tirto.id - Kumpulan contoh soal PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP pada artikel ini dapat menjadi bahan belajar dan latihan pelamar formasi guru dalam menghadapi ujian tes kompetensi.
Salah satu materi ujian tes kompetensi PPPK Guru adalah tes kompetensi teknis sesuai dengan bidangnya. Seleksi tersebut berlaku untuk seluruh formasi yang dibuka, termasuk seleksi untuk guru Bahasa Indonesia SMP.
Apabila tidak ada perubahan, tes kompetensi PPPK Guru Periode 1 dijadwalkan berlangsung pada 2-19 Desember 2024. Sebelum pelaksanaan, pelamar diimbau memantau laman SSCASN BKN untuk mengetahui lebih lanjut waktu dan titik lokasi pelaksanaan seleksi kompetensi.
Pada periode 2, seleksi kompetensi dimulai pada 17 April hingga 16 Mei 2025. Adapun pengumuman hasil kelulusan akan diumumkan pada 22-31 Mei 2025.
Bagi pelamar formasi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP, dapat mempersiapkan seleksi mompetensi dengan mengerjakan latihan soal teknis PPPK Guru. Melalui latihan soal PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP, diharapkan pendaftar PPPK bisa memiliki gambaran terkait soal yang akan dikerjakan pada seleksi kompetensi.
Kumpulan Soal Tes Kompetensi PPPK Guru Bahasa Indonesia SMP dan Jawabannya
Contoh soal teknis PPPK Guru bisa dimanfaatkan oleh pelamar PPPK kategori Guru SMP. Latihan soal beserta jawabannya ini diharapkan bisa mengevaluasi hasil latihan soal dengan baik.
Berikut contoh soal PPPK Guru Bahasa Indoensia SMP dan jawabannya.
1. Seorang guru Bahasa Indonesia SMP akan mengajarkan kompetensi dasar 3.7 Mengidentifikasi informasi dari teks laporan hasil observasi berupa buku pengetahuan yang dibaca atau diperdengarkan. Indikator yang paling sesuai dengan kompetensi dasar tersebut adalah ...
A. Menentukan struktur organisasi teks laporan hasil observasi.
B. Menentukan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
C. Menjelaskan struktur organisasi teks laporan hasil observasi
D. Menjelaskan ciri bahasa teks laporan hasil observasi.
E. Menyebutkan ciri, tujuan, dan isi teks laporan hasil observasi.
Jawaban E
2. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar 4.16 Memerankan isi fabel/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah ... .
A. Pengetahuan faktual
B. Pengetahuan metakognitif
C. Pengetahuan prosedural
D. Pengetahuan konseptual
E. Keterampilan
Jawaban C
3. Seorang guru meminta parra peserta didiknya untuk mengamati suatu jenis teks, merumuskan pertanyaan yang ingin diketahui, mengidentifikasi dan menganalisis isi teks, membuat kesimpulan,dan mempresentasikan hasil diskusi. Pembelajaran membaca teks ini menggunakan pendekatan ... .
A.Inquiry
B. Saintifik
C. Discovery
D. Berbasis proyek
E. Berbasis masalah
Jawaban B
4. Dalam pembelajaran mengonstruksi suatu teks, salah satu prinsip pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik yang harus ada adalah ... .
A. Mengamati
B. Menanya
C. Mencoba atau mengeksplorasi
D. Mengasosiasi atau merumuskan
E. Mengomunikasikan
Jawaban C
5. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan belajar peserta didik guru dapat menggunakan evaluasi ... .
A. Sumatif
B. Formatif
C. Proses
D. Hasil
E. Hasil belajar
Jawaban D
6. Seorang guru menggunakan pendekatan pembelajaran Bahasa tertentu dengan anggapan bahwa pemerolehan bahasa itu terjadi melalui pengkondisian atau pembiasaan. Anggapan guru itu didasari oleh paham aliran linguistik yang lazim disebut teori ....
