Menuju konten utama

Soal Asesmen Madrasah 2023 MTs Kelas 9 Bahasa Indonesia-Jawaban

Contoh soal asesmen madrasah materi Bahasa Indonesia kelas 9 beserta kunci jawaban.

Soal Asesmen Madrasah 2023 MTs Kelas 9 Bahasa Indonesia-Jawaban
Sejumlah siswa mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Idi, Kabupaten Aceh Timur, Aceh, Selasa (17/3/2020). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/hp.

tirto.id - Contoh soal asesmen madrasah materi Bahasa Indonesia kelas 9 dapat digunakan oleh para peserta didik sebagai bahan belajar sebelum menghadapi ujian.

Kisi-kisi dan contoh soal asesmen madrasah tersebut juga digunakan oleh para pendidik sebagai tolok ukur atau rujukan ketika membuat soal ujian.

Kegiatan asesmen madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan.

Melansir dari Standar Operasional Prosedur (SOP) penyelenggaraan asesmen madrasah tahun 2022/2023 menerangkan bahwa asesmen madrasah merupakan asesmen sumatif yang diselenggarakan pada akhir jenjang pendidikan madrasah.

Tujuan dari adanya asesmen madrasah yaitu untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai Standar Kompetensi Lulusan yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, kegiatan asesmen madrasah diikuti oleh seluruh peserta didik pada akhir jenjang pendidikannya baik pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), maupun Madrasah Aliyah (MA).

Syarat Asesmen Madrasah 2023 Kelas 9 MTs

Persyaratan peserta dalam penyelenggaraan asesmen madrasah berbeda-beda sesuai dengan jenjang pendidikannya. Berikut ini persyaratan bagi peserta asesmen madrasah untuk jenjang Madrasah Tsanawiyah (MTs).

a. Peserta didik terdaftar di kelas akhir pada MTs.

b. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai kelas 7 (tujuh) sampai dengan kelas 9 (sembilan) semester ganjil.

c. Memiliki laporan penilaian hasil belajar lengkap mulai semester 1 (satu) sampai dengan semester 5 (lima) untuk MTs penyelenggara sistem kredit semester (SKS).d. Terdata pada aplikasi pangkalan data ujian madrasah (PDUM).

Jadwal Pelaksanaan Asesmen Madrasah 2023 Kelas 9 MTs

Jadwal pelaksanaan kegiatan asesmen madrasah ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara asesmen madrasah yang bersangkutan. Akan tetapi, waktu pelaksanaannya harus memperhatikan beberapa hal sebagai berikut :

1. Ketuntasan kurikulum.

2. Kalender pendidikan di masing-masing madrasah.

3. Hari libur nasional/keagamaan.

4. Rentang waktu pelaksanaan AM

Rentang waktu asesmen MA : 13 Maret sampai dengan 8 April 2023

Rentang waktu asesmen MTs : 10 April sampai dengan 20 Mei 2023

Rentang waktu asesmen MI : 10 April sampai dengan 20 Mei 2023.

Contoh Soal Asesmen Madrasah 2023 MTs Kelas 9 Bahasa Indonesia

Berikut ini contoh soal asesmen madrasah materi Bahasa Indonesia Kelas 9 MTs beserta jawabannya :

1. Cermati teks deskripsi berikut!

Sejumlah studi mengungkapkan bahwa gejala Covid-19 varian Omicron tidak jauh berbeda dengan gejala Covid-19 pada umumnya. Beberapa gejala Covid-19 varian Omicron adalah demam, batuk, pilek, badan terasa lelah, sakit kepala, sakit tenggorokan, nyeri otot, gangguan pencernaan. Covid-19 varian Omicron juga berisiko menimbulkan gejala khas Covid-19 lain, seperti gangguan indra penciuman (anosmia) atau perasa (ageusia). Pada kasus tertentu, Covid-19 varian Omicron bisa menimbulkan gejala yang lebih berat, seperti sesak napas.

Makna kata yang tercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. proses infeksi virus ke tubuh

B. proses bermutasinya virus

C. gejala munculnya virus

D. virus baru hasil mutasi

Jawaban : D

2. Cermati teks cerita fantasi berikut!

“Ya baiklah! Kau tahu, katanya ada penyusup yang masuk ke wilayah kerajaan Avantazia? Ratu sudah menyuruh pasukan istana untuk menangkapnya,” ujar Oliver, sahabat Felix.

“Aku sudah tahu itu, beritamu basi,” kata Felix.

“Bagaimana kau bisa tahu, biasanya kau selalu ketinggalan berita karena sibuk menyusun rencana kudetamu itu?” ucap Oliver mengejek.

Makna kata yang tercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. berasa asam

B. berbau tidak sedap

C. sudah lama diketahui

D. hoaks

Jawaban : C

3.. (1) Gosok sabun ke telapak, punggung tangan, dan sela jari.

(2) Basahi seluruh tangan dengan air bersih mengalir.

(3) Bersihkan bagian bawah kuku-kuku.

(4) Keringkan tangan dengan handuk/tisu atau keringkan dengan diangin-anginkan.

(5) Bilas tangan dengan air bersih mengalir.

Urutan petunjuk cara mencuci tangan dengan sabun agar menjadi teks prosedur yang runtut adalah ...

A. (1), (2), (3), (4), (5)

B. (2), (1), (3), (5), (4)

C. (5), (1), (2), (5), (4)

D. (1), (3), (2), (4), (5)

Jawaban : D

4. Cermati teks laporan hasil observasi berikut!

(1) Sampah merupakan konsekwensi dari adanya kegiatan manusia yang begitu beragam. (2) Setiap kegiatan manusia pasti menghasilkan sampah yang jumlah dan volumenya berbanding lurus dengan tingkat konsumsi barang yang digunakan sehari-hari. (3) Jenis sampah juga sangat tergantung dari material yang dikonsumsi sehingga pengelolaan sampah merupakan permasalahan yang sangat krusial. (4) Persoalan sampah akan terkait dengan masalah-masalah lain, seperti masalah kultural, sosial, pendidikan, lingkungan, dan masalah lainnya.

Alasan kesalahan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ....A. Kata 'Konsekwensi' penulisannya tidak baku pada kalimat (1)B. Kata 'Volume' penulisannya tidak baku pada kalimat (2)C. Kata 'Material' penulisannya tidak baku pada kalimat (3)D. Kata 'kultural' penulisannya tidak baku pada kalimat (4)

Jawaban : A

5. Cermati teks syair berikut!

Ilmu didapat tiada cepat

Mesti sabar hatinya kuat

Moga Tuhan berikan rahmat

Maka jaga hati serta niat

Simpulan isi syair tersebut adalah ...

A. Proses mencari ilmu membutuhkan niat dan tekad yang kuat.

B. Proses mencari ilmu berlangsung sepanjang hayat.

C. Ilmu sangat bermanfaat sampai hari kiamat.

D. Setiap usaha harus diiringi dengan doa.

Jawaban : A

6. Cermati teks fabel berikut!

Semut muda pun berjalan menelusuri lembah. Ia memanjat pohon dan juga rerumputan berkali-kali. Ia berjalan dengan tak kenal lelah. Ia pun melihat mata air jernih dan mendatanginya untuk minum. Ketika dekat dengan mata air tersebut, ia bingung karena letak mata airnya lebih tinggi dibandingkan tanah tempat ia berpijak. Ia pun naik ke atas batang rumput. Saat hampir berhasil, ia terpeleset dan jatuh ke dalam mata air.

Makna kata tercetak miring pada teks tersebut adalah ....

A. bermukim

B. bergerak

C. berdiri

D. berada

Jawaban : C

7. Tiba-tiba, Serigala yang baik hati datang. Ia tersenyum ramah kepada semua binatang. “Hai, teman-teman,” sapa serigala itu. Melihat kedatangan Serigala, semua binatang langsung berlari kocar-kacir.

“Lari! Ada serigala jahat, nanti kalian diterkam!” teriak Ayam dengan sangat kencang. Semua binatang pun pergi menjauh. Hal itu membuat Serigala sedih. Ia ingin memiliki teman, tapi mengapa semua binatang di hutan menjauhinya?

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks tersebut merupakan bagian ....

A. orientasi

B. komplikasi

C. resolusi

D. koda

Jawaban : B

8. Cermati teks berita berikut!

Wakil Gubernur Jawa Tengah, Taj Yasin Maimoen, membeberkan bahwa sejak ditemukan varian Omicron di Indonesia, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah terus waspada. Kewaspadaan itu dilakukan dengan mengirimkan hasil swab PCR positif ke laboratorium untuk dianalisis genetik secara penuh, menggunakan teknik yang disebut pengurutan genomik (whole genome sequencing).

Perbaikan kesalahan penggunaan ejaan pada teks tersebut adalah ....

A. mengubah kata ‘teknik’ menjadi ‘tekhnik’

B. mengubah kata ‘dianalisis’ menjadi ‘dianalisa’

C. menulis kata ‘varian’ dengan diawali huruf kapital

D. mencetak miringkan istilah asing ‘whole genome sequencing’

Jawaban : D

9. Cermati teks slogan berikut!

Maskerku melindungi kamu, maskermu melindungi aku.

Isi slogan tersebut adalah ...

A. Bertukar masker sangat penting untuk mencegah penularan virus.

B. Penggunaan masker sangat penting demi keselamatan bersama.

C. Masker dapat melindungi para pemakainya.

D. Satu masker bisa digunakan untuk berdua

Jawaban : B

10. Cermati teks eksplanasi berikut!

Proses fotosintesis terjadi dalam dua tahapan, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap atau siklus Calvin. Reaksi terang terjadi pada siang hari saat masih ada cahaya matahari. Reaksi ini bertugas untuk mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen. Kemudian siklus Calvin akan mengubah karbondioksida menjadi gula yang disimpan oleh tumbuhan sebagai cadangan makanan. Reaksi terang dan gelap juga berada di tempat berbeda. Reaksi terang berada pada grana, sedangkan reaksi gelap terjadi di stroma. Kedua siklus fotosintesis ini terjadi pada organisme autotrof sebagai mekanisme pertahanan hidup.

Informasi tersurat yang terdapat pada teks tersebut adalah ...

A. Reaksi terang bertugas mengubah air dan karbondioksida menjadi oksigen.

B. Reaksi terang berada pada stroma, sedangkan reaksi gelap terjadi di grana.

C. Siklus Calvin terjadi pada siang hari saat masih ada cahaya matahari.

D. Reaksi terang bertugas mengubah karbondioksida menjadi gula.

Jawaban : A

11. Cermati teks eksplanasi berikut!

Bully adalah segala perilaku kekerasan fisik ataupun mental dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain. Perilaku bully dapat menimbulkan efek negatif bagi korban. Kesehatan psikologis korban akan terdampak dalam bentuk perilaku gangguan mental, konsumsi obat-obatan terlarang, prestasi belajar menurun, menarik diri dari lingkungan sosial sehingga tidak bisa berinteraksi dengan orang lain. Bukan cuma kesehatan psikologis, efek negatif bullying juga dapat terlihat dari keluhan fisik, contohnya sakit kepala, sakit perut, otot jadi tegang, palpitasi atau jantung berdetak kencang, dan nyeri kronis.

Ringkasan teks tersebut adalah ...

A. Bully adalah segala perilaku kekerasan fisik ataupun mental yang dapat menimbulkan efek negatif pada korbannya dalam bentuk gangguan mental, konsumsi obat-obatan terlarang, prestasi belajar menurun, menarik diri dari lingkungan sosial sehingga tidak bisa berinteraksi dengan orang lain, sakit kepala, sakit perut, otot jadi tegang, palpitasi atau jantung berdetak kencang, dan nyeri kronis.

