Update SNMPTN 20 Februari: Siswa yang Daftar Capai 227 Ribu

Oleh: Yantina Debora - 20 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Data LTMPT terkait SNMPTN menunjukkan jumlah pendaftar capai 227.248 orang pada 20 Februari 2020.
tirto.id - Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan jumlh siswa yang mendaftar Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) capai 227.248 pada Kamis (20/2/2020).

Dikutip dari data LTMPT, siswa yang boleh mendaftar SNMPTN mencapai 581.062. Siswa yang sudah login tetapi belum melakukan pendaftaran masih 139.527 orang.

Hingga hari ini, siswa yang sudah melakukan finalisasi pendaftaran SNMPTN 2020 baru mencapai 166.438. Sedangkan siswa yang sudah mendaftar dan mengisi KIP atau KKS sebanyak 16.541 orang.

Proses pendaftaran dinyatakan selesai apabila siswa sudah finalisasi atau cetak kartu peserta. Setelah finalisasi, siswa tidak bisa melakukan perubahand ara dengan alasan apapun, tulis LTMPT.

Pendaftaran SNMPTN akan ditutup pada 27 Februari 2020 pukul 23.59 WIB. Siswa yang belum mendaftar diimbau untuk segera melakukan pendaftaran.

Syarat Pendaftaran SNMPTN 2020 Sekolah yang siswanya berhak mengikuti SNMPTN adalah:

  • SMA/MA/SMK yang mempunyai NPSN;
  • Mengisi Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS).

Siswa pendaftar yang berhak mengikuti SNMPTN adalah:
  • Siswa SMA/MA/SMK kelas terakhir (kelas 12) pada tahun 2020 yang memiliki prestasi unggul;
  • Memiliki NISN yang terdaftar di PDSS;
  • Memiliki nilai rapor semester 1 - 5 yang telah diisikan oleh sekolah di PDSS atau memiliki nilai rapor semester 1 - 7 bagi SMK dengan masa belajar empat tahun;
  • Memiliki prestasi akademik dan memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN.

Cara Daftar SNMPTN 2020

Siswa pendaftar yang memenuhi kriteria pemeringkatan oleh sekolah, menggunakan email dan password login ke laman Portal LTMPT http://portal.ltmpt.ac.id untuk melakukan pendaftaran.


Siswa pendaftar mengisi biodata, pilihan PTN, dan pilihan program studi, serta mengunggah (upload) dokumen prestasi tambahan (jika ada). Siswa pendaftar juga harus membaca dan memahami seluruh ketentuan yang berlaku pada PTN pilihan.

Siswa pendaftar pada program studi bidang seni dan olahraga wajib mengunggah portofolio dan dokumen bukti keterampilan yang telah disahkan oleh Kepala Sekolah menggunakan pedoman yang dapat diunduh dari laman https://www.snmptn.ac.id. Siswa pendaftar mencetak Kartu Bukti Pendaftaran sebagai tanda bukti peserta SNMPTN.

Seleksi SNMPTN 2020 akan dilaksanakan pada 28 Februari-3 April dan hasilnya diumumkan pada 4 April 2020. Siswa pendaftar SNMPTN 2020 tidak dipungut biaya apa pun. Biaya penyelenggaraan SNMPTN sepenuhnya ditanggung Pemerintah.


Baca juga artikel terkait SNMPTN 2020 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Agung DH
DarkLight