Menuju konten utama
PPG Dalam Jabatan 2023

30 Contoh Soal Ujian PPG 2023 Daljab Kemenag untuk Try Out

Contoh soal try out PPG Daljab Kemenag 2023 untuk Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) 

30 Contoh Soal Ujian PPG 2023 Daljab Kemenag untuk Try Out
Ilustrasi Ujian. FOTO/iStockphoto

tirto.id - Contoh soal try out PPG Daljab Kemenag 2023 dapat dipelajari bagi para peserta yang akan mengikuti Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) Madrasah dalam Jabatan (daljab) tahun 2023.

Hal itu sebagai persiapan dalam menghadapi Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) Madrasah dalam Jabatan (daljab) tahun 2023.

Dalam laman resmi Kemenag, jadwal dilaksanakannya Ujian Seleksi Kompetensi Akademik Pendidikan Profesi Guru (USKA-PPG) Madrasah dalam Jabatan (daljab), pada 26 Maret 2023.

Pengumuman jadwal seleksi akademik Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan 2022 telah dirilis Direktorat PPG Kemdikbud melalui website dan media sosial resminya Kemenag.

Berikut adalah contoh soal try out, sebagai persiapan dalam Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG Madrasah daljab 2023, dilansir dari laman Sipenmad-Kalteng.

Contoh Soal Try Out PPG Daljab Kemenag 2023

1. Adapun berbagai macam Penelitian Tindakan adalah, kecuali

a. Participatory Action Research

b. Critical Action Research

c. institutional Action Research (IAR)

d. Classroom Action Research

e. Script Research

2. Profil Guru Abad 21 memiliki karakteristik yang khas adalah, kecuali….

a. Orientasi pembelajaran yang inovatif

b. Mendidik Generasi millenial menjadi generasi Z

c. Pola pembelajaran berorientasi pada kebutuhan peserta didik

d. Selalu mengikuti perubahan zaman

e. Mengevaluasi peserta didik

3. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) merupakan proses spiral yang terdiri dari empat langkah kegiatan, yaitu

a. Perencanaan, tindakan, refleksi, evaluasi

b. Perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi

c. Perencanaan, penerapan, evaluasi, refleksi

d. Perencanaan, tindakan, penerapan, refleksi

e. Perencanaan, tindak lanjut, kontemplatif, dan konfirmasi

4. Guru berperan sebagai pengajar dan pengumpul data, baik melalui pengamatan langsung, maupun melalui telaah dokumen, bahkan juga melalui wawancara dengan siswa setelah pembelajaran selesai. Guru juga dapat meminta bantuan kolega guru lainnya untuk melakukan pengamatan selama guru melakukan tindakan perbaikan. Kegiatan di atas dalam PTK muncul pada tahap

a. Refleksi

b. pengamatan

c. perencanaan

d. berkolaborasi

e. eksplorasi

5. Pengembangan Keprofesian berkelanjutan menjadi penting untuk pengembangan Profesi bagi Guru Pembelajar (PPGP) adalah, kecuali

a. Kegiatan Perencanaan yang diawali dari hasil Evaluasi diri

b. Melaksanakan Proses Pembelajaran

c. Uji Kompetensi Guru (UKG)

d. Penilaian Kinerja Guru (PKG)

e. Meningkatkan 4 Kompetensi Guru Pedagogik (Profesional, Pedagogis, Sosial dan Kepribadian)

6. Penilaian Kinerja Guru merupakan syarat penting yang diatur oleh Pemerintah yang diatur oleh Pemerintah pada No. 16 Tahun 2009 adalah, kecuali

a. Penilaian dari setiap butir kegiatan dari tugas utama Guru

b. Kepangkatan dan Jabatannya

c. Standar Kompetensi Akademik

d. Penguasaan Kompetensi dan Penerapan Pengetahuan serta Keterampilan Guru

e. Melaksanakan Tugas Tambahan

7. Tantangan Guru Profesional pada abad 21 memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali

a. Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang

b. Memiliki kepribadian yang matang dan berkembang

c. Sikap profesionalnya berkembang secara berkesinambungan

d. Menjalankan evaluasi pembelajaran

e. Mahir dan berketerampilan dalam Pedagogi (Pengajaran dan Pembelajaran)

8. Tujuan dan Manfaat Pengembangan Keprofesian berkelanjutan (PPGP) adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan Pendidikan di sekolah, kecuali

a. Meningkatan dan memenuhi Standar Kompetensi Guru sesuai standar yang ditetapkan oleh Undang-Undang dalam menghadapi perubahan Internal dan Eksternal

b. Meningkatkan Komitmen dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya dalam menjamin dan melayani peserta didik, orang tua dan masyarakat

c. Meningkatkan citra, harkat, martabat Profesi Guru di masyarakat dan pemerintah dalam rangka memberikan jaminan kepada masyarakat tentang layanan pendidikan yang berkualitas dan profesional

d. Memberikan manfaat bagi Sekolah/Madrasah dalam layanan pendidikan yang berkualitas kepada Peserta Didik

e. Bermanfaat untuk kementerian pendidikan dan agama

9. Syarat dan Urgensi Profesi Keguruan adalah kecuali….

a. Panggilan hidup yang sepenuh waktu untuk bertanggung jawab dan pengabdian

b. Kebakuan yang universal dan otonomi

c. Pengetahuan dan kecakapan keahlian

d. Kode Etik berperilaku pamong

e. Memiliki Bakat, Minat dan Idealisme

10. Kreativitas dan Inovasi (creativity and innovation) merupakan kunci pertumbuhan bagi negara berkembang sesuai dengan tujuan Kurikulum 2013, pernyataan ini merupakan

a. Karakteristik Guru Abad 21

b. Prinsip Guru Profesional

c. Orientasi Guru Profesional

d. Unsur Guru Profesional

e. Landasan Guru Profesional

Ilustrasi PPG

Ilustrasi PPG. foto/https://ppg.kemdikbud.go.id/

11. Piagam Madinah terdiri dari 47 butir yang memiliki beberapa asa yang dianut menurut penomoran Schacht, yaitu:

a. Asas kebebasan beragama, asas persamaan, asas kebersamaan, asas keadilan, asas perdamaian yang berkeadilan dan asas musyawarah

b. Asas demokrasi, asas berkeadian sosial dan asas prikemanusiaan

c. Asas musyawarah dan mufakat, asas persatuan dan asas keimanan

d. Asas perdamaian, mufakat dan asas demokrasi

e. Asas Bhineka Tunggal Ika, Asas adil dan merata dan asas berkedaulatan

12. Tugas Utama pendidik profesional dalam UU No. 14 Tahun 2005 adalah, kecuali

a. Mengajar dan Membimbing

b. Memiliki keahlian untuk melakukan kegiatan

c. Mengarahkan

d. Melatih Keterampilan

e. Menilai dan Mengevaluasi

13. Dalam Peta sosiologis penduduk Madinah ketika Rasulullah baru pindah ada tiga suku utama orang-orang Yahudi yaitu:

a. Banu Muhajirin, Anshar dan Aus

b. Banu Aus, Banu Nadhir dan Bani Khazraj

c. Banu Qainuqa, Bani Nadhir dan Bani Quraizah

d. Banu Muhajirin, Anshar dan Khazraj

e. Bani Aus, Bani Khazraj dan Bani Quraizah

14. Etos kerja yang unggul (Excellent) yang ditunjukkan dalam lima bentuk kerja adalah, kecuali

a. Ragam Profesi yang menyenangkan

b. Meningkatkan dan Memelihara Citra Profesi

c. Memanfaatkan setiap kesempatan dan mengejar kualitas dan cita-cita profesi

d. Keinginan Untuk Selalu menampilkan perilaku yang ideal

e. Memiliki Kebanggan terhadap Profesinya

15. Peta sosiologis masyarakat Madinah dapat dibuat garis besarnya sebagai berikut, kecuali:

a. Orang-orang Muhajirin kaum muslimin yang hijrah dari Makkah ke Madinah

b. Orang-orang Nasrani

c. Kaum Anshar: pribumi Madinah

d. Orang-orang yahudi

e. Paganisme (Penyembah Berhala)

