tirto.id - Pemerintah kembali membuka seleksi pengadaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) 2024, salah satunya untuk formasi Guru Matematika SMP.
Ada sejumlah contoh soal PPPK Guru Matematika SMP dan jawabannya yang bisa menjadi latihan untuk mempersiapkan diri.
Pendaftaran PPPK Guru 2024 dibagi menjadi dua periode. Periode I yakni untuk Pelamar Prioritas Guru dan Periode II untuk lulusan PPG untuk formasi guru di instansi daerah.
Pendaftaran Periode I ditutup pada 20 Oktober 2024 lalu dan hasil seleksi administrasinya juga telah diumumkan pada 1 November 2024 kemarin.
Sementara itu, pendaftaran seleksi administrasi PPPK Guru Periode II baru akan dilaksanakan menyusul pada 17 November hingga 31 Desember 2024.
Setelah dinyatakan lolos dalam seleksi administrasi, tahap selanjutnya adalah Seleksi Kompetensi menggunakan Computer Assisted Test atau CAT BKN. Untuk Periode I, peserta akan mengikuti ujian Tes Kompetensi pada 2-19 Desember 2024.
Kumpulan Soal Tes Kompetensi CAT PPPK Guru Matematika SMP dan Jawabannya
Tes Kompetensi PPPK Guru Matematika SMP nantinya akan terdiri dari soal pedagogik dan juga tes kompetensi profesional. Berikut beberapa contoh soal dan jawabannya.
1. Suatu kompetensi dasar pada pembelajaran Matematika Kelas XI adalah menganalisis sifat-sifat determinan dan invers matriks berordo 2x2 dan 3x3. Rumusan indikator yang sesuai dengan kompetensi dasar tersebut, kecuali...
A. Menentukan adjoin matriks-matriks berordo 3x3
B. Mengidentifikasi matriks singular
C. Menentukan kofaktor matriks berordo 2x2
D. Menentukan minor matriks berordo 3x3
E. Memahami hubungan matriks identitas dengan invers matriks
Jawaban: C
2. Salah satu indikator dari suatu kompetensi dasar pada pembelajaran geometri adalah menjelaskan panjang sisi suatu segitiga berdasarkan kesebangunan dua segitiga. Materi yang paling sesuai untuk mencapai indikator tersebut adalah...
A. Syarat kesebangunan dua segitiga
B. Pengertian kesebangunan dua segitiga
C. Ciri-ciri kesebangunan dua segitiga
D. Perbandingan sudut-sudut dua segitiga sebangun
E. Sifat-sifat kesebangunan dua segitiga
Jawaban: E
3. Suatu indikator dari materi Sistem Koordinat ialah menentukan kedudukan garis yang sejajar dengan sumbu-X. Media yang paling sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran agar indikator tersebut tercapai ialah...
A. Slide PowerPoint dengan gambar bidang koordinat dan sebuah garis yang melalui titik (2,0)
B. Video pembelajaran yang menampilkan garis sejajar sumbu-Y
C. Papan koordinat dengan paku sebagai titik-titiknya serta benang yang tegak lurus sumbu-Y
D. Lembar kerja tentang kedudukan titik pada bidang koordinat
E. Kertas manila dengan gambar bidang koordinat dan garis melalui titik (0,5) dan (3,0)
Jawaban: D
4. Pada saat memberikan kesempatan kepada siswa untuk menanggapi pendapat siswa lain, tindakan guru yang paling tepat adalah...
A. Memberikan siswa berpendapat sesuai keinginan
B. Meminta siswa lain memperhatikan temannya yang berpendapat
C. Memperhatikan pendapat yang diungkapkan
D. Memberikan arahan jika pendapatnya kurang tepat
E. Semua jawaban benar
Jawaban: B
5. Ketika beberapa siswa salah memahami bahwa jajargenjang merupakan anggota himpunan trapesium, langkah awal yang paling tepat dilakukan guru adalah...
A. Bertanya kepada siswa tentang syarat keanggotaan suatu himpunan
B. Menanyakan mengapa bukan trapesium yang merupakan anggota jajargenjang
C. Bertanya tentang definisi jajargenjang dan trapesium
D. Meminta siswa menggambar jajargenjang dan trapesium
E. Meminta siswa menuliskan ciri-ciri jajargenjang dan trapesium
Jawaban: C
6. Kegiatan pembelajaran berikut yang dapat memotivasi siswa untuk berprestasi sesuai materi yang sedang dipelajari adalah...