B. Bully adalah segala perilaku kekerasan fisik ataupun mental dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain yang dapat menyebabkan gangguan mental, konsumsi obat-obatan terlarang, prestasi belajar menurun, menarik diri dari lingkungan sosial sehingga tidak bisa berinteraksi dengan orang lain.

C. Bully adalah segala perilaku kekerasan fisik ataupun mental dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain sehingga dapat menimbulkan efek negatif bagi korbannya.

D. Bully adalah segala perilaku kekerasan fisik ataupun mental dengan cara melakukan penyerangan atau mengintimidasi orang lain yang dapat menimbulkan efek negatif pada kesehatan psikologis dan fisik korbannya.

Jawaban : D

12. Cermati teks ulasan berikut!

(1) Sineas perfilman Indonesia sepertinya kian dewasa untuk memilih tema cerita yang akan diangkat ke layar lebar. (2) Tidak hanya mementingkan nilai komersial, tetapi juga mulai terasa menunjukan passion dan budaya dari film tanah air. (3) Filosofi Kopi yang diangkat dari novel karya Dewi Lestari jadi satu pilihan yang sangat kompeten untuk semua kriteria tersebut. (4) Film ini tentang salah satu Kedai Kopi di Jakarta yang masih dalam masa perkembangan. (5) Kedai ini dirintis oleh dua pemuda yang bersahabat, yakni Jody yang diperankan oleh Rio Dewanto dan Ben yang diperankan oleh Chico Jericho.

Kalimat yang tidak sesuai dengan kaidah berbahasa pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1) dan (2)

B. (2) dan (3)

C. (3) dan (4)

D. (4) dan (5)

Jawaban : C

13. Cermati teks ulasan berikut!

Kami telah menonton dan kesan pertama usai menyaksikan adalah akting para pemain yang gagal meyakinkan. Keegan Allen punya karisma untuk menjadi semacam YouTuber. Tampang tampan, atraktif sekaligus komunikatif kepada audiens, gaya busana yang keren, juga punya pacar yang cantik. Sepertinya, ini standard emas tak tertulis untuk siapa pun yang ingin menjadi pesohor dengan karir langgeng. Di tengah jalan, Keegan kurang mampu mentransfer hingar-bingar di media sosial, dampaknya secara psikologis, termasuk kengerian yang dihadapi di Escape Room level ekstrem. Yang tampak dalam film hanya gaya hidup mewah hura-hura. Kelompok kata yang mengandung kesalahan ejaan dalam bentuk penggunaan kata tidak baku pada teks tersebut adalah ....

A. akting, audiens, ekstrem

B. atraktif, standard, psikologis

C. standard, karir, hingar-bingar

D. standard, karir, ekstrem

Jawaban : C

14. Cermati teks persuasi berikut!

(1) Memutuskan keluar rumah untuk sekadar nongkrong-nongkrong apalagi tidak dengan menerapkan protokol kesehatan di tengah pandemi saat ini merupakan hal yang bisa dibilang egois. (2) Kita bisa saja tertular oleh orang lain yang mungkin juga tidak tahu mereka pembawa virus. (3) Jika kita membawa virus itu pulang, bisa membahayakan keluarga dan diri kita sendiri. (4) Oleh karena itu, mari tetap di rumah, dan be safe agar rantai penyebaran virus ini bisa segera terputus dan pandemi bisa cepat hilang untuk kebaikan bersama, dan tentunya kita sendiri.

Imbauan pada teks tersebut terdapat pada kalimat nomor ....

A. (1)

B. (2)

C. (3)

D. (4)

Jawaban : D

15. Cermati teks laporan percobaan berikut!

Roti yang dioleskan pada kertas buram meninggalkan noda transparan. Hal ini berarti roti memiliki kandungan lemak. Tempe ketika dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Hal ini membuktikan bahwa tempe tidak memiliki kandungan lemak. Putih telur yang dioleskan pada kertas buram tidak meninggalkan noda transparan. Maka putih telur tidak mengandung lemak. Margarin memiliki kandungan lemak karena ketika margarin dioleskan pada kertas buram meninggalkan noda transparan.

