Terapkan Protokol Kesehatan COVID-19 & Jaga Imun Selama Liburan

Oleh: Iswara N Raditya - 5 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
Ketua Satgas Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta semua pihak untuk selalu menerapkan prokes dan menjaga imunitas tubuh selama liburan.
tirto.id - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Doni Monardo meminta semua pihak untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan dan menjaga imunitas tubuh selama liburan. Hal itu demi mencegah semakin meluasnya penularan virus corona di masa pandemi.

Menurut Doni Monardo, hingga saat ini pemerintah masih terus mengupayakan tersedianya vaksin COVID-19. Masyarakat diimbau untuk selalu #ingatpesanibu dengan menerapkan 3M, yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, serta menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

"Selama vaksin masih dalam proses dan obat belum ditemukan maka vaksin dan obat terbaik adalah patuh kepada protokol kesehatan,” kata Doni Monardo dalam gelar wicara virtual yang diadakan Media Center Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 di Gedung Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, beberapa waktu lalu, dikutip dari Antara.

“Yakni memakai masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir. Jadi ini yang harus kita ingat dan lakukan," lanjut Ketua Satgas Penanganan COVID-19 yang juga Ketua BNPB ini.

Terlebih, imbuh Doni Monardo, liburan panjang kali ini berlangsung dalam situasi musim penghujan sehingga cukup rentan bagi ketahanan tubuh. Maka dari itu, semua pihak diharapkan selalu menjaga kesehatan dan menerapkan protokol kesehatan dengan baik.

"Dengan liburan panjang ini juga cuaca kurang begitu menguntungkan. Oleh karenanya kita juga harus mengantisipasi jangan sampai selama kita liburan terjadi cuaca ekstrem dan juga menimbulkan masalah keamanan dan keselamatan bagi kita dalam liburan," tutur Doni Monardo.


Berkaca dari pengalaman sebelumnya, setelah libur panjang pada akhir Agustus 2020 lalu, terjadi peningkatan kasus COVID-19 di hampir semua kota besar di Indonesia, termasuk Jakarta yang mengalami peningkatan yang luar biasa.

Doni Monardo berharap untuk liburan panjang berikutnya hal seperti itu tidak terjadi lagi. Tak hanya masyarakat, seluruh pihak termasuk para pelaku usaha di bidang pariwisata juga diminta untuk selalu menerapkan protokol kesehatan COVID-19 sesuai kebijakan pemerintah daerah masing-masing.

"Semuanya harus saling mengingatkan karena COVID-19 bukan ditularkan oleh hewan tetapi oleh manusia, dan manusia menulari kita adalah orang yang terdekat di sekitar kita," tutup Doni Monardo.

_______________________

Artikel ini diterbitkan atas kerja sama Tirto.id dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Baca juga artikel terkait KAMPANYE COVID-19 atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Kesehatan)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight