Alasan Jose Mourinho Jagokan Inggris di Piala Dunia 2018

Oleh: Agung DH - 14 Juni 2018
Dibaca Normal 1 menit
Jose Mourinho meyakini skuat muda Inggris bisa tampil baik di Piala Dunia 2018.
tirto.id - Pelatih Manchester United Jose Mourinho menjagokan Inggris di Piala Dunia 2018. Menurut dia, Inggris bisa bermain baik di Piala Dunia karena mereka memiliki skuat muda yang berpengalaman dalam turnamen bertekanan tinggi.

Inggris bergabung di Grup G bersama Belgia, Panama, dan Tunisia. The Three Lion bakal melakoni laga pertama penyisihan melawan Tunisia pada Selasa (20/6). Mourinho yakin dengan skuat yang ada, pelatih Gareth Southgate mampu lolos dari penyisihan.

"Mereka memiliki sekelompok pemain muda namun berpengalaman," kata Mourinho seperti dikutip Sky Sport.

Empat pemain Timnas Inggris merupakan punggawa MU yakni Phil Jones, Ashley Young, Jesse Lingard dan Marcus Rashford. Selain itu pemain-pemain lain telah berpengalaman dalam Liga Champions.

"Semua dari mereka bermain di kompetisi paling kompetitif di dunia, Liga Premier, semuanya bermain untuk tim terbaik dengan pengalaman bermain di Liga Champions, yang merupakan tingkat sepak bola yang tinggi," jelas Mou.

Pria asal Portugal ini meyakini, para pemain muda Inggris bisa tampil baik di Piala Dunia kendati tidak difavoritkan sebagai juara sebagaimana Jerman, Prancis, Spanyol dan Brasil.

"Mereka memiliki skuat yang bagus tetapi skuat yang bagus tidak selalu menjadi tim yang bagus," tambahnya.

Menurut Mourinho, kadang-kadang tim favorit tidak seperti dalam teori. Sebaliknya tim underdog justru mampu membuat kejutan.

Timnas Inggris sendiri berangkat ke Rusia dengan skuat yang didominasi pemain muda. Rerata usia tim mereka adalah 26 tahun. Dari keseluruhan kontestan gelaran di Rusia, hanya Nigeria yang memiliki usia rerata skuat lebih muda dari The Three Lions, yakni 25,9 tahun.

"Ini adalah era berbeda, kelompok pemain yang berbeda. Banyak dari mereka telah bermain di level lebih muda. Pada titik tersebut, tidak ada rivalitas klub yang intens, yang mungkin sudah ada sejak 10 atau 15 tahun lalu," ungkap Gareth Southgate menjelaskan salah satu alasannya memanggil para pemain muda.

Inggris terakhir kali juara Piala Dunia pada 1966. Sedangkan pada Piala Dunia 2014 Inggris gagal melangkah ke babak 16. Tapi belakangan Inggris tengah dalam performa terbaik, tak pernah kalah dalam 10 laga terakhir.



Baca juga artikel terkait PIALA DUNIA 2018 atau tulisan menarik lainnya Agung DH
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH