Sri Mulyani Akui Jadi Menteri Terbaik Dunia Merupakan Beban

Oleh: Yuliana Ratnasari - 13 Februari 2018
Dibaca Normal 1 menit
Sri Mulyani mengaku penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia menjadi tanggung jawab besar yang harus ia pikul.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah diganjar penghargaan penghargaan sebagai Menteri Terbaik di Dunia (Best Minister in the World Award) dalam acara World Government Summit di Dubai, Minggu (11/2/2018).

Meski begitu, Sri Mulyani mengaku predikat sebagai menteri terbaik di dunia itu menjadi tanggung jawab besar yang harus ia pikul. Mengingat, dalam penghargaan itu hanya satu orang menteri yang menerimanya.

"Saya diminta untuk hadir karena akan mendapatkan award sebagai menteri terbaik di dunia, wuih namanya serius banget. Itu beban berat buat saya," kata Sri Mulyani Indrawati ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (12/2/2018).

Sri Mulyani menyebutkan World Goverment Summit, meminta bantuan Ernst & Young untuk menilai menteri-menteri di dunia yang layak mendapat penghargaan sebagai menteri terbaik di dunia.

Ia menyebutkan kriteria yang dicari, metode penentuan, siapa saja yang masuk nominasi, sepenuhnya dilakukan oleh konsultan independen Ernst & Young.

Menurut dia, pencarian dari berbagai sumber, akhirnya ditemukan delapan nominator menteri terbaik di dunia. Ia pun terpilih menjadi menteri pertama dari Asia yang menerima penghargaan tersebut

"Kemudian mereka mendapat feed back dari seluruh dunia meliputi dari pihak swatsa, media massa, media sosial, investor, yang kemudian ditentukan menteri terbaiknya," kata Sri Mulyani, seperti dilansir Antara.

Dalam kesempatan itu Sri Mulyani menyampaikan terima kasih kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang memberikan ruang yang sangat besar untuk berkiprah secara maksimal.

"Leadership Presiden dalam reformasi memberikan kesempatan kepada kita untuk fokus dalam hal hal yang fundamental dan itu yang dilihat," katanya.

Ia menyebutkan sebenarnya hal itu merupakan hasil dari kerja reformasi yang dilakukan secara bersama-sama.

"Kebetulan saja nama saya yang muncul. Dan tentu yang bangga anak buah saya di Kemenkeu," katanya.

Sementara itu, Jokowi menyebutkan penghargaan tersebut merupakan pengakuan dunia terhadap kemampuan Sri Mulyani. Ia pun menunjukkan apresiasinya yang tinggi terhadap gelar yang disandang menteri keuangannya itu.

"Saya rasa semua bangga dengan itu," kata Jokowi usai membuka rapat kerja kepala perwakilan RI di luar negeri di Gedung Pancasila Kementerian Luar Negeri Jakarta, Senin.

Jokowi menyatakan penghargaan kepada Sri Mulyani Indrawati itu menunjukkan pengelolaan ekonomi Indonesia pada jalur yang benar dan efektif.

"Saya rasa seluruh masyarakat bangga dan itu menunjukkan manajemen ekonomi makro dan fiskal kita pada posisi yang track-nya bener, yang hati-hati dan sangat efektif," kata dia.


Baca juga artikel terkait SRI MULYANI atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Yuliana Ratnasari
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari