tirto.id - Pendaftaran sekolah kedinasan 2023 akan dibuka pada 1-30 April mendatang. Lantas, apakah dalam proses mendaftarnya harus bayar? Apa itu arti Kode Billing saat membayar?
Sekolah kedinasan merupakan perguruan tinggi yang memiliki ikatan dengan lembaga pemerintahan. Siswa lulusan dari sana memiliki peluang besar menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lembaga terkait.
Sekolah kedinasan 2023 membuka kuota sebanyak 4.138 yang tersebar di tujuh instansi berbeda. Berikut rinciannya:
- Kemenhub (1.408 kebutuhan)
- Kemenkeu (1.100 kebutuhan)
- Kemenkumham (525 kebutuhan)
- BPS (500 kebutuhan)
- BIN (400 kebutuhan)
- BSSN (125 kebutuhan)
- BMKG (80 kebutuhan)
Apakah Daftar Sekolah Kedinasan 2023 Bayar & Apa Arti Kode Billing?
Secara umum, pendaftaran sekolah kedinasan 2023 tidak memiliki biaya pendaftaran. Namun, terdapat istilah Kode Billing yang masih belum dimengerti semua calon pendaftar.
Dilansir dari laman FAQ Dikdin, Kode Billing adalah kode pembayaran yang wajib dibayar. Kode tersebut akan didapatkan ketika peserta dinyatakan lulus administrasi dan peserta diwajibkan memperhatikan kembali syarat-syarat Sekolah Kedinasan terkait pembayaran Kode Billing.
Dengan kata lain, peserta hanya wajib membayar ketika sudah dipastikan lulus seleksi administrasi. Menurut PP No 63 tahun 2016, biaya pembayaran Kode Billing sebesar Rp50.000 untuk Penyelenggaraan seleksi dengan metode Computer Assisted Test (CAT) Badan Kepegawaian Negara.
Tata Cara Pembayaran Kode Billing
Berikut ini adalah tata cara pembayaran kode billing setelah pendaftar lulus seleksi administrasi:
- Kode billing dapat dibayar ke gerai ATM dengan memilih menu "Pembayaran/Transaksi Lainnya" sesuai dengan bank yang tersedia.
- Masukkan kartu ATM dan pilih Bahasa Indonesia.
- Masukkan PIN ATM.
- Pilih menu "Transaksi Lainnya".
- Pilih menu "Pembayaran".
- Pilih menu "MPN".
- Masukkan 15 digit kode pembayaran billing, kemudian pilih Benar.
- Selanjutnya akan muncul informasi jumlah pembayaran. Jika sudah benar kemudian tekan "YA".
Syarat Dokumen Sekolah Kedinasan 2023
Berikut beberapa syarat dokumen yang umum dalam pendaftaran sekolah kedinasan. Pendaftaran secara online pada umumnya membutuhkan dokumen dalam format JPG/JPEG atau PDF.
- Pas foto dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB.
- KTP dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB.
- Ijazah dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB.
- Transkrip nilai dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB.
- Rapor dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB.
- Bukti bayar dalam format JPG berukuran maksimal 200 KB.
- Surat pernyataan dalam format PDF berukuran maksimal 700 KB.
- Surat lamaran dalam format PDF berukuran maksimal 400 KB.
- Surat keterangan dalam format PDF berukuran maksimal 500 KB.
- Dokumen lainnya sesuai yang disyaratkan oleh masing-masing sekolah dalam format PDF berukuran maksimal 1 MB.
Cara Buat Akun Daftar Sekolah Kedinasan 2023
Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2023 diawali dengan membuat akun di laman Dikdin BKN. Berikut adalah tata cara pembuatan akun SSCASN DIKDIN:
- Klik "Daftar" pada laman https://dikdin.bkn.go.id;
- Masukan Nomor Induk Kependudukan (NIK), nomor KK, dan nomor NIK Kepala keluarga di kolom yang tersedia;
- Isikan nama lengkap, tanggal lahir, dan kabupaten/kota domisili sesuai KTP;
- Masukan kode captcha yang terlampir;
- Setelah data di atas dimasukan, kemudian klik "Lanjutkan";
- Lengkapi data-data yang terdapat pada form di atas dengan benar. Data yang perlu diisi terdiri dari:
- Alamat. Isi alamat sesuai dengan KTP.
- Tempat Lahir. Isi tempat lahir (Kabupaten/Kota), sesuai dengan ijazah.
- Tanggal Lahir. Isi tanggal lahir sesuai dengan ijazah.
- Jenis kelamin. Pilih jenis kelamin yang sesuai.
- E-mail. Masukan e-mail aktif dan valid.
- Password. Masukan password yang mudah diingat. Harap catat dan simpan password karena akan digunakan untuk login.
- Konfirmasi Password. Masukkan kembali password yang telah dimasukan.
- Pertanyaan Pengaman 1. Pilih pertanyaan pengaman pertama.
- Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 1 yang telah dipilih.
- Pertanyaan Pengaman 2. Pilih pertanyaan pengaman kedua.
- Jawaban Pengaman. Masukan jawaban pertanyaan pengaman 2 yang telah dipilih.
- Captcha. Masukan kode captcha yang tampil di layar.
- Unggah pas foto dengan latar belakang merah dalam format JPG minimal 120 kb dan maksimal 200 kb;
- Pastikan data diisi dengan benar dan lengkap, kemudian klik "Lanjutkan";
- Cek kembali data-data yang telah dimasukan. Dengan cara, klik "Kembali", kemudian jika sudah benar klik "Proses Pendaftaran Akun";
- Untuk mengunduh pemberitahuan bahwa pembuatan akun SSCASN Sekolah Kedinasan 2021 berhasil, klik "Cetak Informasi Pendaftaran";
- Klik "Lanjutkan Login Pendaftaran" untuk ke form berikutnya.
Penulis: Muhammad Iqbal Iskandar
Editor: Fadli Nasrudin