Contoh Alasan Pengajuan Koreksi Data pada KIP Kuliah 2023

Penulis: Syamsul Dwi Maarif, tirto.id - 16 Feb 2023 12:52 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Contoh alasan pengajuan koreksi data diperlukan ketika ada kesalahan data atau data belum terinput pada saat pendaftaran KIP Kuliah 2023.
tirto.id - KIP Kuliah 2023 telah membuka pendaftaran akun siswa melalui laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/ pada 14 Februari hingga 31 Oktober 2023 mendatang.

Contoh alasan pengajuan koreksi data diperlukan ketika ada kesalahan data atau data belum terinput pada saat pendaftaran KIP Kuliah 2023.

KIP Kuliah merupakan bantuan biaya pendidikan dari pemerintah kepada siswa lulusan SMA/sederajat dengan potensi akademik baik, namun tidak didukung kebutuhan ekonomi memadai.

Biaya pendidikan KIP Kuliah meliputi biaya pendidikan perguruan tinggi dan subsidi biaya hidup sebesar Rp700.000 per bulan yang disesuaikan di masing-masing wilayah.

Terdapat beberapa syarat siswa lulusan SMA/sederajat dapat diajukan sebagai peserta KIP Kuliah, salah satunya memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid. Berikut ini seluruh persyaratan peserta pendaftar KIP Kuliah 2023:
  • Penerima KIP Kuliah adalah siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang telah atau akan lulus pada tahun berjalan atau maksimal 2 tahun sebelumnya.
  • Peserta memiliki NISN, NPSN dan NIK yang valid.
  • Memiliki potensi akademik baik, namun memiliki keterbatasan ekonomi yang didukung bukti dokumen sah.
  • Siswa SMA/ SMK/ MA atau sederajat yang lulus pada tahun berjalan dengan potensi akademik baik dan mempunyai Kartu KIP atau Kartu Keluarga Sejahtera atau terdata di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kementerian Sosial (Kemensos).
  • Lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru, dan diterima di PTN atau PTS pada program studi (prodi) dengan Akreditasi A, B, atau C (khusus Akreditasi C dimungkinkan dengan pertimbangan tertentu pada prodi).


Contoh Alasan Pengajuan Koreksi Data KIP Kuliah 2023

Contoh alasan pengajuan koreksi data, “Ada data penghasilan Ayah dan Ibu yang tidak sesuai, kolom hutang dan piutang juga masih ada kesalahan. Jadi saya mengajukan perbaikan data ini untuk memperbaiki penghasilan Ayah, Ibu dan kolom lainnya.”

Pendaftaran KIP Kuliah Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) 2023 dibuka mulai hari ini, Kamis, 16 Februari 2023. Pendaftaran KIP Kuliah Jalur SNBP 2023 akan dibuka selama 12 hari hingga 27 Februari 2023 mendatang.

Peserta yang telah berhasil membuat akun Akun KIP Kuliah 2023 di laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/pendaftaran/baru, akan memperoleh Nomor Pendaftaran dan Kode Akses melalui email.

Peserta selanjutnya dapat login ke laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login menggunakan Nomor Pendaftaran dan Kode Akses.

Peserta yang berhasil login diwajibkan mengisi beberapa data, salah satunya Kolom Ekonomi yang meliputi Alasan Pengajuan Koreksi Data, Penghasilan Ayah, Penghasilan Ibu, Hutang, Cicilan Hutang, Piutang, Cicilan Piutang dan Tabungan Keluarga.

Karena ada kesalahan data atau data belum terinput maka peserta diminta memasukkan alasan pengajuan koreksi data.

Contoh alasan pengajuan koreksi data sebagai berikut:

“Ada data penghasilan Ayah dan Ibu yang tidak sesuai, kolom hutang dan piutang juga masih ada kesalahan. Jadi saya mengajukan perbaikan data ini untuk memperbaiki penghasilan Ayah, Ibu dan kolom lainnya.”


Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan menarik lainnya Syamsul Dwi Maarif
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Syamsul Dwi Maarif
Editor: Yulaika Ramadhani

DarkLight