Cara Cek Pengumuman SNMPTN 2020 yang Disiarkan 8 April Pukul 13.00

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 7 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Pengumuman SNMPTN 2020 akan disampaikan 8 April pukul 13.00 WIB.
tirto.id - Pengumuman SNMPTN 2020 akan disiarkan pada Rabu (8/4/2020) besok, menurut Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LMTPT). LTMPT menyampaikan, pengumuman SNMPTN 2020 awalnya dijadwalkan pada 4 April, tetapi ditunda ke 8 April 2020 lantaran berdasarkan beberapa pertimbangan.

Pertama, pengisian Data Nomor Pendaftaran KIP kuliah dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020. Kedua, Finalisasi dan Cetak Kartu Tanda Peserta SNMPTN bagi siswa yang baru sampai tahap memilih prodi dilaksanakan pada 2-31 Maret 2020.

Ketiga, pendaftaran SNMPTN bagi siswa eligible yang mengajukan KIP Kuliah dan belum pernah mendaftar diaksanakan pada 2-31 Maret 2020.

"Sehubungan dengan kegiatan di atas pengumumna SNMPTN yang semula dijadwalkan pada tanggal 4 April 2020 diundur pada tanggal 8 April 2020," tulis LTMPT.

Cara Cek Pengumuman SNMPTN 2020


Untuk mengecek hasil SNMPTN 2020, siswa yang mendaftar bisa melihat di laman pengumuman.snmptn.ac.id mulai pukul 13.00 WIB.

Siswa yang melihat hasil SNMPTN 2020 harus melakukan login dengan mengisi data pribadi. Kemudian, klik 'Lihat Hasil Seleksi' dan layar akan menunjukkan hasil pengumuman.

Setelah peserta dinyatakn lolos seleksi, jadwal pelaksanaan proses verifikasi dokumen peserta dan/atau pendaftaran ulang di PTN dapat dilihat di laman masing-masing PTN.

Siswa pendaftar yang diterima melalui jalur SNMPTN 2020 tidak diperbolehkan mendaftar SBMPTN 2020.

SNMPTN dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor dan portofolio akademik.

Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.

Sekolah yang siswanya mengikuti SNMPTN harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa di PDSS dengan lengkap dan benar.

Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.

Siswa yang akan mendaftar SNMPTN wajib membaca informasi pada laman PTN pilihan tentang ketentuan terkait dengan penerimaan mahasiswa baru di PTN tersebut.

Siswa pendaftar SNMPTN 2020 tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Agung DH
DarkLight