Update Corona COVID-19 di Spanyol: Stadion Madrid Jadi Gudang Medis

Oleh: Beni Jo - 27 Maret 2020
Santiago Bernabeu bakal diubah menjadi pusat penyimpanan dan distribusi barang-barang perlengkapan medis.
tirto.id - Markas Real Madrid, Stadion Santiago Bernabeu, akan dipakai untuk melawan virus corona COVID-19 di Spanyol. Stadion itu rencanannya bakal digunakan sebagai pusat penyimpanan barang-barang medis sebelum didistribusikan ke beberapa pihak.

Seperti dilaporkan The Guardian Kamis (26/3/2020), Santiago Bernabeu bakal diubah menjadi pusat penyimpanan dan distribusi barang-barang perlengkapan medis yang disumbangkan ke otoritas kesehatan setempat.

Sebelumnya, Isabel Díaz Ayuso selaku kepala pemerintahan kota Madrid juga turut mengucapkan rasa terima kasih kepada Los Blancos setelah mereka melakukan pembicaraan dengan Presiden Madrid, Florentino Perez.

Ayuso, yang disebutkan telah positif terkena virus corona, mengatakan kesepakatan dengan Madrid ini sebagai sumbangan yang sangat besar dalam hal alat-alat kesehatan.

Pihak Real Madrid pun menyatakan kesiapan tentang penggunaan stadion mereka. Peraih 13 trofi juara Liga Champions itu juga menyebutkan telah menjalin kerja sama dengan CSD (dewan olahraga setempat) berkenaan dengan rencana ini.

"Sebagai hasil dari kerja sama antar kedua institusi, Santiago Bernabéu akan menawarkan tempat untuk menyimpan sumbangan berupa barang-barang medis yang diperlukan dalam misi melawan pandemi ini," tulis pihak Madrid, dilansir laman resmi klub.

Selain menggunakan stadion dengan kapasitas 80 ribu penonton itu, Madrid juga akan memanfaatkan yayasan amal yang dimiliki untuk menerima donasi.

Sementara menurut data WHO per 26 Maret 2020, sudah terdapat 47.610 kasus positif virus corona di Spanyol. Angka ini merupakan jumlah kasus terbanyak kedua di antara negara-negara Eropa. Sedangkan untuk angka kematian, sudah ada 3.434 korban.

Untuk negara terdampak paling parah di benua biru, sejauh ini Italia dengan 74.386 kasus terkonfirmasi virus corona. Angka kematian 7.505 orang.


Baca juga artikel terkait WABAH VIRUS CORONA atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Ibnu Azis
DarkLight