tirto.id - Seleksi kompetensi PPPK guru 2024 periode 1 akan berlangsung dalam waktu dekat. Pelamar PPPK formasi guru bahasa Indonesia SMA/SMK dapat mempersiapkan diri dengan belajar contoh soal dan jawabannya.
Sebelumnya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) telah merilis jadwal tes pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024 melalui. Jadwal seleksi itu tertuang dalam Surat Plt. Kepala BKN Nomor 6610/B-KS.04.01/SD/K/2024, 27 September 2024.
Jadwal tes seleksi kompetensi PPPK periode 1 berlangsung pada 2 sampai 19 Desember 2024. Sementara itu, tes seleksi kompetensi PPPK periode 2 baru diselenggarakan pada 17 April - 16 Mei 2025.
Pelamar mungkin harus melalui seleksi kompetensi tambahan, sesuai kebijakan masing-masing instansi. Seleksi kompetensi tambahan untuk guru biasanya berupa praktik mengajar.
Kumpulan Soal Tes CAT PPPK Guru Bahasa Indonesia SMA/SMK dan Jawabannya
Pelamar PPPK Guru 2024 bisa mempersiapkan diri menghadapi tes CAT seleksi kompetensi dengan berlatih soal-soal. Berikut ini kumpulan soal tes CAT PPPK guru bahasa Indonesia SMA/SMK beserta jawabannya untuk latihan:
1. Bacalah dengan cermat teks eksplanasi berikut ini:
(1) Sampah merupakan benda yang tercipta dari sisa sisa produksi, konsumsi dan bekas pemakaian manusia. (2) Sampah merupakan sebuah fenomena umum yang dapat kita temukan disekitar kita dan di sepanjang zaman. (3) Sampah sering kali menjadi permasalahan besar bagi kehidupan di sekitarnya. (4) Jika tidak diatasi dengan benar, permasalahan sampah ini bisa menimbulkan berbagai permasalahan baru, misalnya timbulkan berbagai penyakit, bencana, dan berbagai dampak negatif terhadap lingkungan. (5) Pembuang sampah ke sungai yang dilakukan secara terus menerus, akhirnya akan menjadi tumpukan yang dapat menyumbat aliran air dan menyebabkan pendangkalan sungai. (6) Pada gilirannya, berkurangnya fungsi sungai ini akan menyebabkan banjir ketika debit air bertambah besar. (7) Pada dasarnya untuk menyelesaikan permasalahan sampah dan dampak negatifnya itu diperlukan partisipasi dari semua pihak, baik masyarakat maupun pemerintah. (8) Dengan langkah kecil, misalnya membuang sampah pada tempatnya, secara tidak langsung kita dapat mengurangi potensi terjadiya permasalahan di atas.
Bagian teks eksplanasi tersebut di atas yang merupakan interpretasi terdapat pada kalimat....
A. 1 dan 2
B. 3 dan 4
C. 5 dan 6
D. 6 dan 7
E. 7 dan 8
Jawaban: E
2. Bacalah dengan cermat teks berikut ini:
Menurut bijinya, tumbuhan diklasifikasikan menjadi dua macam, yakni tumbuhan monokotil dan tumbuhan dikotil. Tumbuhan monokotil merupakan tumbuhan yang mempunyai biji berkeping satu. Tumbuhan jenis ini mempunyai ciri-ciri sebagai berikut: (1) Akar serabut dan menyebar ke semua arah, (2) Batangnya tidak berkaya, (3) Bercabang dan mempunyai ruas-ruas, (4) Daunnya memanjang dan tulang daun yang memanjang, dan (5) tumbuhan yang masuk dalam kelas ini adalah seperti pohon pisang, tebu, rumput, dan lain sebagainya.
Teks deskripsi klasifikasi di atas memiliki kesalahan yang terdapat pada kalimat....
A. ke-1
B. ke-2
C. ke-3
D. ke-4
E. ke-5
Jawaban: E
3. Bacalah dengan cermat teks prosedur berikut ini:
Untuk mengganti aki lama dengan aki baru langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah melepas aki dengan benar. Agar terhindari dari korsleting, lepaskan kabel, baut dan klem pada kutub negatifnya terlebih dahulu, baru kemudian dilanjutkan pada kutub positifnya. Setelah semua kabel dan klem terlepas, angkat aki tersebut secara tegak lurus agar cairan dalam aki tidak tumpah. Yang menjadi tujuan teks prosedur di atas adalah....