A. Nativisme
B. Behaviorisme
C. Interaksionisme
D. Kognitivisme
E. Naturalisme
Jawaban B
7. Berikut ini adalah kalimat yang berpola S-P-Pel ...
A. Jabatan itu membutuhkan kompetensi kepemimpinan tinggi.
B. Semua pihak menghendaki jabatan itu.
C. Jabatan itu menjadi rebutan antardepartemen.
D. Orang itu sudah lama menduduki jabatan itu.
E. Pada dasarnya, jabatan itu kekuasaan.
Jawaban C
8. Afiks atau imbuhan yang digunakan dalam kata berikut ini memiliki makna gramatikal lebih dari satu ....
A. Beristeri
B. Merumput
C. Pembohong
D. Meteran
E. Jauhi
Jawaban C
9. Bacalah dengan cermat dua kalimat berikut ini!
Surat kabar-surat kabar itu ditaruh di rak buku-rak buku yang ada di ruang-ruang publik. Majalah Holistika dan Fenomena juga ada diantaranya.
Kesalahan penulisan kata terjadi pada kata ....
A. Surat kabar-surat kabar dan rak buku-rak buku
B. Surat kabar-surat kabar dan ruang-ruang publik
C. Rak buku-rak buku dan ruang-ruang publik
D. Ruang-ruang publik dan Holistika
E. Holistika dan Fenomena
Jawaban A
10. Di dalam kalimat berikut ini terdapat ketidaktepatan penggunaan kata ...
A. Setelah melakukan pengujian hasil, tim akan menjaga stabilitas tegangan dan sistem kontrol alat.
B. Setelah melakukan pengujian hasil, tim akan menjaga stabilitas terhadap tegangan dan sistem kontrol alat.
C. Setelah pengujian hasil dilakukan, tim akan melakukan stabilisasi tegangan dan sistem kontrol alat.
D. Setelah melakukan pengujian hasil, tim akan mengatur stabilitas tegangan dan sistem kontrol alat.
E. Stabilitas tegangan dan alat krontrol dilakukan setelah melakukan pengujian hasil.
Jawaban B
11. Kalimat yang di dalamnya terkandung unsur yang berlebihan atau melewah adalah ...
A. Kedua orang itu berpelukan.
B. Kedua orang itu memeluk-meluk.
C. Kedua orang itu saling berpelukan.
D. Kedua orang itu peluk-memeluk.
E. Kedua orang itu saling memeluk.
Jawaban C
12. Tatkala aku masuk sekolah Mulo, demikian fasih lidahku dalam bahasa Belanda sehingga orang yang hanya mendengarkanku berbicara dan tidak melihat aku, mengira aku anak Belanda. Aku pun bertambah lama bertambah percaya pula bahwa aku anak Belanda, sungguh hari-hari ini makin ditebalkan pula oleh tingkah laku orang tuaku yang berupaya sepenuh daya menyesuaikan diri dengan langgam lenggok orang Belanda.
("Kenang-kenangan" oleh Abdul Gani A.K)
Sudut pandang pengarang yang digunakan dalam penggalan tersebut adalah
A. Orang pertama pelaku utama
B. Orang ketiga pelaku sampingan
C. Orang ketiga pelaku utama
D. Orang pertama dan ketiga
E. Orang ketiga serbatahu
Jawaban A
13. Perhatikan penggalan cerpen berikut.
Kalau begitu mengapa Syarifudin meninggal pada hari kedua, setelah dia disunat? Darah tak banyak keluar dari lukanya. Syarifudin kan juga penurut. Pendiam. Setengah bulan, hampir, dia mengurung diri karena kau mengatakan kelakuan abangnya sehari sebelum disunat itu. Aku tidak percaya jika hanya oleh melompat- lompat dan berkejaran setengah malam penuh. Aku tidak percaya itu. Aku mulai percaya desas-desus itu bahwa kau orang yang tamak. Orang yang kikir. Penghisap. Lintah darat. Inilah ganjarannya! Aku mulai percaya desas-desus itu, tentang dukun- dukun yang mengilu luka sunatan anak-anak kita. Aku mulai yakin, mereka menaruh racun di pisau dukun-dukun itu.
