Menuju konten utama

Cara Refund Tiket Kereta Api dan Pesawat via Online dan Aplikasi

Cara refund tiket kereta api dan pesawat via online dan aplikasi.

Cara Refund Tiket Kereta Api dan Pesawat via Online dan Aplikasi
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (kiri) melakukan salam siku dengan masinis kereta api Bima Jakarta–Surabaya saat peninjauan persiapan angkutan Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (16/12/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

tirto.id - Calon penumpang kereta api dan pesawat yang hendak membatalkan perjalanan bisa mengajukan refund atau permintaan pengembalian uang tiket. Kebijakan yang diberikan tiap maskapai atau apilkasi tempat pengembalian tiket berbeda-beda. Umumnya, calon penumpang tidak bisa mendapat uang pengembalian 100 persen.

Jika Anda merupakan salah satu calon penumpang yang hendak melakukan refund tiket pesawat atau tiket kereta api, lakukan langkah-langkah berikut ini.

Cara Refund Tiket Kereta Api

Pembatalan dan pengembalian pembayaran tiket kereta api dapat dilakukan menggunakan aplikasi KAI Access. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu "My Trip";
  2. Pada menu e-ticket klik "Pembatalan";
  3. Pilih nama penumpang yang ingin dibatalkan;
  4. Baca halaman Syarat dan Ketentuan, dan klik setuju;
  5. Masukkan akun bank untuk pengembalian dana (refund);
  6. Pada halaman konfirmasi periksa kembali apakah nama yang dibatalkan sudah sesuai;
  7. Klik Konfirmasi dan Lanjutkan.
Setelah berhasil, pengembalian dana akan diterima dalam 30 hingga 45 hari. Pengembalian bea hanya melalui transfer bank ke satu penumpang dalam kode booking tersebut. Pembatalan melalui aplikasi ini bisa dilakukan paling lambat tiga jam sebelum jadwal kereta api.

Cara Refund Tiket Pesawat

Pembatalan dan pengembalian pembayaran tiket pesawat dapat dilakukan dengan sejumlah cara, termasuk melalui aplikasi pemesanan tiket, call center, hingga email maskapai dari tiket yang dipesan. Berikut ini beberapa cara refund tiket pesawat melalaui:

1. Email dan Call Center Lion Air Group

Bagi penumpang yang tergabung dalam Maskapai Lion Air Group, yakni Lion Air, Wings Air, dan Batik Air dapat mengajukan refund menggunakan dua cara, yakni:

Pengajuan refund yang dilakukan dalam 72 jam sebelum jadwal keberangkatan, pengembalian dana akan dipotong sebesar 25 persen dari harga satu tiket.

Apabila pengajuan refund dilakukan antara 72 hingga 4 jam atau kurang sebelum jadwal keberangkatan, maka pengembalian dana akan dipotong sebesar 50 hingga 90 persen dari harga satu tiket.

2. Email dan Call Center Citilink

Bagi penumpang Citilink yang tidak membeli tiket dari aplikasi pemesanan atau agen perjalanan tertentu, dapat mengajukan refund melalui dua cara, yakni:

Pengajuan refund yang dilakukan dalam 72 jam sebelum jadwal keberangkatan, dana akan dikembalikan setidaknya 75 persen dari tarif dasar.

Apabila pengajuan refund dilakukan pada 72 hingga 48 jam dan 48 hingga 24 jam, dana akan dikembalikan setidaknya 50 dan 40 persen.

Apabila pengajuan dilakukan pada 24 hingga 12 jam atau 12 hingga 4 jam atau kurang, dana akan dikembalikan setidakanya 30 hingga 10 persen.

3. Ava AirAsia

Bagi penumpang AirAsia yang tidak dapat melakukan penerbangan akibat pandemi Covid-19, dapat mengajukan refund melalui AVA (AirAsia Virtual Allstar) yang tersedia di support.airasia.com atau airasia.com. Berikut cara pengajuannya:

  • Pilih menu COVID-19 di menu utama AVA
  • Pilih AirAsia Membatalkan Penerbangan Saya
  • Pilih salah satu opsi "Akun Kredit" atau "Pindah Penerbangan"
  • Lanjutkan tahapan berikutnya sesuai arahan AVA
Pengajuan refund akan diberikan dalam bentuk deposit sejumlah harga tiket yang di refund. Deposit ini dapat digunakan untuk pembelian tiket pesawat untuk penerbangan selanjutnya dalam kurun waktu 365 hari.

4. Tiket.com

Berikut ini cara mengajukan refund bagi pemesan yang membeli tiket di aplikasi Tiket.com:

  • Buka aplikasi Tiket.com
  • Di halaman utama klik My Order
  • Klik pada tab "Pesawat" untuk memilih pesanan yang ingin dibatalkan
  • Klik tiga titik di kanan atas dan pilih menu Refund
  • Klik Lanjutkan
  • Pilih alasan refund, klik Lanjutkan
  • Periksa kembali detail penerbangan selanjutnya. Pada Syarat dan Ketentuan klik menyetujui dan klik Lanjutkan.
Status refund dapat dipantau melalui menu Pesanan Saya atau Daftar Refund yang akan terbagi menjadi beberapa tahap yakni Diajukan, Diterima, Dalam Proses, atau Selesai. Proses pengembalian dana akan diproses hingga 90 hari kerja.

4. PegiPegi

Pengajuan refund tiket pesawat melalui aplikasi PegiPegi dapat dilakukan maksimal dalam rentang waktu tujuh hari sebelum pemberangkatan. Cara mengajukan pembatalan dan refund bagi pengguna aplikasi PegiPegi adalah:

  • Buka aplikasi PegiPegi
  • Dalam menu Pesanan pilih e-tiket yang akan dibatalkan
  • Pilih menu refund
  • Isi data yang diperlukan
  • Klik selesai
Pengajuan refund akan dikonfimasi melalui email dalam rentang waktu satu minggu, sementara untuk pengembalian dana akan dilakukan minimal 30 hari setelah pengajuan.

5. Traveloka

Pengajuan refund tiket pesawat di aplikasi Traveloka hanya bisa dilakukan selama masa validitas tiket, dan ini berbeda-beda tiap maskapai. Bagi pemesan tiket pesawat di Traveloka, dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk mendapatkan refund:

  • Buka aplikasi Traveloka
  • Dalam menu Pesanan buka e-tiket
  • Klik tombol refund lalu ajukan refund
  • Pilih item penerbangan yang ingin di refund dan juga alasan refund
  • Isi detail transfer dan unggah dokumen refund
  • Koreksi kembali data lalu klik Ajukan refund
  • Status refund dapat dipantau melalui aplikasi melalui menu e-tiket atau dengan memilih menu
  • Refund Saya di Akun Saya.

Baca juga artikel terkait CARA REFUND TIKET atau tulisan lainnya dari Yonada Nancy

tirto.id - Sosial budaya
Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dipna Videlia Putsanra