tirto.id - Contoh soal asesmen kelas 9 Madrasah Tsanawiyah 2023 mata pelajaran PPKn dapat digunakan oleh siswa untuk belajar. Contoh soal yang disertai dengan kunci jawaban tersebut juga dapat digunakan guru sebagai materi untuk membuat soal ujian.
Kemudian, asesmen yang diajarkan meliputi seluruh mata pelajaran pada kelas 9 MTs.
Dalam Surat Keputusan (SK) Direktorat Jenderal Pendidikan Islam tentang SOP Penyelenggaraan Asesmen Madrasah tahun 2022/2023 menyebutkan, Asesmen Madrasah (AM) adalah asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah.
Asesmen Madrasah bertujuan untuk mengukur capaian kompetensi peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan yang ditetapkan.
Waktu pelaksanaan AM ditentukan oleh masing-masing madrasah dengan mempertimbangkan ketuntasan kurikulum, kalender pendidikan, dan hari libur nasional atau keagamaan. Namun, rentang waktu pelaksanaan AM untuk MTs adalah 10 April - 20 Mei.
Berikut merupakan persyaratan untuk mengikuti asesmen untuk Jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs):
a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MTs.
b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 7 (tujuh) sampai dengan kelas 9 (sembilan) semester ganjil.
c. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).
d. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM).
Contoh Soal Asesmen Madrasah MTs PPKn Kelas 9 dan Jawaban
Berikut merupakan contoh soal Asesmen Madrasah untuk mata pelajaran PPKn kelas 9 Mts disertai dengan kunci jawaban.
1. Perhatikan tabel berikut!
I | II | III | IV |
KH. Agus Salim Mr. Soepomo Ir. Soekarno | Drs. M. Hatta Mr. Soepomo Ir. Soekarno | Mr. Moh. Yamin Mr. A. Soebardjo Ir. Soekarno | Mr. M. Yamin Mr. Soepomo Ir. Soekarno |
Tokoh yang mengusulkan rumusan dasar negara pada sidang BPUPKI yang pertama ditunjukkan pada kolom tabel ....
A. I
B. II
C. III
D. IV
2. Para pendiri negara memberikan contoh semangat dan komitmen kepada bangsa dan negara dalam merumuskan dasar negara. Generasi penerus juga dapat menerapkan semangat dan komitmen kebangsaan tersebut di lingkungan masyarakat dengan ....
A. memilih kepala daerah dengan jujur
B. membayar pajak daerah tepat waktu
C. mengikuti upacara bendera tiap hari senin
D. kegiatan gotong royong membangun poskamling
3. Seorang siswa hendaknya memberikan salam dan menyapa guru dengan baik, hal tersebut merupakan contoh penerapan norma ….
A. agama
B. kesusilaan
C. kesopanan
D. hukum
4. Pada saat ulangan harian mata pelajaran PPKn salah satu siswa melakukan kecurangan dengan mencontek karena dia merasa belum siap. Tindakan siswa tersebut merupakan pelanggaran ….
A. Norma agama dan norma hukum
B. Norma agama dan norma kesusilaan
C. Norma kesusilaan dan norma kesopanan
D. Norma hukum dan norma kesopanan
5. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Mendahulukan kepentingan kelompoknya
(2) Mengikuti upacara dengan semangat cinta tanah air
(3) Mematuhi tata tertib sekolah
(4) Belajar untuk kebanggaan diri
Sikap siswa yang meneladani para tokoh perumus UUD NRI 1945, ditunjukkan pada nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)
6. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Letak staregis Indonesia
(2) Keadaan geografis
(3) Keadaan penduduk
(4) Perbedaan kondisi iklim
(5) Adanya daerah kota dan desa
Dari pernyataan di atas, yang merupakan faktor penyebab keberagaman masyarakat Indonesia adalah ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)
7. Sebagai anak Indonesia kita patut bangga dengan keanekaragaman budaya bangsa, untuk melestarikan budaya tersebut agar tidak punah maka kita laksanakan dengan cara…..
A. mempelajari dan melestarikannya
B. memodifikasikan budaya yang ada
C. memadukan dengan budaya daerah lain
D. merubahnya agar sesuai dengan selera anak sekarang
8. Kerja sosial yang dilakukan oleh masyarakat Yogyakarta secara bersama-sama untuk menyelesaikan pekerjaan berat tanpa mengharap imbalan dinamakan
A. Sambatan
B. Sabilulungan
C. Batobo
D. Gugur gunung
9. Menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah suatu hal yang mutlak untuk kelangsungan dan kemajuan bangsa, berikut yang bukan merupakan upaya menjaga NKRI adalah…
A. Menjaga persatuan dan kesatuan
B. Membanggakan daerahnya secara berlebihan
C. Tidak mempermasalahkan perbedaan yang ada
D. Memelihara keamanan dan ketertiban di masyarakat
10. Secara umum fungsi dan peranan Pancasila menurut Tap MPR No. III/MPR/2000 tentang sumber hukum nasional dan tata urutan perundangan dinyatakan bahwa pancasila berfungsi sebagai ...