A. Agar cairan dalam aki tidak tumpah
B. Agar terhindar dari korsleting
C. Mengganti aki lama dengan aki baru
D. Melepas aki dari dudukan dengan benar
E. Melepas semua kabel dan klem pada aki
Jawaban: C
4. Bacalah dengan cermat teks persuasi berikut ini:
Menggunakan pupuk berbahan dasar kimia memang bias mempercepat pertumbuhan tanaman dan dapat meningkatkan hasil panen. Namun, pupuk kimia memiliki dampak negatif bagi lingkungan sekitarnya karena pupuk ini bisa mencemari lingkungan. Bahkan, pupuk ini juga bisa membuat buah-buahan yang dihasilkan terkontaminasi oleh zat-zat kimia yang berbahaya buat tubuh manusia. Oleh karena itu, tinggalkanlah pupuk kimia dan beralihlah ke pupuk kompos karena selain harganya murah, pupuk kompos juga aman dan tidak menimbulkan efek negatif bagi buah yang dihasilkan.
Tujuan teks persuasi di atas adalah....
A. Meninggalkan pupuk kimia karena memiliki dampak negatif
B. Menggunakan pupuk kimia karena dapat mempercepat pertumbuhan tanaman
C. Menghindari pupuk kimia karena bisa menimbulkan kontaminasi pada buah
D. Mengajak menggunakan pupuk kompos karena murah, aman, dan tidak menimbulkan efek negatif pada buah
E. Mengajak meninggalkan pupuk kimia karena berbahaya bagi tubuh manusia
Jawaban: E
5. Bacalah dengan cermat teks eksposisi berikut ini:
(1) Pendidikan merupakan sesuatu yang penting dalam kehidupan manusia karena melalui pendidikan seseorang dapat membentuk jati diri dan karakternya. (2) Oleh karena itu, dengan kurikulum 2013, pemerintah ikut berperan dalam membentuk karakter anak bangsa melalui pendidikan. (3) Pendidikan karakter merupakan pendidikan yang lebih mengutamakan kemampuan siswa secara personal atau memberi kesempatan kepada siswa untuk menggali potensi diri. (4) Para siswa tentu saja memiliki bakat, potensi, dan kecerdasan dalam bidang yang tidak sama dan harus diberi kesempatan atau difasilitasi untuk mengembangkannya. (5) Siswa yang tidak berprestasi bagus dalam pelajaran tentu bukan berarti ia bodoh, ia pasti memiliki potensi di bidang yang lain. (6) Melalui kurikulum pendidikan terbaru, yaitu kurikulum 2013, pemerintah berupaya mewujudkan pendidikan karakter itu. (7) Melalui kurikulum ini pemerintah berusaha menggali potensi dan menanamkan karakter kepada siswa. (8) Diharapkan siswa memiliki pengetahuan, keterampilan, dan kemandirian, serta rasa toleransi yang tinggi. (9) Berdasarkan uraian di atas, pendidikan karakter merupakan cara bagi siswa untuk membentuk diri sebagai manusia yang cerdas dan berkarakter.
Tesis teks eksposisi di atas terletak pada kalimat....
A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 4 dan 5
D. 6 dan 7
E. 8 dan 9
Jawaban: A
6. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah....
A. Pengetahuan faktual
B. Pengetahuan metakognitif
C. Pengetahuan prosedural
D. Pengetahuan konseptual
E. Keterampilan
Jawaban: C
7. Dalam suatu kegiatan pembelajaran Bahasa Indonesia, peserta didik mencermati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Ia kemudian mendata hal-hal yang perlu diketahui, kemudian mencari dan mengumpulkan informasi melalui observasi, wawancara, dan telaah pustaka serta kemudian menuangkannya dalam laporan yang sudah disepakati. Setelah selesai, kemudian menyajikannya secara lisan di depan kelas. Pembelajaran menulis ini menggunakan pendekatan....
A. Inquiry
B. Saintifik
C. Discovery
D. Berbasis proyek
E. Berbasis masalah
Jawaban: B
8. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan, dan mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan....
A. Inquiry
B. Saintifik
C. Discovery
D. Berbasis proyek
E. Berbasis masalah
Jawaban: B
9. Setelah selesai mengajar kompetensi dasar 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memerhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur dan kebahasaan guru harus melakukan penilaian. Instrumen penilaian pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut sebaiknya berupa....
A. Angket
B. Tes lisan
C. Tes performansi
D. Tes pilihan ganda
E. Rubrik penilaian proyek
Jawaban: E
10. Perhatikan penggalan RPP berikut ini:
Bagian dari penggalan RPP yang tidak sesuai dengan prinsip pembelajaran pada Kurikulum 2013 adalah....
A. Pendekatan
B. Metode
C. Media pembelajaran
D. Sumber belajar
E. Metode dan model pembelajaran
Jawaban: E
11. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik individu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan...
A. Inquiry
B. Saintifict
C. Discovery
D. Berbasis Proyek
E. Berbasis Masalah
Jawaban: B
12. Dalam suatu kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia, peserta didik memilih dan menyepakati topik yang menarik dan berada dalam konteks lingkungan sekolahnya. Mereka kemudian merumuskan masalah dan menyusun hipotesis. Selanjutnya mencari dan mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, telah pustaka, serta melakukan pembuktian atas hipotesis sebelumnya. Setelah mendapatkan data maka disusun sebuah kesimpulan. Model pembelajaran menulis yang dipakai dalam kegiatan pembelajaran tersebut adalah...
