Tips Mengurangi Prengus Daging Kambing & Cara Membuat Empuk

Kontributor: Ega Krisnawati, tirto.id - 29 Jun 2023 15:03 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Tips mengurangi bau prengus daging kambing dan cara membuat empuk.
tirto.id - Pada saat perayaan Hari Idul Adha, setiap orang atau keluarga akan mendapat pembagian daging kurban, termasuk daging kambing.

Kendati sering berbau prengus, daging kambing tetap menjadi pilihan menu utama di hari Idul Adha. Bau prengus pada daging kambing sebenarnya disebabkan karena kesalahan dalam cara pengelolaan daging kambing ini.

Selain itu, bau prengus yang dihasilkan juga disebabkan oleh rumput yang dikonsumsi oleh kambing. Dikutip dari laman The Meet Guy, rumput mengandung "klorofil" yang merupakan senyawa organik "phytol" dan dapat menghasilkan bau khas.


Tips Mengurangi Bau Prengus Daging Kambing

Berikut cara mengurangi bau prengus daging kambing:

1. Pilih daging domba daripada daging kambing

Daging domba lebih direkomendasikan, apalagi yang berusia kurang dari 1 tahun, dagingnya lebih empuk dan bau rumputnya cenderung terbatas. Maka itu, daging domba lebih mudah untuk dikonsumsi.

2. Buang lemak sebanyak mungkin

Ketika menyiapkan daging domba disarankan untuk membuang lemaknya sebanyak mungkin karena "phytol" adalah penyebab bau unik dalam lemak domba.

Selain itu, daging domba juga mengandung lebih banyak lemak tak jenuh daripada daging sapi dan babi yang mudah teroksidasi.

3. Gunakan bumbu dengan efektif

Daging kambing mempunyai aroma yang unik, jadi disarankan untuk menggunakan herbal, seperti rosemary untuk menghilangkan baunya. Ketika menyiapkan daging domba, gosokkan ke daging agar baunya melunak.


Cara Membuat Daging Kambing Empuk

1. Hindari mencuci daging kambing

Hindari mencuci daging kambing sebelum dimasak. Mencuci daging kambing hanya akan membuat teksturnya alot dan menimbulkan aroma bau prengus. Jadi, taburkan garam secara langsung agar bisa menetralisir bau itu.

2. Marinasi daging kambing dengan nanas

Selain membuat daging kambing semakin empuk, nanas juga bisa menghilangkan aroma bau prengus. Caranya, potong nanas menjadi kecil-kecil. Lalu, balurkan pada daging yang akan diolah dan tunggu minimal 20 menit.

3. Bungkus daging dengan daun pepaya

Sama seperti nanas, daun pepaya bisa membuat daging kambing menjadi empuk dan tidak bau prengus. Caranya, bungkus dan remas daging kambing memakai daun pepaya minimal 45 menit.

4. Pilih bagian prime cut daging kambing

Pilihan daging ini mudah diolah karena tidak mengandung banyak jaringan otot hingga lebih cepat empuk saat dimasak. Salah satunya adalah bagian prime cut, yaitu daging khas dalam, luar iga, dan paha atas.

5. Marinasi dengan rempah-rempah

Rempah-rempah yang bisa digunakan, yaitu jahe, kunyit, kapulaga, kayu manis, cengkeh dan bawang putih yang dihaluskan. Diamkan lalu tambahkan bumbu lainnya.

6. Potong daging kambing menjadi potongan kecil

Setelah memotong daging kecil-kecil lalu pukul-pukul daging sebelum dimasak. Lakukan cara ini sampai memasaknya menggunakan panci presto.


Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Ega Krisnawati
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Ega Krisnawati
Penulis: Ega Krisnawati
Editor: Alexander Haryanto

DarkLight