Jadwal Prakerja Gelombang 22

www.prakerja.go.id, Penjelasan Prakerja Gelombang 22 Kapan Buka?

Oleh: Nur Hidayah Perwitasari - 23 September 2021
Dibaca Normal 2 menit
Kemungkinan besar jika nantinya akan dibuka Prakerja Gelombang 22, maka pengumumannya akan resmi disampaikan setelah 19 Oktober 2021.
tirto.id - Program Kartu Gelombang 21 telah ditutup pada Minggu (19/9/2021) pukul 23.59 WIB. Head of Communication PMO Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu mengatakan, jika sesuai budget atau anggaran yang ada pada semester 2, maka Prakerja Gelombang 21 adalah gelombang terakhir untuk tahun ini.

"Gelombang 21 ini adalah gelombang terakhir sesuai dengan alokasi budget semester 2 sebesar Rp21,2 triliun," kata Louisa.

Meski begitu, Louisa mengatakan bahwa tak menutup kemungkinan nantinya akan dibuka Prakerja Gelombang 22 dengan memanfaatkan sisa anggaran dari kepesertaan yang dicabut lantaran tak membeli pelatihan hingga batas waktu yang sudah ditentukan.

"Kami terus memantau kepesertaan yang dicabut dari gelombang 18-21 karena tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah dinyatakan lolos sebagai peserta Prakerja," ujar Louisa.

"Nanti total kepesertaan yang dicabut akan dipulihkan dalam gelombang tambahan," tambahnya.

Lantas kapan kira-kira Prakerja Gelombang 22 atau gelombang tambahan ini akan dibuka? Louisa menegaskan bahwa meski akan ada kemungkinan gelombang tambahan dari program Prakerja, tetapi gelombang tersebut tidak akan dibuka dalam waktu dekat.

"Kapan gelombang tambahan itu dibuka akan ditentukan kemudian, yang pasti tidak dalam waktu dekat karena peserta gelombang 21 masih memiliki 30 hari dari hari ini untuk membeli pelatihan pertama," tegasnya.

Sehingga kemungkinan besar jika nantinya akan dibuka Prakerja Gelombang 22, maka pengumumannya akan resmi disampaikan setelah 19 Oktober 2021.

Meski belum ada kepastian kapan Prakerja Gelombang 22 akan dibuka, tetapi tak ada salahnya jika Anda mulai menyiapkan diri untuk membuat akun dan mengumpulkan persyaratan yang nantinya akan digunakan untuk mendaftar Prakerja Gelombang 22.

Syarat Daftar Prakerja Gelombang 22



Melansir laman resmi Prakerja, berikut syarat untuk mendaftar program Kartu Prakerja Gelombang 22.

1. WNI berusia 18 tahun ke atas.

2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal.

3. Sedang mencari kerja, pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.

4. Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi COVID-19.

5. Bukan Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, ASN, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa dan Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.

6. Maksimal 2 NIK dalam 1 KK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 22



1. Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah buka laman https://www.prakerja.go.id/

2. Masukkan email dan password Anda, lalu klik Daftar.

3. Anda akan menerima notifikasi via email.

4. Selanjutnya buka email Anda dan lakukan verifikasi yang telah dikirimkan via email.

5. Setelah berhasil daftar akun dan login ke akun Anda, Anda akan masuk ke dashboard akun. Namun, Anda hanya bisa melanjutkan pendaftaran dengan mengakses via browser HP. Jika Anda mengakses menggunakan komputer, segera masuk ke akun Anda melalui browser HP.

6. Pada bagian verifikasi KTP, isi NIK, nomor KK dan tanggal lahir Anda, lalu klik Lanjutkan.

7. Lengkapi data diri Anda. Pastikan data yang Anda masukkan sudah sesuai.

8. Pastikan juga nama lengkap dan nama ibu kandung yang Anda masukkan sudah sesuai. Jika data tidak sesuai, Anda dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, WhatsApp/SMS 08118005373, atau email callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

9. Saat mengunggah foto KTP, perhatikan ketentuan yang tercantum agar proses verifikasi e-KTP Anda berjalan lancar.

10. Pastikan Anda mengunggah foto yang diambil langsung dari kamera HP Anda.

11. Jika data yang Anda masukkan sudah sesuai, langkah berikutnya adalah verifikasi nomor handphone.

12. Klik Kirim.

13. Masukkan kode OTP yang telah dikirimkan via SMS ke No HP Anda. Klik Verifikasi. Selanjutnya, isi Pernyataan Pendaftar sesuai dengan kondisi Anda.

14. Isi sampai selesai, jika sudah selesai klik Oke.

15. Berikutnya, Anda wajib melakukan Tes Motivasi & Kemampuan Dasar.

16. Klik Mulai Tes Sekarang.

17. Setelah mengisi tes, hasil tes akan dievaluasi. Pendaftaran Anda sedikit lagi selesai dan Anda tinggal ikut seleksi Gelombang. Pilih Gelombang yang sesuai dengan domisili Anda, lalu klik Gabung.

18. Selanjutnya akan muncul konfirmasi pilihan Gelombang Anda. Bila sudah sesuai, klik Ya, Gabung.

19. Akan muncul Persetujuan Prakerja yang berisi beberapa pernyataan. Anda harus klik Saya Menyetujui untuk dapat lanjut ke tahap berikutnya.

20. Tahap pendaftaran Anda selesai! Anda hanya perlu menunggu pendaftaranmu dievaluasi.

21. Selanjutnya Anda akan menerima notifikasi kelolosan melalui SMS dan email setelah penutupan Gelombang. Jika Anda belum lolos, Anda bisa ikut Gelombang berikutnya yang dapat dipilih kembali di dashboard akun Anda.


Baca juga artikel terkait PRAKERJA GELOMBANG 22 atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Penyelia: Iswara N Raditya
DarkLight