Program Kartu Prakerja 2021

Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia dan Bukalapak Terbaru

Oleh: Abdul Hadi - 26 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Bagaimana cara membeli pelatihan Prakerja di Tokopedia dan Bukalapak?
tirto.id - Peserta yang lolos program Kartu Prakerja wajib membeli dan mengikuti pelatihan prakerja. Program pelatihan prakerja dapat dibeli di platform digital, seperti Tokopedia dan Bukalapak. Lantas, bagaimana cara membeli program pelatihan Prakerja di dua situs e-commerce tersebut?

Apabila peserta prakerja telat membeli program pelatihan, saldo bantuannya akan hangus dan ia dinyatakan gugur dari kepesertaan program prakerja. Maka dari itu, segera beli program pelatihan prakerja jika Anda sudah dinyatakan lolos.

"Bila Sobat tidak membeli pelatihan pertama sampai pada batas akhir, maka kepesertaan Sobat dalam program Kartu Prakerja akan dicabut dan tidak bisa mendaftar di gelombang-gelombang berikutnya," tulis pengumuman dalam akun Instagram Kartu Prakerja.

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Program pelatihan prakerja diperuntukkan bagi penerima bantuan Kartu Prakerja. Sasarannya adalah para pencari kerja, pekerja yang kena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja yang membutuhkan peningkatan kompetensi, termasuk pelaku usaha mikro dan kecil.

Salah satu keuntungan dari program Kartu Prakerja ini adalah insentif bulanan sebesar Rp600 ribu selama 4 bulan berturut-turut, selain insentif pengisian survei evaluasi sebesar Rp50 ribu per survei.

Akan tetapi, insentif bulanan ini hanya bisa dicairkan apabila peserta mengikuti pelatihan yang ditawarkan. Apabila dalam 30 hari pertama peserta tidak membeli dan mengikuti pelatihan, saldo bantuan pelatihan akan hangus, serta dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Selepas membeli dan mengikuti pelatihan, peserta akan memperoleh sertifikat yang digunakan sebagai syarat memperoleh insentif Kartu Prakerja. Di antara platform digital yang menyediakan layanan pembelian program pelatihan prakerja adalah Tokopedia dan Bukalapak.


Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Tokopedia

Platform digital Tokopedia bekerja sama dengan pemerintah untuk program pengembangan kompetensi kerja dan kewirausahaan dalam program Kartu Prakerja. Pembelian program pelatihan daring ini dapat dilakukan melalui Tokopedia sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Tokopedia dan pastikan nomor ponsel sudah terverifikasi.
  • Ketik "Kartu Prakerja" di kolom pencarian.
  • Pilih kategori pelatihan dan pilih lembaga pelatihan yang diinginkan.
  • Klik "Lihat Detail" pada kelas yang diminati untuk cari tahu informasi terkait, termasuk cara menemukan kode voucher.
  • Klik beli, jangan lupa masukkan kode promo bila tersedia.
  • Pilih "Lihat Semua" pada metode pembayaran. Pilih "Kartu Prakerja" pada bagian "Program Pemerintah".
  • Masukkan 16 digit Nomor Kartu Prakerja dan lakukan verifikasi melalui SMS.
  • Setelah transaksi berhasil, cek kode voucher pada "Histori Transaksi Top Up & Tagihan" atau pada email yang terdaftar di Tokopedia.
  • Lakukan penukaran kode voucher dengan mengikuti langkah di halaman kelas/lembaga yang sudah dibeli vouchernya.
  • Kode voucher berhasil ditukar.
  • Kemudian, isi review dan rating untuk kelas sudah diikuti dengan klik "Tulis Ulasan" pada laman "Histori Transaksi Top Up & Tagihan" yang sudah dibeli.


Cara Membeli Pelatihan Prakerja di Bukalapak

Bukalapak bekerja sama dengan pemerintah untuk memberikan bantuan berupa voucher belajar atau voucher mengikuti pelatihan kerja melalui program Kartu Prakerja. Cara membeli pelatihan prakerja di Bukalapak adalah sebagai berikut, sebagaimana dilansir laman resminya.

  • Buka aplikasi Bukalapak. Pada halaman utamanya, pengguna dapat mengklik "Kartu Prakerja" atau pilih "Semua Menu", kemudian pilih "Kartu Prakerja".
  • Sistem akan mengarahkan pengguna ke halaman "Kartu Prakerja". Pengguna dapat melihat atau mengakses beberapa fitur seperti menuju halaman "Pendaftaran Prakerja", melihat "Tutorial Prakerja", dan memilih "voucher Belajar".
  • Pilih kelas belajar yang diinginkan.
  • Pengguna dapat melihat informasi lebih lanjut atas kelas belajar yang dipilih. Untuk melanjutkan membeli kelas, klik "Lanjut".
  • Masukkan nomor Kartu Prakerja yang sudah terdaftar di pemerintah.
  • Apabila informasi yang ditampilkan sudah sesuai, klik "Bayar dengan Kartu Prakerja" kemudian klik "Ya, lanjutkan pembayaran" untuk mengkonfirmasi pembayaran.
  • Masukkan kode OTP yang dikirimkan ke nomor terdaftar, kemudian klik "Verifikasi".
  • Jika sudah berhasil melakukan pembayaran, pengguna dapat melihat rincian pembelian pada halaman "Informasi Transaksi". Pengguna juga dapat melihat kode voucher, menyalin kode voucher, dan mengunjungi tautan lembaga pelatihan terkait.
  • Saat melakukan redeem pengguna juga harus memperhatikan lembaga yang sesuai. Jika pengguna membeli kelas pada lembaga yang dituju maka redeem harus dilakukan pada lembaga tersebut.
  • Saat melakukan redeem pada tautan lembaga pelatihan, pastikan menggunakan email yang tepat. Ketika pengguna sudah berhasil melakukan redeem, maka redeem tidak dapat diulang kembali.

Baca juga artikel terkait PRAKERJA atau tulisan menarik lainnya Abdul Hadi
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Abdul Hadi
Penulis: Abdul Hadi
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight