tirto.id - Latihan pemahaman menjadi salah satu komponen dalam pembelajaran Pendidikan Profesi Guru (PPG) Guru Tertentu Daljab 2024. Artikel ini akan menyajikan beberapa soal pada Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 beserta kunci jawabannya.
Piloting PPG bagi Guru Tertentu Daljab 2024 diselenggarakan untuk meningkatkan kompetensi guru di Indonesia. Program ini juga menjadi kesempatan bagi guru-guru yang sudah mengajar di sekolah formal untuk mendapatkan sertifikat pendidik.
Pembelajaran PPG Guru Tertentu dilaksanakan secara mandiri dan daring melalui Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melalui PMM, peserta wajib mempelajari sejumlah modul dan topik yang telah disediakan.
Setelah mempelajari seluruh materi di dalam modul, peserta PPG Guru Tertentu juga harus mengerjakan Latihan Pemahaman. Latihan Pemahaman ini berupa soal-soal yang bertujuan menguji sejauh mana pemahaman peserta terkait topik dan materi yang sudah dipelajari.
Kumpulan Soal Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 PPG Daljab dan Jawabannya
Berikut kumpulan soal dalam Latihan Pemahaman Modul 1 Topik 1 dan jawabannya:
1. Fase-fase yang perlu dilakukan untuk merancang perencanaan pembelajaran berbasis prinsip (UbD) adalah…
A. Merancang asesmen, kegiatan, dan tujuan pembelajaran
B. Merancang asesmen, tujuan dan kegiatan pembelajaran
C. Merancang kegiatan, tujuan dan asesmen pembelajaran
D. Merencanakan tujuan, kegiatan, dan asesmen pembelajaran
E. Merumuskan tujuan, asesmen, dan kegiatan pembelajaran
Jawaban: E
2. “Apa yang seharusnya dilakukan, diketahui, dan dipahami oleh peserta didik di akhir pengajaran?”. Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru apabila akan melakukan tahap…
A. Perencanaan strategi pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Perencanaan kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: B
3. “Bagaimana saya dapat mengetahui bahwa pembelajaran telah mencapai hasil belajar yang diinginkan?” Pertanyaan tersebut perlu dirumuskan oleh guru ketika akan melakukan tahap…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: C
4. “Bagaimana saya mendesain kegiatan pembelajaran agar peserta didik yang beragam dapat mencapai tujuan pembelajaran?” Merupakan pertanyaan penting yang perlu dipertimbangkan pada tahap…
A. Merencanakan model pembelajaran
B. Merumuskan tujuan pembelajaran
C. Merancang asesmen
D. Merancang kegiatan pembelajaran
E. Merencanakan pendekatan pelajaran
Jawaban: D
5. Setelah memahami substansi CP, guru diharapkan mulai mendapatkan ide-ide tentang apa yang harus dipelajari oleh peserta didik dalam suatu fase untuk dirumuskan menjadi beberapa Tujuan Pembelajaran (TP) yang lebih operasional dan konkret. Dalam merumuskan Tujuan Pembelajaran (TP), guru dapat memilih beberapa alternatif teknik berikut, kecuali…
A. Merumuskan TP secara langsung berdasarkan CP
B. Merumuskan TP dengan cara menganalisis ‘kompetensi’ dan ‘lingkup materi’ pada CP
C. Merumuskan TP secara lintas elemen
D. Merumuskan PP dengan memperhatikan karakteristik peserta didik
E. Merumuskan TP berdasarkan intuisi pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan peserta didik
Jawaban: E
6. Capaian Pembelajaran (CP) dapat dirumuskan merujuk pada teori belajar konstruktivisme dan kurikulum dengan pendekatan Understanding by Design (UbD) yang dikembangkan oleh Wiggins & Tighe (2005). Dalam kerangka teori ini, “memahami” merupakan kemampuan yang dibangun melalui proses dan pengalaman belajar yang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk dapat menjelaskan, menginterpretasi dan mengaplikasikan informasi, menggunakan berbagai perspektif, dan berempati atas suatu fenomena. Terkait hal tersebut pernyataan yang benar dalam kurikulum merdeka adalah…
A. Hierarki pengetahuan tidak digunakan dalam merumuskan CP dan tujuan pembelajaran turunan dari CP
B. Taksonomi pengetahuan tidak menggunakan kata kerja operasional yang spesifik
C. Memberi kebebasan kepada guru mengikuti taksonomi pengetahuan menurut teori yang disukai
D. Pemahaman dimaknai sebagai suatu proses kognitif yang kompleks tidak sederhana sebagai proses berpikir tingkat rendah
E. Menganggap bahwa ‘memahami’ dapat dicapai tanpa melibatkan proses dan pengalaman belajar yang mendalam serta tanpa memberikan kesempatan untuk menjelaskan, menginterpretasi, dan mengaplikasikan informasi dengan berbagai perspektif.
Jawaban: D
7. Pembelajaran dan assessment merupakan satu kesatuan yang sebaiknya tidak dipisahkan titik terkait hal tersebut guru dan peserta didik perlu memahami kompetensi yang hendak dicapai agar keseluruhan proses pembelajaran diupayakan untuk mencapai kompetensi yang dimaksud. Kaitan antara pembelajaran dan assessment, digambarkan dan diilustrasikan melalui ilustrasi berikut, kecuali…
A. Guru harus memastikan bahwa tujuan pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan dan kebutuhan peserta didik berdasarkan hasil asesmen awal.
B. Guru dapat mengukur capaian hasil belajar peserta didik pada akhir pembelajaran jika diperlukan.
C. Sepanjang proses pembelajaran guru dapat mengadakan asesmen formatif untuk mengetahui sejauh mana tujuan pembelajaran sudah dicapai oleh peserta didik.
D. Guru perlu merancang asesmen yang dilaksanakan pada awal pembelajaran, pada saat pembelajaran, dan pada akhir pembelajaran.
E. Proses pembelajaran sebaiknya dilakukan tanpa memperhatikan hasil asesmen, karena hal itu dapat menghambat kreativitas peserta didik.
Jawaban: B
8. Pada setiap mata pelajaran, terdapat sejumlah capaian pembelajaran dalam (CP) sebagai kompetensi pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik pada setiap fase. Rumusan CP tersebut memberikan gambaran tentang tujuan umum dan ketersediaan waktu untuk mencapai tujuan tersebut dalam 6 etape yang disebut fase. Pemanfaatan fase-fase CP dalam perencanaan pembelajaran dapat dikemukakan sebagai berikut, kecuali…
A. Memungkinkan kolaborasi guru pada fase yang sama untuk merancang pembelajaran yang efektif bagi peserta didik.
B. Mendorong guru fokus pada ketercapaian CP di akhir fase tanpa perlu memperhatikan perkembangan peserta didik dan kesinambungan proses pembelajaran antar kelas.
C. Memberi kesempatan pada guru untuk melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kesiapan peserta didik.
D. Memungkinkan guru merancang dan melaksanakan pembelajaran secara fleksibel.
E. Memastikan peserta didik mencapai kompetensi pembelajaran.
Jawaban: B
9. Pernyataan terkait kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran (KKTP) berikut ini yang benar adalah…
A. Hasil KKTP dapat digunakan untuk merefleksi proses pembelajaran dan menganalisis tingkat penguasaan kompetensi peserta didik.
B. KKTP merupakan standar yang ditetapkan untuk menentukan ketercapaian tujuan pembelajaran (TP).
C. KKTP dapat disusun melalui pendekatan rubrik.
D. KKTP dapat disusun melalui deskripsi kriteria dan interval nilai.
E. Semua benar
Jawaban: E
10. Pernyataan terkait asesmen awal berikut ini yang kurang tepat adalah…
A. Asesmen awal berfungsi untuk mendapatkan nilai capaian hasil belajar untuk dibandingkan dengan kriteria capaian pembelajaran yang ditetapkan.
B. Hasil asesmen awal dapat digunakan sebagai dasar untuk melakukan tindak lanjut perbaikan berupa intervensi yang tepat.
C. Hasil asesmen awal berfungsi untuk mengetahui tingkat kompetensi, kekuatan dan kelemahan peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran.
D. Asesmen awal dapat diterapkan untuk mengetahui kebutuhan belajar peserta didik yang beragam.
E. Hasil asesmen awal digunakan untuk memetakan minat kemampuan dan kesiapan belajar peserta didik.
Jawaban: A
Penulis: Erika Erilia
Editor: Yulaika Ramadhani