Beasiswa Rp5 Triliun Disiapkan untuk 90.000 Mahasiswa di Indonesia

Oleh: Yuliana Ratnasari - 18 Maret 2018
Kemenristekdikti punya program beasiswa Bidikmisi dengan total Rp5 triliun untuk puluhan ribu mahasiswa di Indonesia.
tirto.id - Pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi menyiapkan anggaran hampir Rp5 triliun untuk beasiswa bagi 90 ribu mahasiswa di seluruh Indonesia.

"Saya berharap santri mengambil peluang yang besar itu. Silakan berupaya masuk ke perguruan tinggi negeri yang ada di seluruh Indonesia," kata Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof Mohamad Nasir di hadapan santri Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Minggu (18/3/2018).

Untuk itu bila ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi di wilayah Jawa Timur, Nasir menyebutkan, Surabaya memiliki Universitas Airlangga, Universitas Negeri Surabaya dan politeknik yang juga membuka beasiswa.

Begitu juga di Malang ada Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang, katanya menambahkan. Sementara di Madiun dan Jember ada politeknik negeri dan Universitas Negeri Jember.

"Di Jawa Tengah ada Universitas Negeri 11 Maret Surakarta, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Negeri Semarang dan Universitas Jenderal Sudirman Purwokerto. Banyak perguruan tinggi negeri," tuturnya.

Nasir mengatakan perguruan tinggi negeri di bawah Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi berjumlah 122 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

"Harapan saya, santri bisa masuk perguruan tinggi negeri dengan baik. Syaratnya, harus belajar yang rajin dan jaga kesehatan," katanya.

Nasir menyosialisasikan Beasiswa Bidikmisi di Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif, Denanyar, Jombang, Jawa Timur.

Pada kesempatan itu, Nasir membagi-bagikan hadiah kepada santri yang berani dan bisa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dia ajukan. Nasir juga memberikan tiga laptop kepada santri berprestasi dan berasal keluarga tidak mampu.


Baca juga artikel terkait BEASISWA atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Pendidikan)

Sumber: antara
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari
DarkLight