16. Teori belajar Behavioristik lahir pada abad ke 19 dan berkembang sangat cepat sehingga pada abad ke 20 mendominasi dalam dunia pendidikan. Menurut teori ini belajar adalah pembentukan tingkah laku sebagai akibat dari adanya pengalaman dan latihan. Belajar adalah hasil dorongan eksternal yang menimbulkan perubahan perilaku pada peserta didik. Oleh karena itu, teori ini disebut juga dengan teori, kecuali

a. Association Theory

b. Connection-nism Theory

c. Stimulation Response Theory

d. Trial and Error Theory

e. Behaviourism Theory

17. Kondisi Sosial-Kultural masyarakat Madinah pra-hijrah banyak yang hidup dari hasil

a. petani

b. perkebunan

c. perikanan

d. industri

e. perdagangan

18. Guru yang menjadi teladan yang baik berkontribusi positif pada pengembangan iklim belajar peserta didik. Betapa besar dan strategis pengaruh tingkah laku guru terhadap tingkah laku peserta didik. Karena itu guru tidak hanya mentransfer, sebagai fasilitator materi, tetapi juga guru mestinya sebagai teladan untuk modal pengembangan akhlak, moral dan kepribadian peserta didik. Pernyataan tersebut diatas adalah termasuk teori belajar behavioristik kognitif yang dikemukakan oleh

a. Edward Lee Thorndike

b. John Broades Wolson

c. Albert Bandura

d. Burrhus Frederic Skinner

e. Jean Piaget

19. Beberapa materi Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) yang disampaikan guru kepada peserta didik memang materinya sangat sulit untuk dipahami, karena materi SKI tersebut terlalu padat, luas dan bersifat kronologis. Oleh karena itu, guru tidak bisa memaksa materi tersebut kepada peserta didik untuk menguasi sepenuhnya dapat dipahami. Padahal belajar yang diharapkan adalah terkait dengan kehidupan yang dialami oleh peserta didik. Pernyataan ini sesungguhnya sangat cocok dengan teori belajar yang dikemukakan para ahli humanistik, yaitu

a. Abraham Maslow

b. Arthur Combs

c. Car R. Rogers

d. Van Glasersfeld

e. Lev Vygosts

20. Seorang peserta didik yang siap melakukan suatu tugas dalam pembelajaran besar kemungkinan akan berhasil memperoleh pengalaman belajar dari keberhasilan tersebut, jika dibandingkan dengan seorang peserta didik lain yang belum siap untuk melaksanakan tugas pembelajaran. implikasi hukum belajar tersebut di atas dikemukakan oleh...

a. Behavioristik Model Jean Piaget

b. Behavioristik Model Jerome Brunner

c. Behavioristik Model David Ausubel

d. Behavioristik Model Edward Lee Thorndike

e. Berdasarkan Model Theory Gagne

21. Dalam pembelajaran SKI sering terjadi dan ditemui guru menyampaikan materi dalam bentuk kronologis atau cerita sejarah yang sistematis. Oleh karena itu, peserta didik harus aktif melakukan kegiatan berfikir, menyusun konsep dan memberikan makna tentang hal-hal yang sedang dipelajari. Kegiatan pembelajaran yang demikian adalah proses belajar menurut teori

a. Konstruktivistik

b. Teori Belajar Sosial

c. Kognitivistik

d. Behavioristik

e. Humanistik

22. Yang membedakan hal yang paling prinsip dalam penilaian K. 13 dengan pengembangan kurikulum yang lain adalah

a. Adanya penilaian hasil dalam bentuk test

b. Adanya penilaian hasil dan proses

c. Adanya penilaian autentik

d. Adanya penilaian proses berupa penilaian diri, penilaian teman sejawat, penilaian observasi dan penilaian portofolio

e. Adanya penilaian hasil berupa tes lisan, tulisan dan performance serta penilaian keterampilan

23. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dikusi kelompok. Guru perlu membuat lembar observasi daftar cek (checklist) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelompoknya. Jenis penilaian yang dapat dipilih oleh guru untuk kebutuhan tersebut adalah

a. penilaian proyek

b. penilaian kinerja

c. penilaian portofolio

d. penilaian diri

e. jawaban semua benar

24. Peserta didik dalam mengikuti pembelajaran SKI harus diberikan kebebasan sehingga menghasilkan pengetahuan dan membentuk makna berdasarkan pengalaman mereka. Berdasarkan deskripsi tersebut maka teori yang harus digunakan guru dalam mengajar SKI adalah....

a. Humanistik

b. Behavioristik

c. Konstruktivistik

d. Kognitivisme

e. Fenomenologi Humanistik

25. Guru SKI dalam mengajarkan materi tentang jalur masuknya Islam di Indonesia dengan menggunakan data dan fakta-fakta sejarah yang terjadi. Langkah yang digunakan Guru SKI apabila menggunakan pelaksanaan pembelajaran Discovery Learning adalah

a. Menyiapkan pertanyaan - mendesain masalah - menyusun jadwal - menguji hasil

b. Menjelaskan tujuan - mengorganisasikan pembelajaran - membimbing pembelajaran kelompok - menyajikan hasil belajar

c. Mengamati + mengidentifikasi masalah - mengumpulkan data - mengolah data - memverifikasi dan menyimpulkan

d. Mengamati, menanyakan, mengeksplorasi, memverifikasi dan menyimpulkan

e. Mengamati, menanya, mengelaborasi, mengkonversi, menyimpulkan dan mengkomunikasikan

26. Hampir setiap 10 tahun di Indonesia ini terjadi pergantian pengembangan kurikulum. Kalau diurutkan dari kurikulum 1968 sampai dengan sekarang, sudah terjadi 10 x pergantian kurikulum, termasuk K. 13. Agar tidak salah memahami konsep K.13, maka di bawah ini adalah konsep pengembangan pembelajaran dalam kurikulum K.13 kecuali...

a. Memiliki kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan

b. Menyelesaikan kompetensi pada tingkat satuan pendidikan

c. Langkah pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik

d. Prinsip penggunaan modelnya menggunakan problem base learning

e. Agar pembelajaran yang terjadi terkait dengan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari peserta didik

27. Dalam proses pembelajaran ada beberapa istilah yang sering digunakan untuk menggambarkan situasi kegiatan belajar mengajar. Supaya tidak terjadi overlap dari istilah seperti model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran. Maka di bawah ini adalah konsep tentang model pembelajaran yang benar adalah

a. Pola - pola interaksi yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran untuk mencapai tujuan

b. Konsep dasar yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari pemikiran dalam pembelajaran

c. Cara - cara bagaimana menyampaikan materi dalam pembelajaran sehingga materi dapat dipahami peserta didik

d. Gambaran dalam pembelajaran yang digunakan guru dari awal sampai dengan akhir pembelajaran

e. Pengaturan - pengaturan dalam proses belajar dari awal sampai dengan akhir sehingga pembelajaran dapat mencapai tujuan

28. Kalau dilihat dari sifat materi SKI yaitu bersifat fakta dan data, maka yang paling cocok model pembelajaran yang digunakan adalah

a. Pembelajaran berbasis masalah (problem base learning)

b. Pembelajaran berbasis proyek (project base learning)

c. Discovery Learning

d. Inquiri Learning

e. Cooperative Learning

29. Mengetahui tingkat penguasaan kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang sudah dan belum dikuasai peserta didik agar dapat ditingkatkan dalam pembelajaran remidial dan program pengayaan . Hal ini merupakan

a. prinsip penilaian

b. bentuk penilaian

c. tujuan penilaian

d. fungsi penilaian

e. jawaban semua benar

30. Dalam konsep Merdeka Belajar, antara guru dan peserta didik merupakan subjek dalam sistem pembelajaran. Dengan demikian pendekatan antara prinsip belajar kurikulum / Merdeka Belajar dengan K.13 adalah

a. Penguasaan kompetensi belajar

b. Belajar tuntas

c. Kolaborasi belajar

d. Kontekstual dalam belajar

e. Kontraindikasi dalam belajar

Baca juga artikel terkait EDUKASI DAN AGAMA atau tulisan lainnya dari Sulthoni

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Sulthoni
Penulis: Sulthoni
Editor: Yulaika Ramadhani