tirto.id - Informasi mengenai cara daftar ulang UNPAD SNBT 2024, serta jadwal dan persyaratannya, perlu diketahui oleh calon mahasiswa yang mengikuti SNBT UNPAD 2024.
Peserta yang lolos SNBT UNPAD 2024 dapat melakukan proses daftar ulang mulai 14 Juni sampai 26 Juni 2024 pukul 17.00 WIB.
Proses daftar ulang SNBT UNPAD 2024 ini dilakukan secara daring pada laman berikut ini:
Link Daftar Ulang SNBT UNPAD 2024
Persyaratan Registrasi Ulang UNPAD bagi yang Lolos SNBT 2024
Untuk melakukan daftar ulang UNPAD bagi peserta yang lolos SNBT 2024, ada sejumlah persyaratan yang harus dipenuhi.
Beberapa persyaratan itu, di antaranya adalah sejumlah dokumen atau berkas-berkas yang harus diunggah pada saat proses daftar ulang secara daring.
Agar lebih jelas, berikut ini adalah sejumlah persyaratan registrasi ulang UNPAD SNBT 2024, sebagaimana dilansir dari laman SMUP UNPAD:
A. Mengunggah dokumen yang dipersyaratkan oleh UNPAD:
- KTP/Kartu Siswa (asli)
- Kartu Keluarga (asli)
- Akta Kelahiran (asli)
- Ijazah SMA/MA/SMK/setara (asli)
- Surat Keterangan Sehat dari Dokter
- Surat Keterangan Bebas Narkotika, Psikotropika dan Bahan Adiktif dari Kepolisian atau Dokter;
- Kartu BPJS atau Asuransi Kesehatan yang dimiliki
- Surat Keterangan Bebas Buta Warna, bagi calon mahasiswa
* Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
* Fakultas Pertanian
* Fakultas Kedokteran Gigi
* Fakultas Psikologi
* Fakultas Peternakan
* Fakultas Keperawatan
* Fakultas Teknologi Industri Pertanian
* Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan
* Fakultas Farmasi
* Fakultas Teknik Geologi
- File foto ukuran 4 x 6 cm berformat JPG maksimum berukuran 1 MB, dengan latar belakang warna putih dan menggunakan kemeja dengan blazer berwarna gelap
B. Bagi calon mahasiswa yang memiliki KIP-K harus mengunggah berbagai dokumen tambahan.
Dokumen-dokumen tersebut harus dipindai atau difoto dari dokumen asli dan harus berupa format digital (JPG atau PDF kecuali pasfoto wajib JPG) dengan ukuran file maksimal adalah 1MB.
Beberapa dokumen tambahan itu adalah:
- Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan Orang Tua (jika kedua orang tua bekerja, wajib unggah Slip Gaji/Surat Keterangan Penghasilan keduanya)
- Rekening Listrik Terbaru (3 bulan terakhir) atau Bukti Pembayaran Pajak Bumi Bangunan (PBB) Terbaru (3 tahun terakhir)
- Foto tempat tinggal tampak depan
- Foto Kendaraan yang dimiliki (opsional)
- Bagi calon mahasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K):
* Kartu Keluarga Sejahtera (KKS);
* Terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), dapat dicek melalui https://cekbansos.kemensos.go.id/ dengan melampirkan bukti tangkap layar (screen capture)
* Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) yang dikeluarkan oleh Kecamatan setempat dan masih berlaku (3 bulan)
* Surat Permohonan Asrama (format dapat diunduh)
* Formulir Verifikasi (format dapat diunduh)
* Surat Permohonan KIP-K (format dapat diunduh)
* Surat Pernyataan KIP-K (format dapat diunduh)
Tata Cara Daftar Ulang UNPAD SNBT 2024
Setelah memenuhi berbagai persyaratan untuk daftar ulang UNPAD bagi calon mahasiswa yang lolos SNBT 2024, ada sejumlah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk melakukan daftar ulang UNPAD SNBT 2024:
1. Melengkapi biodata dan unggah dokumen yang tersedia di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ mulai tanggal 14 sampai dengan 17 Juni 2024 pukul 17.00 WIB.
2. Bagi mahasiswa yang bersedia dan menyetujui besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) Golongan VIII dapat langsung melakukan pembayaran mulai tanggal 14 Juni sampai dengan 26 Juni 2024.
3. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi pada data dan dokumen yang diunggah calon mahasiswa (termasuk pendaftar KIP-Kuliah) mulai tanggal 19 sampai dengan 23 Juni 2024.
4. Calon mahasiswa pendaftar KIP-Kuliah dapat mengetahui jumlah tagihan UKT di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/ dan harus melakukan pembayaran melalui bank yang ditunjuk mulai tanggal 24 sampai dengan 26 Juni 2024.
5. Setelah pembayaran diterima, Universitas Padjadjaran akan menerbitkan Surat Tanda Bukti Resmi Menjadi Mahasiswa dan Kartu Tanda Mahasiswa (KTM) digital paling lambat tanggal 27 Juni 2024. Kedua dokumen tersebut dapat diperoleh di laman https://students.unpad.ac.id/peserta/.
6. Pengambilan KTM berbentuk fisik akan dijadwalkan kemudian.
7. Universitas Padjadjaran akan melakukan verifikasi terhadap dokumen yang diunggah oleh calon mahasiswa. Apabila diperlukan, Unpad akan menghubungi nomor handphone atau alamat email calon mahasiswa bersangkutan untuk memastikan keabsahan dokumen.
8. Calon mahasiswa non KIP-K harus membayar uang kuliah di salah satu bank yang ditunjuk oleh Universitas Padjadjaran. Bank-bank tersebut adalah:
- Bank BNI, melalui ATM, Teller, mobile banking atau Internet Banking
- Bank Mandiri, melalui ATM, Teller, mobile banking atau Internet Banking
- Bank BRI, melalui ATM, Teller, atau Agen BRILink
- Bank BJB, melalui ATM, Teller atau Internet Banking
- Bank Syariah Indonesia (BSI), melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking
- Bank BCA, melalui ATM, Teller, Internet Banking, atau Mobile Banking.
- Bank BTN, melalui ATM atau Teller
- Bank Bukopin Syariah, melalui ATM atau Teller
10. Bagi calon mahasiswa yang tidak melaksanakan registrasi sampai dengan batas waktu yang telah ditentukan, maka yang bersangkutan akan dinyatakan mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa Universitas Padjadjaran.
Penulis: Lucia Dianawuri
Editor: Dhita Koesno