Menuju konten utama

Contoh LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah PPG 2023 & Cara Buat

Link download contoh LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah dan cara membuatnya agar lebih mudah dipahami.

Contoh LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah PPG 2023 & Cara Buat
Ilustrasi PPG. Foto/antara

tirto.id - Pembelajaran tentang pendalaman materi dalam PPG (Pendidikan Profesi Guru) Dalam Jabatan (Daljab) memiliki salah satu langkah yang dinamakan eksplorasi penyebab masalah. Jika diurutkan secara lengkap, pendalaman materi ini mempunyai langkah pelaksanaan yang terdiri dari identifikasi masalah, eksplorasi penyebab masalah, dan penentuan penyebab masalah. Apabila penyebab masalah telah ditentukan, maka pembelajaran beralih ke kegiatan pembelajaran selanjutnya.

Menurut laman Komnasdik Kabupaten/Kota Kediri, kurikulum PPG Daljab kategori 2 (K2) memiliki tiga kegiatan besar. Kegiatan pembelajaran tersebut meliputi pendalaman materi; pengembangan pembelajaran; dan praktik pengalaman lapangan (PPL). Ketiganya mempunyai pembahasan yang khas.

Kegiatan pendalaman materi akan membahas tentang analisis materi pembelajaran berbasis masalah, literasi, dan keterampilan berpikir tingkat tinggi (high order thinking skills). Selanjutnya, kegiatan pengembangan pembelajaran akan mendesain perangkat pembelajaran.

Terakhir, saat peserta PPG Daljab menjalankan PPL, mereka mempraktikkan desain perangkat pembelajaran yang sudah dirancang ke bentuk praktik pengajaran dan peer teaching, serta praktik langsung dengan peserta didik.

Apa Itu LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah Siklus 2?

LK (Lembar Kerja) 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah adalah salah satu langkah pembelajaran kegiatan pembelajaran di PPG Daljab berupa pendalaman materi. Pendalaman materi memiliki tiga langkah pembelajaran dalam praktiknya yakni identifikasi masalah, eksplorasi penyebab masalah, dan penentuan penyebab masalah.

Setiap peserta PPG Daljab perlu mengidentifikasi masalah terlebih dahulu sebelum bisa mengeksplorasi penyebab masalahnya. Setelah melakukan eksplorasi penyebab masalah, selanjutnya dilakukan analisis atas penyebab tersebut dari sudut pandang mahasiswa.

Jika peserta PPG Daljab telah menemukan masalah yang dihadapi siswa dalam proses kegiatan belajar, dirinya melanjutkannya dengan mengeksplorasi penyebab hadirnya masalah tersebut. Penyebab masalah dapat ditinjau dari berbagai metode mulai dari studi literasi hingga wawancara.

Cara Membuat LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah Siklus 2

Pembuatan LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah dilakukan secara tertulis. Ada tiga poin yang perlu dijelaskan dalam lembar kegiatan yakni masalah yang telah diidentifikasi; hasil eksplorasi penyebab masalah; dan analisis eksplorasi penyebab masalah. Ketiga merupakan kesatuan saat dilakukan untuk membahas sebuah masalah yang dihadapi.

Cara pembuatannya akan lebih mudah dipahami dengan memperhatikan alur pembahasan sebuah permasalahan berikut, pada setiap poin penjelasannya:

1. Masalah yang telah diidentifikasi

Salah satu contohnya adalah siswa memiliki motivasi rendah untuk belajar.

2. Hasil eksplorasi penyebab masalah

a. Kajian literatur

- Motivasi belajar siswa yang rendah sebagai imbas dari kurangnya disiplin belajar, sikap belajar yang tidak terlibat aktif dalam pembelajaran di kelas, kurangnya tingkat aktivitas siswa,

dan tingkat kepuasan belajar yang rendah. (Rike Kurnia Sari/2021)

- Naik-turunnya motivasi belajar siswa dipicu beberapa faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhinya adalah, cita-cita atau aspirasi siswa, keadaan jasmani dan rohani siswa, kondisi lingkungan siswa, unsur-unsur dinamis belajar, dan upaya guru membelajarkan siswa (Sudaryono, 2012).

b. Wawancara

1) Sumarno, S.Pd menjelaskan penyebab motivasi belajar rendah di antaranya,

a) Siswa terlalu lama belajar di rumah secara daring hingga lebih dari dua tahun akibat pandemi. Saat sekolah dilakukan secara luring, mereka masih malas belajar.

b) Guru terlalu monoton menyampaikan materi saat mengajar

c) Siswa kurang mendapat perhatian dari orang tua

d) Siswa belum mempunyai cita-cita yang hendak dicapai

2) Ristina Baluwarti, M.Pd menjelaskan penyebab motivasi belajar rendah yaitu,

Motivasi belajar rendah pada siswa disebabkan faktor-faktor seperti materi yang sulit dipelajari, cara pengajaran guru yang tidak disukai siswa, siswa tidak suka mata pelajaran tertentu, hingga keadaan

lingkungan keluarga yang kurang mendukung.

3) Farida Nuraini, S.Pd menjelaskan penyebab motivasi belajar rendah yaitu:

Penyebab rendahnya motivasi belajar siswa dapat diakibatkan karena siswa berasal dari keluarga brokenhome dan tidak ada yang mendampingi belajar di rumah.

3. Analisis eksplorasi penyebab masalah

Berdasarkan analisis yang dilakukan dari kajian literatur dan wawancara, faktor penyebab motivasi belajar yang rendah pada siswa karena:

a. Sikap disiplin yang rendah untuk belajar

b. Materi yang diajarkan sulit dipelajari

c. Siswa tidak suka dengan cara guru mengajar

d. Siswa kurang menyukai mata pelajaran tertentu

e. kondisi lingkungan keluarga yang kurang mendukung

Link pada kasus lainnya bisa ditemukan pada unduhan berikut;

Link download LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah 1

Link download LK 1.2 Eksplorasi Penyebab Masalah 2

Baca juga artikel terkait PPG 2023 atau tulisan lainnya dari Ilham Choirul Anwar

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Nur Hidayah Perwitasari