A. Memberikan reward bagi yang berprestasi
B. Menjelaskan cara belajar agar berprestasi
C. Memberikan hukuman bagi yang tidak berprestasi
D. Memberitahukan manfaat materi yang baru dipelajari
E. Memberikan banyak contoh soal
Jawaban: D
7. Salah satu kompetensi yang harus dicapai oleh siswa SMP adalah menjelaskan dan melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan. Tujuan yang paling tepat adalah...
A. Siswa menghitung hasil kali dua bilangan bulat menggunakan sifat pengurangan
B. Siswa menghitung hasil bagi dua bilangan bulat menggunakan konsep pengurangan
C. Siswa menggunakan sifat ketertutupan pengurangan untuk menentukan hasil bagi bilangan bulat
D. Siswa menggunakan sifat asosiatif penjumlahan dalam menyelesaikan masalah
E. Siswa menentukan hasil kali dua bilangan bulat menggunakan penjumlahan bilangan
Jawaban: C
8. Dalam PTK yang bertujuan meningkatkan keaktifan siswa yang sering mengantuk, tujuan yang paling sesuai adalah...
A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik
B. Membandingkan keaktifan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran matematika realistik
C. Mengembangkan perangkat pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik
D. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa
E. Mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi prestasi belajar
Jawaban: A
9. Saat siswa berbeda pendapat tentang banyaknya rusuk pada kubus, tabung, dan kerucut, tindakan yang paling tepat bagi guru adalah...
A. Meminta siswa mengamati benda nyata berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk menghitung rusuknya
B. Meminta siswa mengamati gambar kubus, tabung, dan kerucut untuk menentukan banyaknya rusuk
C. Meminta siswa mengamati alat peraga yang berbentuk kubus, tabung, dan kerucut untuk memahami konsep rusuk
D. Membandingkan banyaknya rusuk pada balok dan kubus
E. Guru menjelaskan banyaknya rusuk pada kubus, tabung, dan kerucut agar siswa paham
Jawaban: C
10. Kegiatan berikut yang dapat memotivasi siswa dalam pembelajaran matematika adalah...
A. Memberikan penghargaan untuk siswa yang aktif
B. Menjelaskan cara belajar agar lebih berprestasi
C. Memberikan hukuman bagi siswa yang tidak berprestasi
D. Menyampaikan manfaat materi yang dipelajari
E. Memberikan banyak contoh soal
Jawaban: D
11. Dalam PTK yang berjudul "Pengaruh Metode Problem Posing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas Tujuh", materi yang harus dibahas dalam kajian pustaka adalah...
A. Berpikir kritis dan pembelajaran berbasis masalah
B. Pendekatan matematika realistik
C. Problem posing dan materi aljabar
D. Berpikir logis dalam pembelajaran matematika
E. Semua jawaban benar
Jawaban: A
12. Ketika siswa mengalami kesulitan membedakan antara kombinasi dan permutasi, tindakan yang tepat untuk guru adalah...
A. Memberikan latihan soal kontekstual tentang permutasi
B. Menambah contoh soal kombinasi
C. Memberikan latihan soal yang membedakan antara kombinasi dan permutasi
D. Membandingkan rumus kombinasi dan permutasi
E. Memberikan latihan soal kombinasi secara berulang
Jawaban: C
13. Ketika beberapa siswa menganggap dua buah apel dan tiga buah jeruk sama dengan dua kardus besar dan tiga kardus kecil, langkah yang tepat bagi guru adalah...
A. Menjelaskan bahwa keduanya benar
B. Meminta siswa untuk memahami kembali definisi variabel
C. Mengklarifikasi unsur-unsur dalam bentuk aljabar
D. Memberikan soal lain agar siswa mendapat pola baru
E. Memberikan penghargaan bagi siswa yang menjawab benar
Jawaban: B
14. Dalam pembelajaran sistem koordinat, media yang relevan untuk mencapai tujuan pembelajaran adalah...
A. Kartu masalah
B. Video pembelajaran tentang sistem koordinat
C. Alat peraga dengan paku sebagai titik-titiknya dan benang tegak lurus
D. Lembar kerja terstruktur
E. Slide PowerPoint tentang sistem koordinat
Jawaban: C
15. Dalam pembelajaran tentang relasi antar himpunan, soal yang paling tepat untuk mengukur indikator pencapaian adalah...
