengkapi prosedur teks tersebut adalah ....

a. Setelah adonan berwarna coklat segera angkat dan sajikan.

b. Masukkan semua bahan ke dalam wadah..

c. Masukkan nasi putih sebagai bahan utama masakan.

d. Tambahkan cuka untuk membuat lunak adonan.

19. Judul yang tepat untuk prosedur tersebut adalah ....

a. Cara Membuat Bakmi Jawa

b. Cara Membuat Nasi Goreng

c. Cara Membuat Telur Dadar

d. Cara Membuat Tahu Isi

20. Bahan yang tidak terdapat dalam teks prosedur tersebut adalah ....

a. minyak goreng

b. bawang merah

c.. telur ayam

d. nasi putih

21. Alur disebut juga dengan ....

a. maju

b. setting

c. latar

d. plot

22. Perhatikan kalimat-kalimat berikut!

(1) Amanda pergi ke sekolah, kemudian ke rumah temannya untuk belajar.

(2) Petani harus rajin agar hasil panennya melimpah.

(3) Suasana di rumahnya sepi sekali.

(4) Taman itu merupakan adalah tempat kesukaannya.

Kalimat tidak efektif ditunjukkan oleh nomor ....

a. (1)

b. (2)

c. (3)

d. (4)

23. Berikut ini merupakan contoh kalimat efektif adalah ....

a. Bagi para murid-murid diharapkan hadir pukul 07.00 WIB.

b. Adik hanya mempunyai dua pasang sepatu saja.

c. Siswa kelas IV suka mengoleksi buku cerita.

d. Cara untuk merawat kesehatan kulit ialah sangatlah gampang.

24. Kalimat di bawah ini yang tidak efektif adalah....

a. Semua bola di gudang sudah rusak.

b. Murid-murid sedang istirahat di halaman sekolah.

c. Para guru sedang rapat di aula sekolah.

d. Setiap warga-warga harus membayar iuran kebersihan.

25. Kalimat berikut yang mengandung majas metafora adalah ....

a. Singa terkenal dengan kekuatannya sehingga dijuluki raja hutan.

b. Adik tidak puas jika belum minum teh Sosro.

c. Perilakunya licin dan gesit bagaikan belut sawah.

d. Suaranya menggelegar saat menjadi pemimpin upacara di sekolahnya.

Soal Essay Bahasa Indonesia Kelas 4 Semester 1

Teks berikut untuk soal nomor 1-2.

Si Harimau baru saja memakan hasil buruannya dengan lahap di dalam hutan. Dia menyisakan sepotong daging untuk dibawa ke sarang dengan mulutnya. Untuk kembali ke sarangnya, si Harimau harus melewati jembatan penyeberangan sungai kecil. Ketika melintas, dia melihat harimau lain di dalam sungai membawa potongan daging yang lebih besar.

Si Harimau tergiur, Harimau melepaskan daging yang digigitnya dan menerkam daging yang dibawa harimau dalam sungal, Byur... Sadarlah si Harimau. Ternyata yang diterkamnya adalah bayangannya sendiri. Dengan menyesal, ia naik ke tepi sungai dalam keadaan lelah, lapar, dan kesal.

1. Watak tokoh utama dalam cerita tersebut adalah

Jawab: tamak

2. Amanat yang terkandung dalam cerita tersebut adalah

Jawab: kita harus selalu bersyukur dengan yang kita miliki. Jangan tergiur milik orang lain yang kelihatannya lebih besar dari yang kita miliki

3. Bacalah paragraf berikut ini!

Puluhan hektare tanaman padi yang menguning telah habis. Puluhan ribu tanaman padi yang mulai dipetik petani juga tidak bisa terhindar dari ancaman ini. Bahkan, tanaman sayuran yang berada di lahan satu meter lebih tinggi dan tinggal beberapa hari lagi siap dipanen, juga tergenang air. Itulah akibat dan bencana banjir. Gagasan utama dari teks bacaan tersebut adalah

Jawab: gagal panen akibat bencana banjir

4. Selain dikenal pemalu dan pendiam, Heni anak yang baik. Mungkin karena sudah watak dan pembawaan Heni yang tidak mudah bergaul dan cenderung menutup diri. Paragraf di atas melukiskan karakter tokoh Heni yang

Jawab: tertutup

5. Perhatikan teks berikut ini!

Air merupakan salah satu zat yang penting dalam hidup kita. Setiap makhluk hidup di dunia ini pastilah membutuhkan air untuk menyambung hidup. Tumbuhan memerlukan air dalam proses fotosintesis. Manusia membutuhkan air untuk beraktivitas sehari-hari, begitu juga dengan hewan.

Pikiran utama pada paragraf di atas adalah …

Jawab: pentingnya air untuk kehidupan

6. Gagasan atau ide yang menjadi dasar penulisan suatu paragraf disebut …

Jawab: ide pokok

7. Tokoh yang banyak menjadi idola dalam sebuah cerita fiksi adalah tokoh

Jawab: protagonis

8. Dalam sebuah cerita, Adrian digambarkan sebagai seorang yang suka memusuhi dan pendendam. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa Adrian memiliki watak

Jawab: jahat

9. Para siswa-siswa sedang belajar di kelas. Kalimat di atas adalah kalimat yang tidak efektif, perbaikan yang benar agar menjadi kalimat yang efektif adalah

Jawab: Para siswa sedang belajar di kelas

10. Karena tidak mampu bersaing, usahanya gulung tikar. Makna frase kata yang dicetak tebal adalah

Jawab: bangkrut

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani