Anak Muda Lebih Suka Serial Korea Ketimbang Sinetron

Oleh: Dinda Purnamasari - 17 Mei 2017
Dibaca Normal 1 menit
Serial televisi dari negara mana yang lebih digemari masyarakat Indonesia?
tirto.id - Serial televisi masih merupakan salah satu favorit penonton di Indonesia. Tidak sedikit orang yang rela menghabiskan waktunya hingga berjam-jam untuk menonton serial televisi ini. Episode demi episode tidak akan dilewatkan demi tontonan favoritnya itu.

Di Indonesia, para pengelola stasiun televisi sedemikian memanjakan pemirsa. Serial dari beragam negara tersedia melimpah di tayangan televisi lokal Indonesia. Mulai dari sinetron Indonesia hingga serial India, Korea bahkan Amerika, semuanya ada dan mudah diakses baik melalui televisi ataupun saluran streaming video, seperti youtube.

Dari semua jenis serial televisi, masyarakat ternyata lebih memilih serial dari luar negeri karena alur ceritanya menarik serta tidak bertele-tele. Ini merupakan hasil dari riset yang dilakukan Tirto. Riset dilakukan di Indonesia, dengan 529 responden, pada periode 17 Februari 2017 – 8 Maret 2017.

Infografik Riset mandiri serial pilihan masyarakat


Mayoritas responden adalah wanita dengan proporsi sebesar 66,92 persen. Sebanyak 56,14 persen responden berusia 21 hingga 26 tahun. Berdasarkan tempat tinggal, sebesar 88,09 persen responden berada di Pulau Jawa dengan proporsi terbanyak berada di Jakarta (23,63 persen).

Infografik Riset mandiri serial pilihan masyarakat


Dari survei diketahui, sebanyak 49,72 persen masyarakat Indonesia memilih untuk menonton serial Korea. Hanya 2,84 persen masyarakat yang lebih memilih menonton serial Indonesia. Sebanyak 80,61 persen masyarakat penyuka serial Korea menyatakan alur cerita yang menarik dan tidak bertele-tele merupakan alasan utama mereka menonton serial ini. Selain itu, 13,31 persen penyuka serial Korea menyatakan bahwa jumlah episode yang tidak banyak serta durasi per episodenya merupakan alasan mereka menonton serial Korea. Hal ini dapat menjadi faktor yang menyebabkan serial Korea menjadi booming di Indonesia karena berbeda dengan serial Indonesia yang cenderung panjang dan alur ceritanya bertele-tele. Tak hanya alur cerita dan jumlah episode, penampilan fisik dan kemampuan pemain serial Korea menjadi alasan lain yang disebutkan oleh masyarakat penyuka serial Korea (31,56 persen).

Infografik Riset mandiri serial pilihan masyarakat


Sebanyak 78,14 persen masyarakat menyatakan bahwa alur cerita yang menarik merupakan alasan mereka menonton serial Amerika dan Inggris. Alasan lainnya adalah genrenya yang lebih variatif. Ini berbeda dengan pilihan orang menonton drama Korea, pada alasan terbanyak kedua adalah pemain yang menarik.

Infografik Riset mandiri serial pilihan masyarakat

Baca juga artikel terkait SINETRON atau tulisan menarik lainnya Dinda Purnamasari
(tirto.id - Sosial Budaya)

Reporter: Dinda Purnamasari
Penulis: Dinda Purnamasari
Editor: Fahri Salam
Artikel Lanjutan
DarkLight