Ucapan Hari HAM Sedunia 2023 yang Menarik untuk Caption Sosmed

Kontributor: Erika Erilia, tirto.id - 8 Des 2023 14:00 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Kumpulan ucapan Hari HAM Sedunia 2023 yang menarik dan penuh semangat untuk di unggah di media sosial.
tirto.id - Hari Hak Asasi Manusia (HAM) Sedunia akan diperingati pada Minggu, 10 Desember 2023. Momen ini dapat Anda rayakan dengan cara berbagi ucapan yang berkaitan dengan HAM untuk dijadikan caption media sosial.

Hari HAM Sedunia merupakan peringatan global untuk mempromosikan hak-hak dasar setiap individu manusia tanpa memandang ras, bangsa, agama, jenis kelamin, atau latar belakangnya.

Peringatan ini juga bertujuan untuk mengingatkan publik akan pentingnya menjunjung tinggi HAM sekaligus mengatasi berbagai isu yang berkaitan dengan kesetaraan dan keadilan sosial.

Hari HAM Sedunia dirayakan setiap tahun untuk memperingati diadopsinya Universal Declaration of Human Rights (UDHR) atau Deklarasi Universal Hak Asasi Manusia oleh Majelis Umum PBB pada 10 Desember 1948.

Sebagai dokumen penting yang menjadi tonggak sejarah, UDHR menguraikan prinsip-prinsip dasar hak asasi manusia, termasuk hak untuk hidup, kebebasan, dan hak untuk mendapatkan rasa aman.

Pada 2023 ini, masyarakat memperingati Hari HAM Sedunia yang ke-75. Dilansir dari laman resmi PBB, peringatan Hari HAM Sedunia tahun ini akan mengusung tema “Freedom, Equality and Justice for All" yang berarti "Kebebasan, Kesetaraan dan Keadilan bagi Semua".

Tema ini mendorong setiap orang untuk ikut menghapus penindasan dan diskriminasi di dunia. Dengan tema ini, diharapkan tidak ada lagi konflik sehingga tercipta perdamaianan yang diharapkan oleh semua orang.

Ucapan Hari HAM Sedunia untuk Sosial Media


Peringatan Hari HAM Sedunia dapat dirayakan dengan berbagi ucapan di media sosial. Berikut beberapa ucapan yang dapat menebarkan pesan positif pada masyarakat:

1. Selamat Hari HAM Sedunia. Semoga kedamaian selalu menyelimuti setiap negeri dan semua manusia mendapatkan haknya.

2. Selamat Hari HAM! Mari bersatu menjaga dan memperjuangkan hak asasi manusia agar dunia menjadi lebih aman dan damai.


3. Pada Hari HAM Sedunia ini, ingatlah bahwa setiap individu adalah bagian dari keluarga besar umat manusia. Mari kita hormati, hargai, dan kita jaga hak-haknya.


4. Selamat memperingati Hari HAM Sedunia. Semoga kebebasan, kesetaraan, dan keadilan untuk semua benar-benar bisa terealisasi demi terciptanya dunia yang lebih baik lagi.


5. Selamat Hari HAM! Keberagaman adalah kekayaan yang begitu berharga. Mari hormati setiap manusia tanpa memandang SARA dan latar belakangnya.


6. Hari HAM adalah pengingat bahwa kita semua adalah sama. Semoga tak ada lagi diskriminasi dan penindasan agar kehidupan tetap damai.


7. Rayakan Hari HAM Sedunia dengan menjadi diri sendiri karena setiap orang berhak mendapatkan kebebasan untuk mengekspresikan diri.


8. Hari HAM Sedunia adalah momen untuk menghentikan semua ketidakadilan yang ada di dunia. Mari bersatu dan serukan kebebasan serta keadilan untuk semua.


9. Selamat Hari HAM Sedunia! Jangan pernah berhenti memperjuangkan kebebasan, kesetaraan, dan keadilan untuk setiap orang.


10. Manusia terlahir sebagai individu yang bebas. Mari kita jaga setiap hak asasi manusia dan menciptakan perdamaian dunia.


11. Jangan biarkan pihak lain merenggut kebebasan dan merampas hak-hak kita. Selamat Hari HAM Sedunia dan semoga negara kita menjadi lebih sejahtera.


12. Ketidakadilan dan pelanggaran HAM adalah kejahatan yang harus dihapuskan dari dunia. Mari bersatu dan melindungi hak asasi manusia demi terciptanya generasi muda yang lebih beradab.


13. Pada Hari HAM Sedunia, mari bersama-sama berjuang melawan segala bentuk diskriminasi dan ketidakadilan karena setiap orang berhak untuk hidup dan merasakan kebahagiaan.


14. Hari HAM Sedunia adalah momen untuk memperkuat solidaritas global demi melindungi hak asasi manusia, tanpa memandang ras, suku, atau agama.


15. Selamat Hari HAM Sedunia! Marilah bergandengan tangan dan bahu-membahu membangun dunia yang menghormati hak dan kebebasan setiap orang.


16. Melindungi hak asasi manusia adalah tanggung jawab bersama. Menciptakan dunia tanpa diskriminasi adalah hadiah yang bisa kita berikan bagi anak cucu kita.


17. Mari menjunjung tinggi hak asasi manusia dan hapuskan semua perbedaan yang ada. Selamat Hari HAM Sedunia, semoga kita semua bisa hidup berdampingan dalam rasa aman dan damai.


18. Umat manusia adalah sebuah keluarga yang jangan sampai terpecah belah. Mari hidup rukun tanpa diskriminasi dan saling menghargai. Selamat merayakan Hari HAM Sedunia 2023!


19. Pada Hari HAM ini, mari berkomitmen untuk menghapus ketidakadilan dan ketidaksetaraan. Setiap langkah kecil yang kita lakukan akan membawa umat manusia menuju dunia yang lebih baik lagi.


20. Kita memang berbeda latar belakang, tapi memiliki hak yang sama. Tingkatkan toleransi dan budayakan saling menghormati. Selamat Hari HAM Sedunia!


Baca juga artikel terkait HARI HAM SEDUNIA atau tulisan menarik lainnya Erika Erilia
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Erika Erilia
Penulis: Erika Erilia
Editor: Nur Hidayah Perwitasari

DarkLight