Menuju konten utama
Libur Panjang Nataru 2025

Tiket Kereta Api Liburan Natal & Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan

Tiket kereta api jarak jauh untuk libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025 sudah bisa dipesan mulai hari ini. Berikut detailnya.

Tiket Kereta Api Liburan Natal & Tahun Baru Sudah Bisa Dipesan
Pemudik berjalan di peron kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (8/4/2024). PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 1 telah melayani keberangkatan penumpang mudik hingga 8 April 2024 atau H-2 Lebaran 2024 sebanyak 370.872 orang. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/nz

tirto.id - PT Kereta Api Indonesia (Persero) alias KAI telah membuka pemesanan tiket kereta api untuk keberangkatan H-45 sebelum keberangkatan. Hal ini dilakukan dalam rangka menyambut periode Libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025.

“Mulai hari ini, Kamis, 7 November 2024 masyarakat sudah bisa memesan tiket KA untuk keberangkatan tanggal 22 Desember 2024. Dan untuk esok hari, Jumat, 8 November 2024, pelanggan dapat memesan tiket untuk keberangkatan 23 Desember 2024, dan seterusnya mengikuti pola pemesanan H-45,” ujar Vice President of Public Relations KAI, Anne Purba, dalam keterangan resminya, dikutip Kamis (7/11/2024).

Pembelian tiket dapat dilakukan baik melalui aplikasi Access by KAI, situs kai.id, maupun seluruh channel resmi lainnya. Sementara untuk informasi lebih lanjut mengenai penjualan tiket pada periode Angkutan Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, pelanggan dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI di nomor telepon 121, WhatsApp 08111-2111-121, email cs@kai.id, atau media sosial KAI121.

“Kami mengimbau para pelanggan agar teliti memastikan tanggal keberangkatan, rute perjalanan, dan data diri diinput dengan benar saat melakukan pemesanan. Rencanakan perjalanan anda dengan baik, termasuk memperkirakan waktu perjalanan menuju stasiun agar terhindar dari keterlambatan," imbuh Anne.

Mengingat banyaknya pemesan tiket pada masa libur panjang, Anne menjelaskan bahwa saat ini KAI telah menerapkan sistem waiting room atau antrean online dalam proses pembelian tiket kereta api jarak jauh melalui aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id.

Adapun sistem waiting room ini dinilai bakal membantu mengelola aliran pemesanan tiket secara lebih terorganisir, terutama saat trafik pemesanan tinggi, seperti pada periode lebaran atau Natal dan tahun baru.

“Fitur ini memastikan aplikasi dan situs KAI tetap stabil, sehingga pengguna dapat memesan tiket dengan lebih adil dan teratur,” kata dia.

Dalam hal ini, ketika pelanggan mengakses aplikasi atau situs KAI selama periode sibuk, mereka akan masuk ke dalam waiting room dan mendapatkan nomor antrean. Pengguna kemudian perlu menunggu giliran untuk bisa mengakses sistem pemesanan tiket. Waktu tunggu ini akan bervariasi tergantung jumlah pengguna yang online pada saat itu.

"KAI mengimbau masyarakat yang akan melakukan perjalanan liburan untuk memesan tiket kereta api jauh-jauh hari, terutama untuk tanggal keberangkatan favorit, agar tidak kehabisan tiket. Liburan Nataru kali ini akan memberikan pengalaman yang lebih istimewa dengan hadirnya kereta New Generation yang menawarkan kenyamanan dan pengalaman perjalanan yang lebih baik,” kata Anne.

Baca juga artikel terkait KERETA API atau tulisan lainnya dari Qonita Azzahra

tirto.id - Sosial budaya
Reporter: Qonita Azzahra
Penulis: Qonita Azzahra
Editor: Abdul Aziz