Menuju konten utama

25.398 Peserta KIP Kuliah Lolos SNMPTN 2020

Jumlah siswa peserta KIP Kuliah yang mendaftar SNMPTN sebanyak 95.346 siswa.

25.398 Peserta KIP Kuliah Lolos SNMPTN 2020
Ilustrasi SNMPTN. FOTO/Istockphoto

tirto.id - Sebanyak 25.398 siswa peserta Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah dinyatakan lolos Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN).

"Persentase siswa peserta KIP Kuliah yang diterima 26,32 persen dari jumlah siswa yang dinyatakan lulus seleksi, yakni 96.496 siswa," ujar Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, dalam konferensi pers daring di Jakarta, Rabu (8/4/2020).

Daya tampung total jalur SNMPTN 2020 mencapai 101.772 kursi. Sementara jumlah siswa peserta KIP Kuliah yang mendaftar SNMPTN sebanyak 95.346 siswa.

"Ini menunjukkan bahwa siswa peserta KIP Kuliah juga memiliki prestasi yang baik," tambah dia.

Nasih menambahkan siswa pendaftar KIP-Kuliah yang tidak lulus SNMPTN 2020, apabila ingin mengikuti UTBK tidak dikenakan biaya pendaftaran.

Dalam kesempatan yang sama, Pelaksana tugas Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar mengatakan banyaknya persentase peserta KIP Kuliah lolos SNMPTN menunjukkan tingginya semangat siswa untuk menempuh pendidikan tinggi.

"Ini membuktikan semangat yang tinggi dari siswa kita untuk bisa kuliah. Untuk itu, kiranya bapak ibu rektor dengan lapang dada menerima mahasiswa calon mahasiswa KIP Kuliah ini," kata Kahar.

Kahar menambahkan pemerintah menyediakan kuota KIP Kuliah sebanyak 400.000 beasiswa. Dengan kuota sebanyak itu, Kahar berharap siswa untuk memanfaatkan beasiswa tersebut.

Dengan adanya pandemi COVID-19, Kahar memperkirakan akan semakin banyak keluarga yang rentan miskin, sehingga membutuhkan bantuan beasiswa bagi anaknya.

"Kuota KIP Kuliah itu tidak hanya di PTN, tapi juga Perguruan Tinggi Swasta (PTS). Untuk PTN bisa melalui SNMPTN, SBMPTN dan mandiri," lanjut Kahar.

KIP Kuliah juga bisa diajukan oleh mahasiswa maksimal semester tiga. Dengan banyaknya PHK yang terjadi akibat pandemi COVID-19, lanjut Kahar, akan berdampak pada keberlanjutan studi mahasiswa.

"Kami berharap KIP Kuliah ini tidak menyurutkan semangat mereka untuk tetap kuliah. Bagaimana pun, pendidikan tinggi merupakan salah satu solusi untuk memutus mata rantai kemiskinan," ujar Kahar.

Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020

tirto.id - Pendidikan
Sumber: Antara
Penulis: Gilang Ramadhan
Editor: Gilang Ramadhan