Soal Wagub, Anies Mengaku Lebih Sering Bertemu Riza Patria

Oleh: Riyan Setiawan - 6 Februari 2020
Namun pertemuan itu diakui bukan untuk lobi-lobi politik memuluskan Riza menjadi wakil gubernur.
tirto.id -
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan merespons terkait dua nama yang telah masuk menjadi kandidat calon wakil gubernur (Wagub) untuk menggantikan Sandiaga Uno.

Kedua nama tersebut yakni perwakilan dari Partai Gerindra Riza Patria dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Nurmansyah.

Ketika ditanyakan terkait kedua calon kandidat tersebut, Anies mengaku lebih sering bertemu dengan Cawagub dari Partai Gerindra, Riza Patria.

"Kalau dengan dua-duanya, tadi saya ketemu tadi dengan Pak Riza. Jadi ya sering ketemunya di acara," kata dia di gedung Balai kota DKI, Jakarta Pusat, Kamis (6/2/2020).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu mengaku saat bertemu dengan Riza tak melakukan lobi-lobi politik untuk memuluskan Ketua DPD Partai Gerindra itu sebagai Wakil Gubernur DKI.

Sebab menurutnya, pemilihan Wakil Gubernur merupakan kewenangan dari Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI.

"Enggak. Karena ini sesungguhnya kewenangannya ada di DPRD. Kan namanya sudah masuk di DPRD. Mudah-mudahan segera berproses di DPRD," ucapnya.

Sejauh ini, kedua Cawagub Riza Patria dan Nurmansyah telah melakukan safari politik ke sejumlah fraksi DPRD untuk meminta dukungan.

Riza dan Nurmansyah telah mengunjungi DPRD fraksi PDIP, Demokrat, PPP-PKB, PSI, PAN, Nasdem, dab Golkar. Namun keduanya sama-sama belum melakukan kunjungan ke fraksi lawan.


Baca juga artikel terkait CAWAGUB DKI JAKARTA atau tulisan menarik lainnya Riyan Setiawan
(tirto.id - Politik)

Reporter: Riyan Setiawan
Penulis: Riyan Setiawan
Editor: Restu Diantina Putri
DarkLight