Contoh Pidato Hari Guru Nasional 2022 & Tema Peringatan

Penulis: Yonada Nancy, tirto.id - 21 Nov 2022 14:45 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Berikut ini Tirto menghimpun dua contoh pidato yang dapat dibacakan saat peringatan Hari Guru Nasional 2022.
tirto.id - Hari Guru Nasional 2022 akan diperingati di Indonesia pada Jumat, 25 November 2022. Hari nasional itu diperingati dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara bendera hingga penyampaian pidato Hari Guru.

Tahun ini, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) sudah menetapkan tema perayaan Hari Guru Nasional 2022. Tema tersebut berbunyi "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar."

Selain itu, Kemendikbud juga merilis pedoman upacara bendera untuk menyambut Hari Guru Nasional mendatang.

Kegiatan upacara Hari Guru Nasional yang tercantum pada pedoman beragam, meliputi pengibaran bendera merah putih, penganugerahan tanda kehormatan Satya Lancana, menyanyikan lagu "Hymne Guru" dan "Terima Kasih Guruku", hingga pidato oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Pedoman lengkap upacara Hari Guru Nasional 2022 bisa dicek melalui link berikut:

Download Pedoman Upacara Hari Guru Nasional 2022 PDF



Contoh Pidato Hari Guru Nasional 2022


Pidato yang disampaikan saat peringatan Hari Guru Nasional 2022 bisa disesuaikan dengan tema peringatan maupun sejarah Hari Guru. Berikut ini Tirto menghimpun dua contoh pidato Hari Guru Nasional 2022:

Contoh 1 Pidato Hari Guru Nasional 2022


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya,
Om Swastiastu,
Namo Buddhaya,
Salam kebajikan.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat rahmat dan hidayahnya kita dapat kembali merayakan Hari Guru Nasional 2022.

Saudara-saudaraku yang terhormat, dunia pendidikan merupakan sektor penting dalam upaya pembangunan sebuah negara. Pendidikan membantu negara untuk membentuk sosok-sosok penerus yang bertanggung jawab di masa depan.

Bahkan menurut seorang tokoh dunia Nelson Mandela pernah berkata bahwa "Pendidikan adalah senjata paling ampuh yang dapat Anda gunakan untuk mengubah dunia."

Dengan demikian, peningkatan kualitas pendidikan akan terus ada mengikuti tantangan global yang maju menuju peradaban modern. Besarnya peran di sektor pendidikan dalam suatu negara tentu dipengaruhi oleh komponen penggeraknya, yaitu guru.

Tanpa guru, pendidikan yang berkualitas di suatu negara tidak bisa berjalan semestinya.

Sudah menjadi fakta umum, bahwa guru sering disebut sebagai jantungnya pendidikan. Guru adalah pilar pendukung kita semua yang berperan dalam membimbing, mengarahkan, serta memberikan contoh terbaik selama duduk di bangku institusi pendidikan.

Mereka memberikan yang terbaik untuk mengajari kita pelajaran berharga dalam hidup dan menjadi sosok panutan yang kita hormati. Guru-guru juga yang berjasa dalam membentuk calon-calon penerus agar siap membangun Indonesia di masa depan.

Oleh karena itu, saudara-saudaraku sekalian, dalam rangka Hari Guru Nasional ini kita sediakan waktu untuk mengapresiasi jasa Ibu dan Bapak Guru yang tiada tara.

Terakhir, saya ingin berterima kasih kepada semua guru karena telah menjadi panutan dalam hidup kami dan membantu kami tumbuh menjadi orang yang lebih baik. Selamat Hari Guru Nasional, terima kasih Guruku.

Sekian pidato yang saya sampaikan. Semoga kita semua senantiasa diberikan kesejahteraan dan kesuksesan sehingga mampu memberikan kebanggan bagi guru-guru kita tercinta.

Akhir kata,
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Contoh 2 Pidato Hari Guru Nasional 2022


Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Salam sejahtera bagi kita semuanya.

Puji syukur kita panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan limpahan rahmat dan karunia-Nya kepada kita semua, sehingga kita masih diberikan kesehatan dan kesempatan untuk dapat memperingati Hari Guru Nasional 25 November 2022.

Dunia pendidikan bergerak maju mengikuti arus perkembangan zaman. Di era yang lebih modern, peserta didik di Indonesia tidak hanya dituntut untuk menjadi pintar atau memiliki akhlak dan perilaku yang mulia, tetapi juga kemampuan kreatif serta berpikir kritis.

Tujuan-tujuan itu bisa diwujudkan dengan memberikan kemerdekaan belajar untuk semua anak. Merdeka yang sama seperti 77 tahun lalu, di mana Indonesia lepas dari pengaruh pihak manapun dalam menentukan masa depannya.

Kemerdekaan serupa juga seharusnya diberikan kepada para pelajar. Merdeka belajar memberikan kesempatan bagi para peserta didik untuk bebas mempelajari apa pun sesuai dengan minat, bakat, dan potensinya.

Ini akan menjadi tugas seluruh pihak yang terlibat dalam institusi pendidikan untuk mewujudkan, khususnya guru. Guru adalah bagian vital dari edukasi dan sosok yang menggerakkan roda pendidikan.

Mereka yang bertugas dalam membangun kepercayaan diri siswa-siswinya untuk bertanya, menjawab, berpikir kritis, dan menciptakan hal-hal baru. Guru juga diharapkan mampu memberikan peserta didik peluang tanpa batas untuk berinovasi sesuai dengan apa yang mereka cita-citakan.

Dengan demikian, tugas guru di Indonesia ke depannya akan lebih menantang. Ada banyak rintangan yang mungkin dihadapi oleh para guru dalam membentuk generasi yang cerdas, berakhlak, berwawasan Pancasila, serta unggul dalam bidangnya.

Sesuai dengan tema Hari Guru Nasional tahun ini "Serentak Berinovasi, Wujudkan Merdeka Belajar" mari kita dukung para guru untuk memberikan inovasi terbaik mereka untuk memajukan pendidikan di Indonesia.

Saya akan mengakhiri pidato ini dengan sebuah pepatah dari Jepang yang berbunyi "Satu hari bersama guru yang hebat, lebih baik dari seribu hari rajin belajar."

Sekian pidato Hari Guru Nasional yang saya sampaikan. Mudah-mudahan kita semua mampu menjadi bangsa bermoral, adil, makmur, dan sejahtera.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.


Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yonada Nancy
Editor: Yantina Debora

DarkLight