(Cerpen “Panggilan Rasul”, Hamzad Rangkuti,)
Kutipan cerpen di atas mengandung nilai ... .
A. moral
B. sosial
C. religius
D. budaya
E. pendidikan
Pembahasan
Jawaban D
14. Bacalah kutipan berikut!
Tidak lama, tiba-tiba Gajah muncul lagi. Kancil meminta tolong
kembali.
“Bagaimana Cil?”
“Tolong aku, aku berjanji tidak akan iseng lagi”
“Janji?” gajah menekankan.
„‟Sekarang apakah kamu sudah sadar? Dan akan berjanji tidak akan menipu, jahil, iseng dan perbuatan yang merugikan binatang lain?‟‟
„‟Benar Pak Gajah, saya benar-benar berjanji.‟‟
Gajah menjulurkan belalainya yang panjang untuk menangkap Kancil dan mengangkatnya ke atas. Begitu sampai di atas Kancil berkata.
„‟Terima kasih Pak Gajah! Saya tidak akan pernah melupakan kebaikanmu ini.‟‟
Penggalan cerita fabel di atas merupakan bagian dari struktur fabel. Struktur fabel yang dimaksud adalah ... .
A. Orientasi
B. Konflik
C. Klimaks
D. Resolusi
E. Koda
Jawaban D
15. Cerrmatilah kutipan puisi karya W. S. Rendra berikut.
Betapa dinginnya air
sungai
Dinginnya! Dinginnya!
Betapa dinginnya daging duka
Yang membaluti tulang-tulangku.
Citraan yang dominan pada puisi tersebut adalah....
A. penglihatan
B. perabaan
C. pendengaran
D. penciuman
E. gerakan
Jawaban B
16. Bacalah kutipan puisi berikut!
Menyesal
karya Ali Hasjmy
...
Pagiku hilang sudah melayang
Hari mudaku telah pergi
Kini petang datang membayang
Batang usiaku sudah tinggi
Jenis rima dalam penggalan puisi di atas adalah...
A. Rima sejajar berpola : a-a-a-a
B. Rima kembar berpola : a-a-b-b
C. Rima berpeluk berpola : a-b-b-a
D. Rima bersilang berpola : a-b-a-b
E. Rima bervariasi : a-b-c-d
Jawaban D
17. Hujan Bulan Juni
oleh Sapardi Djoko Damono
tak ada yang lebih tabah
dari hujan bulan Juni
dirahasiakannya rintik rindunya
kepada pohon berbunga itu
tak ada yang lebih bijak
dari hujan bulan Juni
dihapusnya jejak-jejak kakinya
yang ragu-ragu di jalan itu
tak ada yang lebih arif
dari hujan bulan Juni
dibiarkannya yang tak terucapkan
diserap akar pohon bunga itu
Maksud puisi tersebut adalah....
A. Menggambarkan kesetiaan
B. Menceritakan rahasia seseorang
C. Menceritakan tentang penantian
D. Menggambarkan kerinduan pada hujan
E. Menggambarkan tentang kedukaan
Jawaban C
18. Seorang guru bahasa Indonesia menjelaskan bahwa kalimat terdiri atas modalitas dan proposisi. Modalitas adalah ....
Aliran linguistik yang digunakan guru tersebut adalah aliran ....
A. preskriptif
B. transformasi
C. struktural
D. fungsional
E. deskriptif
Jawaban B
19. Terjadinya rumah kaca merupakan salah satu contoh judul teks eksplanasi. Deret penjelas manakah yang tidak sesuai dengan teks eksplanasi tentang terjadinya efek rumah kaca?
A. Rangkaian kejadian terbentuknya efek rumah kaca.
B. Pengertian efek rumah kaca.
C. Penyebab rumah kaca dapat dipilah menjadi dua.
D. Rumah kaca disebabkan oleh beberapa faktor.
E. Awal terjadinya efek rumah kaca.
Jawaban B
20. Pak Edo adalah guru Bahasa Indonesia yang sedang merencanakan pembelajaran dengan kompetensi dasar menyimpulkan isi teks laporan hasil observasi.