A. Inquiry
B. Saintifict
C. Discovery
D. Berbasis Proyek
E. Berbasis Masalah
Jawaban: C
13. Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada adalah...
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mencoba atau Mengeksplorasi
D. Mengasosiasi atau Merumuskan
E. Mengomunikasikan
Jawaban: C
14. Dalam suatu kegiatan pembelajaran, guru meminta siswa untuk membaca suatu jenis teks, mengajukan pertanyaan tentang teks tersebut, menyusun atau mengonstruksi teks tersebut, dan mempresentasikannya di depan kelas. Tahapan tersebut adalah...
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mencoba atau Mengeksplorasi
D. Mengasosiasi atau Merumuskan
E. Mengomunikasikan
Jawaban: C
15. Jika seorang guru mengajar dengan kompetensi dasar Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi (LHO) berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan dengan pendekatan saintifik, pada tengah kegiatan guru meminta siswa secara berkelompok untuk membaca, menganalisis, dan menyimpulkan isi informasi yang terdapat dalam teks laporan hasil observasi yang ditugaskan. Kegiatan tersebut termasuk ke dalam tahapan pembelajaran...
A. Mengamati Beragam Contoh Teks LHO
B. Menanya Hal-hal Terkait dengan Struktur Teks LHO
C. Mencoba atau Mengeksplorasi Informasi Teks LHO
D. Mengasosiasi atau Merumuskan Informasi Teks LHO
E. Mengomunikasikan Hasil Identifikasi Informasi Teks LHO
Jawaban: C
16. Seorang guru memberikan umpan balik dan penguatan tentang hasil menulis teks deskripsi. Hal tersebut dilakukan pada saat kegiatan...
A. Pra Pembelajaran
B. Awal Pembelajaran
C. Inti Pembelajaran
D. Penutup Pembelajaran
E. Tindak Lanjut Pembelajaran
Jawaban: D
17. Setelah selesai mengajar kompetensi dasar kompetensi dasar 4.4 Mengonstruksi teks eksposisi dengan memperhatikan isi (permasalahan, argumen, pengetahuan, dan rekomendasi), struktur, dan kebahasaan, guru harus melakukan penilaian. Instrumen penilaian pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut sebaiknya berupa…
A. Angket
B. Tes Lisan
C. Tes Performansi
D. Tes Pilihan Ganda
E. Rubrik Penilaian Proyek
Jawaban: E
18. Seorang guru meminta para peserta didiknya untuk mengamati suatu lingkungan, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengumpulkan informasi terkait dengan lingkungan yang dipilih, menyusun laporan, dan mempresentasikan hasil laporan baik individu maupun kelompok. Pendekatan yang dipakai dalam pembelajaran tersebut adalah pendekatan...
A. Inquiry
B. Saintifik
C. Discovery
D. Berbasis Proyek
E. Berbasis Masalah
Jawaban: B
19. Untuk mengukur sikap kerja sama siswa dalam suatu kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar 4.6 Menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik lisan maupun tulis diperlukan instrumen penilaian yang sesuai, yaitu pedoman observasi. Salah satu butir indikator penilaian yang dapat digunakan adalah…
A. Pengertian Kerja Sama dan Jenis-jenis Kerja Sama
B. Keaktifan dan Partisipasi dalam Bekerja Kelompok
C. Pemahaman Terhadap Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Anekdot
D. Keaktifan dalam Memahami Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Anekdot
E. Keaktifan dan Partisipasi dalam Memahami Struktur dan Aspek Kebahasaan Teks Anekdot
Jawaban: B
20. Seorang guru akan mengajar dengan kompetensi dasar 3.11 Menganalisis isi, struktur, dan kebahasaan teks negosiasi. Teknik dan bentuk instrumen yang digunakan oleh guru adalah tes tertulis berupa uraian. Salah satu indikator penilaian yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah...
A. Apakah yang Dimaksud Struktur dan Kebahasaan Teks Negosiasi?
B. Apakah Perbedaan Struktur Organisasi Teks Negosiasi dengan Teks yang Lain?
C. Apakah Perbedaan Aspek Kebahasaan Teks Negosiasi dengan Teks yang Lain?
D. Mengapa Struktur Organisasi Teks Negosiasi Berbeda dengan Teks yang Lain?
E. Tulislah Struktur Teks Negosiasi Seperti yang Ada dalam Teks yang Sudah Disediakan!
Jawaban: E
Penulis: Olivia Rianjani
Editor: Yonada Nancy & Dipna Videlia Putsanra