A. bentuk negara
B. simbol negara
C. identitas negara
D. dasar negara
11. Salah satu landasan Peraturan Perundang-undangan Nasional yang harus berkaitan dengan kondisi atau kenyataan yang tumbuh dan hidup di masyarakat merupakan landasan....
A. landasan yuridis
B. landasan filosofis
C. landasan sosiologis
D. landasan Negara
12. Perhatikan tata urutan peraturan perundang-undangan berikut:
(1) UUD NRI Tahun 1945
(2) Ketetapan MPR
(3) UU/Perpu
(4) Peraturan Pemerintah
(5) Peraturan Presiden
(6) Peraturan Daerah Provinsi
(7) Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
Tata urutan peraturan perundang-undangan tersebut terdapat dalam....
A. ketetapan MPR No. I/MPR/2000
B. ketetapan MPR No. I/MPR/2001
C. UU No. 12 Tahun 2011
D. ketetapan MPR No. III/MPR/2001
13. Untuk menciptakan suatu tatanan sosial yang tertib dan teratur, diperlukan sebuah perangkat aturan-aturan atau norma dasar yang berfungsi mengatur perilaku manusia. Aturan tersebut dibuat oleh lembaga yang berwenang dan mempunyai kekuatan hukum yang kuat.
Aturan tersebut dikenal dengan istilah peraturan perundang-undangan nasional, peraturan perundang-undangan nasional yang penting bagi warga salah satunya adalah....
A. memberikan kepastian hukum bagi warga negara
B. bermanfaat bagi golongan tertentu
C. melindungi pejabat tertentu
D. memihak penguasa
14. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Dipimpin dan digerakkan oleh kaum terpelajar
(2) Bersifat nasional
(3) Bersifat reaktif dan spontan
(4) Memiliki kaderisasi dalam organisasi
(5) Memiliki visi yang jelas
Karakteristik perjuangan Indonesia setelah tahun 1908 adalah....
A. (1), (2), (3) dan (4)
B. (1), (2), (4) dan (5)
C. (1), (3), (4) dan (5)
D. (2), (3), (4) dan (5)
15. Salah satu tokoh pelopor pergerakan kaum wanita pertama di Indonesia yang dikenal sebagai tokoh emansipasi perempuan adalah....
A. Christina Marthatiahahu
B. Dewi Sartika
C. Cut Nyak Dien
D. RA Kartini
16. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Melahirkan cita-cita perkumpulan pemuda-pemuda Indonesia
(2) Membicarakan masalah pergerakan pemuda Indonesia
(3) Memperkuat kesadaran kebangsaan Indonesia dan memperteguh persatuan Indonesia
(4) Membentuk badan sentral organisasi pemuda Indonesia
Dari pernyataan di atas yang merupakan tujuan kongres pemuda II adalah....
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (2), dan (4)
C. (1), (3), dan (4)
D. (2), (3), dan (4)
17. Sumpah Pemuda merupakan cerminan dari tekad dan ikrar para pemuda dan pelajar untuk bersatu tanpa memandang perbedaan daerah, agama, bahasa, suku, dan warna kulit, sebagai bentuk tumbuhnya rasa....
A. kesatuan
B. kedaerahan
C. nasionalisme
D. semangat untuk merdeka
18. Pak Mahmudi selain seorang guru swasta juga seorang pengusaha, setiap tahun, ia tidak pernah lupa untuk membayarkan pajak penghasilan hasil usahanya. Perilaku Pak Mahmudi mencerminkan keteladanan terhadap semangat dan komitmen kebangsaan dalam bidang....
A. sosial
B. ekonomi
C. politik
D. Hankam
19. Perhatikan pernyataan berikut!
“Era reformasi dimulai dengan pergantian presiden dari Soeharto ke B.J. Habibie yang mulanya berperan sebagai wakil presiden. Kepemimpinan tersebut dimanfaatkan untuk mereformasi segala tatanan pemerintahan terdahulu. Langkah-langkah yang diambil oleh Habibie diantaranya adalah mengeluarkan Undang – Undang Nomor 9 Tahun 1998 tentang Kemerdekaan Menyatakan Pendapat di Muka Umum”.
Berdasarkan pernyataan diatas perubahan sistem pemerintahan di Indonesia pada era reformasi adalah….
A. Sistem sentralistik
B. Pemerintahan otoriter
C. Kebebasan pers
D. Sistem parlementer
20. Perhatikan pernyataan berikut!
(1) Negara Indonesia adalah negara kesatuan yang berbentuk republik.
(2) Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat.
(3) Negara Indonesia adalah negara hukum.
(4) Presiden dapat membekukan dan/atau membubarkan Dewan Perwakilan Rakyat.
(5) Menteri-menteri diangkat dan diberhentikan oleh presiden.
Pernyataan tersebut yang merupakan prinsip – prinsip kedaulatan sesuai dengan Undang- Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 adalah….
A. (1), (2), dan (3)
B. (1), (3), dan (5)
C. (1), (3), dan (4)
D. (1), (3), dan (5)
Penulis: Risa Fajar Kusuma
Editor: Yulaika Ramadhani