Materi yang sesuai untuk KD tersebut adalah ... .
A. penentuan gagasan pokok teks laporan hasil observasi
B. langkah menulis teks laporan hasil observasi secara utuh
C. makna kata dan istilah pada teks laporan hasil observasi
D. uraian struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi
E. langkah menulis kerangka teks laporan hasil observasi
Jawaban A
21. Ibu membeli sayur-sayuran di pasar tradisional.
Kalimat manakah yang berpola sama dengan kalimat di atas?
A. Paman bercukur menggunakan pisau cukur.
B. Burung-burung bersahutan di pagi hari.
C. Anak-anak bermain dengan gembira di lapangan.
D. Langit malam ini bertaburan bintang-bintang.
E. Para petani menanam padi di pagi hari.
Jawaban E
22. Pada kalimat manakah terdapat penggunaan tanda baca yang salah?
A. Ayahnya bukan pegawai bank, melainkan manajer di salah satu perusahaan swasta.
B. Aku hanya membawa beberapa alat tulis, tas, dan buku-buku.
C. Anita tidak mau kuliah lagi, karena diejek oleh teman-temannya.
D. Eh, tahukah kau dari mana suara teriakan „tolong‟ barusan?”
E. Dia sangat pandai bergaul di kampus, tetapi sangat diam jika di dalam rumah.
Jawaban C
23. Banjir termasuk dalam salah satu gejala alam yang mempengaruhi kehidupan manusia dan dapat menimbulkan kerusakan. Dalam pengertian sederhana, banjir adalah luapan air dalam jumlah besar yang menerjang dan menggenangi suatu daerah. Peristiwa meluapnya air tersebut masuk ke kawasan pemukiman yang dihuni manusia akibat sungai tidak mampu lagi menampungnya. Suatu daerah disebut banjir jika air dalam jumlah banyak menutupi sebagian besar daerah yang luas. Secara hidrologis, ada dua definisi tentang "banjir", yakni setiap aliran air yang merusak harta benda, ternak ,dan tanaman; dan setiap kondisi permukaan (level) air yang melebihi batas normal.
Kutipan teks eksplanasi di atas berisi ...
A. Penyampaian fakta tentang banjir.
B. Pemaparan dampak banjir.
C. Pernyataan umum tentang banjir.
D. Interpretasi tentang konsep banjir.
E. Penjelasan penyebab banjir.
Jawaban C
14. (1) Musim kemarau pada tahun ini adalah kemarau terparah dalam kurun sepuluh tahun terakhir. (2) Selama enam bulan banyak sawah gagal panen di desa kami. (3) Hujan tidak turun selama enam bulan mengakibatkan tanah dan sumber air menjadi kering. (4) Menurut BMKG, tahun ini hujan diprediksi akan turun pada bulan depan. (5) Jika hal itu terjadi, maka bisa dipastikan bahwa kemarau tahun ini bukanlah kemarau yang biasa karena terjadi selama tujuh bulan. (6) Sedangkan menurut data yang disampaikan oleh BMKG, tahun lalu kemarau hanya terjadi selama lima bulan.
Kalimat yang tidak mendukung argumen adalah kalimat ....
A. (6)
B. (5)
C. (3)
D. (4)
E. (2)
Jawaban E
25. Bu Nanda membelajarkan kompetensi dasar memerankan fabel.
Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan langkah berikut!
1) membaca fabel
2) mendiskusikan garis besar isi cerita
3) mendiskusikan ciri dan struktur fabel
4) membagi peran tiap-tiap siswa
5) mempresentasikan cara memerankan fabel yang baik
6) memerankan fabel secara kelompok
7) saling mengomentari penampilan
Langkah yang tidak sesuai untuk mencapai kompetensi tersebut
adalah ... .
A. 3 dan 5
B. 3 dan 7
C. 3 dan 4
D. 3 dan 6
E. 2 dan 6
Jawaban A
Penulis: Sarah Rahma Agustin
Editor: Dipna Videlia Putsanra