Yuk, Main Game Sambil Belajar Tentang COVID-19

Oleh: Ibnu Azis - 24 Oktober 2020
Dibaca Normal 2 menit
Bagi anak-anak, main game tak sekadar hiburan, tapi bisa jadi sebagai sarana edukasi tentang COVID-19.
tirto.id - Terjadi peningkatan signifikan durasi main game selama masa pandemi seturut riset Statista. Orang-orang bisa jadi lebih banyak menghabiskan waktunya untuk bermain game ketika di rumah saja.

Bagi anak-anak, main game tak sekadar hiburan, tapi bisa jadi sebagai sarana edukasi. Terkait pandemi, belajar tentang COVID-19 pun tetap bisa dilakukan sambil bermain game, asalkan memainkan permainan yang tepat.


Terkait itu, pemilihan game adalah kuncinya. Orangtua diimbau untuk membantu buah hatinya memilih game yang tak sekadar menawarkan unsur hiburan. Ada edukasi dan sosialisasi di sana, khususnya soal COVID-19.

Berikut ini ialah daftar 10 game lokal yang disarankan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yang bertema penanggulangan COVID-19.


1. CHIPS: Corona Invasion

Game karya CIAYO Games ini adalah permainan shooter yang menempatkan pemain sebagai CHIPS, karakter ikonik dari CIAYO Games.

Dalam game ini, pemain harus menembaki virus-virus yang ada di sepanjang jalan. Terdapat power up untuk meningkatkan kekuatan CHIPS.

2. Jakarta 2020

Masih dari pengembang CIAYO Games, Jakarta 2020 adalah permainan yang menguji pengambilan keputusan pemain.

Di game ini, pemain akan dihadapkan dengan berbagai situasi yang ada di kehidupan sehari-hari, dan keputusan yang diambil pemain bakal memengaruhi ending yang akan didapatkan.

Semua situasi yang dihadapkan ke pemain adalah situasi yang jamak ditemui sehari-hari di masa pandemi COVID-19, sehingga bisa memberikan edukasi kepada pemain.

3. Marbel Kebiasaan Baru

Diciptakan oleh Educa Studio, Marbel adalah game yang berisi permainan terkait COVID-19.

Ditargetkan untuk anak-anak, Marbel Kebiasaan Baru memberikan tiga konten edukasi dalam tiga mini game yang ditawarkan.

Pertama yaitu menggunakan masker dengan benar dalam Jahit Masker. Berikutnya ada cuci tangan yang benar sesuai dengan imbauan dari WHO dengan enam langkah.

Terakhir ada New Normal yang menghadapkan anak pada situasi-situasi adaptasi kebiasaan baru seperti jaga jarak di tempat umum.


4. Anti Spread

Game karya GINVO Studio ini adalah permainan hyper casual yang sekaligus memberikan edukasi pentingnya jaga jarak untuk menekan penyebaran COVID-19.

Anti Spread mengharuskan pemain menggeser karakter yang ada di layar agar tidak saling berdekatan dan tertular virus.

Terdapat power up yang bisa digunakan untuk memperkuat imunitas pemain atau menyembuhkan pemain yang sudah terinfeksi virus.

5. Warteg Gelora: Anti Covid

Megaxus Infotech melalui game Warteg Gelora: Anti Covid mengajak pemainnya untuk belajar menyosialisasi protokol kesehatan melalui warung sederhana.

Warung ini memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan dalam pencegahan COVID-19 mulai dari cek suhu tubuh, jaga jarak saat antri dan makan, cuci tangan, serta membersihkan meja dengan disinfektan setelah digunakan.

6. Aku Sehat SIM

Aku Sehat SIM adalah permainan simulasi mirip tamagotchi yang mengharuskan pemainnya untuk merawat seorang anak.

Selama merawat, pemain tetap harus memperhatikan kesehatan, kebersihan, serta kerapiannya dengan memperhatikan indikator-indikator yang ada.

Di game ciptaan SLAB Games ini terdapat beberapa mini game yang memberikan edukasi seperti trivia tentang pandemi COVID-19 dan langkah-langkah tepat melakukan cuci tangan.


7. Dawn of the Civilization: Solve Corona

Game karya Yayasan Teknologi untuk Indonesia ini adalah update terbaru dari Dawn of the Civilization, sebuah game city building yang menempatkan pemain untuk membangun kotanya sendiri.

Dalam update terbaru ini, game ini menyediakan berbagai konten untuk edukasi pencegahan dan penanggulangan COVID-19 seperti cuci tangan dan jaga jarak.

Terdapat pula minigame-minigame yang memberikan informasi lebih lanjut tentang pandemi ini.

8. Menjalani Kehidupan di 2020

Menjalani Kehidupan di 2020 adalah sebuah Visual Novel minim dialog. Game ciptaan Wisageni Studio ini mengisahkan kehidupan seorang pemuda yang mengalami PHK dan harus bertahan hidup di tengah pandemi.

Pilihan-pilihan yang diambil oleh pemain akan menentukan ending yang akan didapat. Selain dirilis untuk platform Android, game ini juga bisa dimainkan langsung di web browser.

9. AKB Busway

AKB (Adaptasi Kebiasaan Baru) Busway adalah sebuah permainan simulasi yang menempatkan pemain sebagai penjaga pintu halte busway.

Pemain dalam game ciptaan Anoman Studio ini diharuskan untuk mengecek setiap penumpang yang akan masuk, apakah suhunya aman, sudah bersih dan higienis, serta sudah mengenakan masker.

Bila sudah sesuai, pemain harus menempatkan mereka di tempat-tempat duduk yang menerapkan protokol jaga jarak di dalam busway.

10. Si Juki Warteg Gaya Baru

Dalam game ini, pemain diharuskan untuk memasak dan membagikan makanan kepada yang membutuhkan.

Konten-konten kesehatan dalam game ciptaan Arsanesia ini disajikan dalam bentuk komik menggunakan kekuatan IP dari Si Juki.

Diharapkan pesan-pesan sederhana yang disampaikan bisa lebih mengena kepada masyarakat untuk turut membantu mencegah dan menanggulangi pandemi COVID-19.


------------------------

Artikel ini terbit atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Ibnu Azis
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Ibnu Azis
Editor: Agung DH
DarkLight