Menuju konten utama

4.000 Aparat Gabungan Disiagakan Amankan Aksi FUI di KPU Besok

Aparat keamanan gabungan sebanyak 4.000 orang bakal disiagakan untuk mengamankan aksi Forum Umat Islam (FUI) di depan kantor KPU RI, Jumat (1/3/2019) besok.

4.000 Aparat Gabungan Disiagakan Amankan Aksi FUI di KPU Besok
Sejumlah masa aksi mengibarkan bendera bertuliskan kalimat tauhid saat long match mengelilingi Kampung Suronatan, Kota Yogyakarta, Rabu (24/10/2018). tirto.id/Irwan A. Syambudi

tirto.id - Aparat keamanan bersiap mengamankan aksi Forum Umat Islam (FUI) di depan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jumat (1/3/2019) besok.

Ribuan personel gabungan dari Polri, TNI, dan Pemprov DKI Jakarta disiagakan untuk mengamankan acara tersebut.

“Pihak kami mengerahkan empat ribu personel,” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Kamis (28/2/2019).

Ia melanjutkan, Polda Metro Jaya telah berkoordinasi dengan jajaran FUI soal titik kumpul, rencananya massa berkumpul di Bundaran Hotel Indonesia.

“Nanti titik kumpul dialihkan ke beberapa masjid di sekitar Bundaran Hotel Indonesia, ada juga di Masjid Cut Meutia Menteng dan sebagainya," ucap Argo.

Polri juga mengimbau massa dalam kegiatan aksi damai tidak menggunakan dan membawa atribut partai politik.

FUI akan menggelar aksi dalam bentuk apel siaga di depan kantor KPU dan jumlah massa diperkirakan mencapai 20 ribu.

Tujuan aksi itu menuntut KPU bersikap netral pada Pemilu 2019 dan menginginkan pemilu yang bersih, jujur, dan adil tanpa kecurangan.

Aksi akan dimulai setelah salat Jumat dan massa berencana longmarch ke arah kantor KPU.

Sebelumnya, Sekjen FUI Al Khattath menyatakan aksi tersebut digelar bukan untuk mendukung salah satu capres-cawapres tertentu, tetapi untuk mendukung KPU dalam rangkaian pemilu.

Baca juga artikel terkait PEMILU 2019 atau tulisan lainnya dari Adi Briantika

tirto.id - Politik
Reporter: Adi Briantika
Penulis: Adi Briantika
Editor: Zakki Amali