tirto.id - Karakteristik satuan pendidikan adalah ciri khas yang membedakan sekolah atau satuan pendidikan dengan sekolah atau satuan pendidikan lainnya. Analisis karakteristik satuan pendidikan perlu dilaksanakan supaya mendapatkan gambaran utuh kondisi dan kebutuhan satuan pendidikan serta seluruh warga.
Hasil dari analisis karakteristik satuan pendidikan akan menjadi landasan untuk merumuskan visi, misi, dan tujuan satuan pendidikan. Ada berbagai cara untuk melakukan analisis karakteristik satuan pendidikan. Mulai dari kuesioner, wawancara, FGD, observasi, dan rapor pendidikan.
Melalui analisis karakteristik satuan pendidikan, dapat diketahui gambaran karakteristik satuan pendidikan, termasuk peserta didik, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, dan sosial budaya. Analisis karakteristik satuan pendidikan untuk jenjang SMK mencakup program keahliannya.
Pengertian Karakteristik Satuan Pendidikan
Pengertian karakteristik satuan pendidikan perlu dipahami terlebih dahulu sebelum melaksanakan analisis. Berdasarkan laman Guruprajab.com, karakteristik satuan pendidikan adalah ciri-ciri atau sifat-sifat yang dimiliki oleh sebuah satuan pendidikan, seperti sekolah atau universitas.
Ciri-ciri ini meliputi aspek fisik dan nonfisik. Aspek fisik merupakan ciri-ciri yang berhubungan dengan aspek bangunan dan lingkungan di sekitar satuan pendidikan.
Beberapa karakteristik fisik yang dapat diidentifikasi antara lain ukuran gedung, fasilitas olahraga, fasilitas laboratorium, dan sebagainya. Sementara itu, karakteristik nonfisik merupakan ciri-ciri yang berhubungan dengan aspek nonbangunan, seperti kurikulum, metode pembelajaran, jumlah guru, dan sebagainya.
Beberapa karakteristik nonfisik yang dapat diperhatikan antara lain kualitas guru, jumlah murid, dan kurikulum. Prinsip analisis lingkungan belajar terdiri dari beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:
-Melibatkan perwakilan warga satuan pendidikan
-Menggunakan data yang diperoleh dari situasi nyata atau kondisi satuan pendidikan
-Mengalokasikan waktu yang cukup untuk pengumpulan, pengorganisasian, analisis dan dokumentasi data
-Memilah informasi yang relevan dan menyimpulkan untuk mengembangkan strategi atau solusi
Cara Melakukan Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan
Analisis karakteristik satuan pendidikan dapat ditempuh dengan lima cara. Berikut ini adalah cara menganalisis karakteristik satuan pendidikan:
1. Kuesioner
Cara analisis karakteristik satuan pendidikan dengan kuesioner dilakukan melalui pertanyaan yang disesuaikan tujuan dan sasaran yang dibutuhkan.
2. Wawancara
Wawancara merupakan cara analisis yang dilakukan untuk mendapatkan data secara langsung.
3. Diskusi Kelompok (FGD)
Diskusi kelompok dilakukan dengan mengundang perwakilan dari seluruh warga satuan pendidikan dan tokoh masyarakat.
4. Observasi
Analisis dengan observasi dilakukan melalui pengamatan dan pencatatan apa yang tampak dari objek penelitian, yakni dalam proses belajar mengajar. Untuk memperoleh hasil pengamatan yang dapat diandalkan (reliable), disarankan supaya lebih dari satu orang yang melakukan observasi di waktu yang sama.
5. Rapor Pendidikan
Rapor pendidikan terkait mutu dan hasil belajar, kompetensi dan kinerja pendidik dan tenaga kependidikan, serta mutu dan relevansi pembelajaran.
Contoh Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan
Contoh analisis karakteristik satuan pendidikan dapat dipelajari supaya mendapat gambaran terkait hasil analisisnya. Untuk mengetahui lebih lanjut contoh analisis karakteristik satuan pendidikan, Anda dapat mengunduh tautan di bawah ini:
CONTOH ANALISIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN (1)
CONTOH ANALISIS KARAKTERISTIK SATUAN PENDIDIKAN (2)
Mengapa Analisis Karakteristik Satuan Pendidikan itu Penting?
Analisis karakteristik satuan pendidikan penting untuk dilakukan. Mengapa demikian? Dengan memahami karakteristik satuan pendidikan, dapat diketahui penentuan strategi yang tepat untuk meningkatkan kualitas pendidikan di setiap satuan pendidikan.
Melalui pemahaman karakteristik pendidikan, dapat diketahui karakteristik satuan pendidikan yang dapat membantu untuk memilih satuan pendidikan yang tepat untuk anak-anak.
Penting untuk diperhatikan bahwa tidak hanya karakteristik fisik yang perlu diperhatikan. Lebih dari itu, perhatian terhadap karakteristik nonfisik, seperti kualitas guru dan kurikulum juga penting dilakukan.
Penulis: Nurul Azizah
Editor: Ahmad Yasin & Yulaika Ramadhani