6 Manfaat Bunga Mawar: Cegah Depresi, Obati Kanker & Sakit Kepala

Oleh: Yonada Nancy - 14 Oktober 2019
Dibaca Normal 2 menit
Manfaat bunga mawar untuk kesehatan, bisa mencegah kanker, depresi, hingga obati sakit kepala.
tirto.id - Bicara soal bunga mawar tentu yang terlintas di benak kebanyakan orang adalah keindahan wujud dan aromanya.

Bunga mawar memiliki berbagai macam jenis dan warna yang seluruhnya mewakili pesan yang berbeda-beda. Warna yang paling populer tentu merah, lambang dari kecantikan dan cinta kasih.

Namun, di balik keindahannya, bunga mawar ternyata menyimpan banyak manfaat untuk kesehatan.

Dalam sebuah penelitian, bunga mawar mengandung banyak senyawa antioksidan yang disebut dengan flavonoid.

Dilansir dari News Medical, flavonoid merupakan senyawa yang menghasilkan pigmen pada tanaman. Jika dikonsumsi oleh manusia, flavonoid memiliki efek menguntungkan seperti anti-bakteri, penangkal radikal bebas, anti-inflamasi, dan anti alergi.

Tidak heran memang jika bunga mawar telah digunakan sebagai obat tradisional sejak ratusan tahun lamanya. Catatan sejarah menunjukkan, sejak abad ke-7 M, mawar telah dimanfaatkan sebagai obat tradisional dengan cara disuling menjadi minyak.

Minyak mawar dipercaya mampu menjadi penyembuh luka, meredakan batuk, dan baik untuk kesehatan kulit.

Saat ini bunga mawar tidak hanya diolah dalam bentuk minyak saja. Mawar saat ini telah dibuat dalam berbagai produk pakai yang memudahkan orang-orang mengonsumsi dan mengambil manfaatnya seperti teh, masker, air mawar, dan sebagainya.

Sebetulnya seberapa banyak manfaat yang dihasilkan oleh tanaman ini? Berikut ini beberapa manfaat bunga mawar untuk kesehatan.

1. Menangkal depresi

Flavonoid yang terkandung dalam mawar memang memiliki banyak manfaat. Mengutip dari laporan Psychology Today, para ahli menemukan bahwa flavonoid memiliki kemampuan untuk meningkatkan ingatan serta suasana hati.

Hal ini tentu berhubungan dengan sifatnya yang antioksidan. Para ahli mengatakan bahwa antioksidan membantu otak mendapatkan cukup oksigen sehingga mampu menjalankan fungsinya dengan baik.

Otak yang berfungsi dengan baik berkaitan dengan peningkatan memori, pengaturan suasana hati, hingga menangkal depresi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Seperti kebanyakan tanaman lainnya, bunga mawar juga dapat diolah sebagai teh. Di balik rasanya yang nikmat, teh mawar mengandung vitamin C yang tinggi.

Menurut Organic Fact, vitamin C merupakan salah satu vitamin yang berkontribusi dalam meningkatkan daya tahan tubuh. Vitamin C membantu tubuh untuk membangun sistem imun.


3. Merawat keremajaan kulit

Banyak ahli percaya bahwa mawar sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satu manfaat dari bunga ajaib ini adalah merawat keremajaan kulit.

Dilansir dari Healthline, salah satu produk kecantikan yang mengandung mawar seperti rose water (air mawar) dapat mengurangi kerutan di kulit dengan pemakaian rutin.

Ini tentu sebuah kabar baik mengingat air mawar sangat mudah ditemukan di pasaran dengan harga yang cukup terjangkau.

4. Mengurangi kemerahan pada kulit

Flavonoid yang terkandung dalam mawar memiliki manfaat sebagai anti-inflamasi atau penangkal peradangan. Kandungan inilah yang membuat mawar bisa mengurangi gejala iritasi dan kemerahan di kulit.

Selain itu, mawar juga mengandung sejumlah antibakteri yang bisa membantu mengatasi jerawat. Jenis produk yang biasa digunakan untuk perawatan ini adalah air mawar, masker mawar, dan minyak mawar.

5. Menangkal radikal bebas

Mawar merupakan salah satu tanaman yang mengandung antioksidan tinggi. Menurut Mayo Clinic antioksidan merupakan salah satu zat yang mampu memecah radikal bebas baik dari paparan langsung hingga radiasi.

Radikal bebas sendiri merupakan atom lepas yang mampu merusak tatanan sel di dalam tubuh sehingga menyebabkan gangguan pada pembaruan sel.

Sel yang rusak dapat mengalami pembelahan abnormal yang akhirnya mengarah pada penyakit kanker. Antioksidan mawar dapat diperoleh dengan mengonsumsi teh mawar secara teratur.

6. Mengurangi sakit kepala

Banyak orang setuju bahwa mawar memiliki wangi yang semerbak. Ini sejalan dengan banyaknya produk pewangi ruangan beraroma mawar laku keras di pasaran. Mawar seringkali digunakan sebagai aromaterapi karena aromanya dapat membuat rileks.

Dalam sebuah studi aroma mawar juga dapat mengurangi efek stres dan sakit kepala. Cara untuk mendapatkan manfaat ini adalah dengan mengompres kepala menggunakan handuk yang telah dibasuh air mawar selama 45 menit.


Baca juga artikel terkait MANFAAT BUNGA MAWAR atau tulisan menarik lainnya Yonada Nancy
(tirto.id - Kesehatan)

Kontributor: Yonada Nancy
Penulis: Yonada Nancy
Editor: Dewi Adhitya S. Koesno
DarkLight