A. Tentukan himpunan bilangan prima kurang dari lima
B. Gambarkan diagram venn yang menunjukkan siswa yang suka olahraga dan yang tidak
C. Tentukan himpunan bilangan riil kurang dari sepuluh
D. Tentukan jumlah anggota pada himpunan bilangan asli
E. Buat diagram yang menunjukkan hubungan himpunan siswa dalam kelas
Jawaban: B
16. Jika mayoritas siswa dalam kelas kurang aktif dan sering mengantuk, tujuan PTK yang sesuai adalah...
A. Meningkatkan keaktifan siswa melalui pembelajaran berbasis masalah
B. Membandingkan aktivitas siswa sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah
C. Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan siswa
D. Menyusun perangkat pembelajaran berbasis masalah
E. Mendeskripsikan kendala-kendala dalam meningkatkan keaktifan siswa
Jawaban: A
17. Tentukan panjang KN jika diketahui KL = 15 dan NL = 6.
A. 5
B. 8
C. 9
D. 12
E. 15
Jawaban: C
18. Pada segitiga ABC, sisi-sisinya adalah a = 3, b = 4, dan c = 5. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku?
A. Ya, dengan sudut siku-siku di C
B. Ya, dengan sudut siku-siku di B
C. Tidak, segitiga ini bukan segitiga siku-siku
D. Tidak dapat ditentukan
E. Ya, tetapi bukan dengan sisi-sisi ini
Jawaban: A
19. Dalam sistem koordinat, apa yang menunjukkan titik asal atau titik pusat koordinat?
A. 0,1
B. 1,0
C. 0,0
D. 1,1
E. 0,2
Jawaban: C
20. Negasi dari pernyataan "Matematika tidak mengasyikkan atau membosankan" adalah ....
A. Matematika mengasyikkan atau tidak membosankanB. Matematika mengasikkan atau membosankanC. Matematika tidak mengasyikkan dan membosankanD. Matematika tidak mengasyikkan dan tidak membosankanE. Matematika mengasyikkan dan tidak membosankan
Jawaban: E
21. Dua keluarga masing-masing terdiri dari 2 orang dan 3 orang ingin berfoto bersama. Banyak posisi foto yang berbeda dengan anggota keluarga yang sama selalu berdampingan adalah ....
A. 24B. 36C. 48D. 72E. 96
Jawaban: A
22. Kubus ABCD.EFGH dengan R pada DC sehingga ER:RC = 2:1 perbandingan volume limas dan kubus adalah ....
A. 1:3
B. 1:4
C. 1:6
D. 1:8
E. 1:9
Jawaban: D
23. Dua puluh orang pramuka sedang berada di perkemahan. Empat dari 10 orang pramuka puteri merupakan Penggalang Ramu. Untuk suatu pekerjaan, 2 orang pramuka puteri diutus keluar perkemahan. Selanjutnya, pramuka kelompok ketiga ditugaskan untuk pekerjaan lain. Apakah pendapatmu tentang peluang pramuka kelompok ketiga ini dilihat dari jenis kelaminnya?
A. Kemungkinan besar pramuka ketiga tersebut adalah pramuka putera.
B. Kemungkinan besar pramuka ketiga tersebut adalah pramuka puteri.
C. Kemungkinan pramuka putera dan puteri sama besar.
D. Tidak dapat ditentukan karena semua pramuka dapat ditugaskan.
E. Kemungkinan pramuka puteri lebih besar.
Jawaban: A
24. Persamaan bayangan garis y = 2x - 3 karena refleksi terhadap garis y = -x, dilanjutkan dengan refleksi terhadap y = x adalah ...
A. y + 2x -3 = 0B. y - 2x - 3 = 0C. 2y + x -3 = 0D. 2y - x -3 = 0E. 2y + x +3 = 0
Jawaban: B
25. Dalam suatu kelas nilai rata-rata ulangan matematika 18 orang siswa putri 72. Sedangkan nilai rata-rata siswa putra 69. Jika jumlah siswa di kelas tersebut 30, maka nilai rata-rata ulangan matematika di kelas tersebut adalah ...
A. 68,2
B. 69,3
C. 70,8
D. 71,1
D. 73,2
Jawaban : C
Penulis: Nisa Hayyu Rahmia
Editor: Dipna Videlia Putsanra