Simpulan isi teks laporan percobaan tersebut adalah ...

A. Uji kandungan lemak pada makanan dapat dilakukan dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapat.

B. Kandungan lemak pada makanan bergantung pada jumlah minyak yang dioleskan pada kertas buram.

C. Roti, tempe, putih telur, dan margarin adalah bahan makanan yang mengandung kadar lemak tinggi.

D. Roti dan margarin memiliki kandungan lemak, sedangkan tempe dan putih telur tidak memiliki kandungan lemak.

Jawaban : D

16. Cermati teks laporan percobaan berikut!

Percobaan ini mengajarkan anak bahwa sabun mempengaruhi tekanan permukaan air. Kandungan bahan kimia pada sabun dapat mengurai ikatan hidrogen pada air sehingga tekanan permukaan juga dapat berubah.

Berdasarkan strukturnya, kutipan teks laporan tersebut merupakan bagian ....

A. tujuan

B. langkah-langkah

C. hasil

D. simpulan

Jawaban : D

17. Cermati teks cerpen berikut!

Setelah sarapan, dengan malas saya keluar rumah dan duduk di beranda. Barangkali seperti agen minyak tanah yang siap menyambut para pembeli, saya menyiapkan kertas dan alat tulis. Hari baru membuka matanya. Bahkan matahari masih bergelut dengan kasurnya.

Makna simbol matahari masih bergelut dengan kasurnya dalam kutipan teks tersebut adalah ....

A. senja

B. fajar

C. malam

D. pagi

Jawaban : B

18. Cermati teks tanggapan berikut!

Ada yang mengatakan jika pergaulan bebas memiliki dampak yang positif, yaitu dapat mempunyai banyak teman, berbagi beberapa hal dari mulai cara berkomunikasi, cara menghormati, cara mengendalikan diri untuk berada di tengah-tengah masyarakat, dan lain-lain. Biasanya banyak orang-orang Indonesia yang meniru beberapa gaya bersalaman orang barat seperti berciuman, atau yang lebih dikenal dengan istilah cipika-cipiki. Bagi orang barat, contohnya Amerika, mereka menganggap berciuman adalah hal yang wajar.

Kalimat yang tepat untuk menyanggah pendapat tersebut adalah ...

A. Saya sependapat jika bangsa Indonesia mengikuti gaya hidup orang barat agar lebih modern.

B. Maaf, pendapat Anda sangat tidak pantas untuk diterapkan di Indonesia yang memiliki budaya dan adat ketimuran.

C. Saya kurang sependapat dengan Anda mengenai gaya bersalaman dengan berciuman. Selain kurang lazim, hal tersebut juga bertentangan dengan nilai-nilai agama.

D. Pendapat Anda terlalu vulgar dan tidak sopan, saya sangat tidak sependapat dengan Anda.

Jawaban : C

19. Cermati teks diskusi berikut!

(1) Di waktu yang bersamaan, Indonesia menjadi negara dengan pembuang makanan kedua terbanyak di dunia. (2) Makanan-makanan yang dibuang tersebut berasal dari sisa makanan pesta, acara perusahaan atau perkantoran, restoran, dan sisa makanan rumah tangga. (3) Apakah sisa makanan ini sebegitu tidak berharganya, sehingga harus dibiarkan membusuk begitu saja di tempat sampah? (4) Ataukah ada cara lain untuk memberdayakannya?

Kesalahan penggunaan tanda baca pada teks tersebut adalah ....

A. tanda koma (,) setelah keterangan waktu pada kalimat pertama

B. tanda koma (,) sebelum konjungsi aditif pada kalimat kedua

C. tanda koma (,) sebelum konjungsi konsekutif pada kalimat ketiga

D. tanda tanya (?) yang dibubuhkan pada akhir kalimat keempat

Jawaban : C

20. Cermati teks cerita inspiratif berikut!

Diceritakan pada suatu hari, seorang ibu melintasi angkringan nasi uduk sambil mendorong gerobak miliknya. Dia tidak hidup seorang diri, melainkan bersama kedua anaknya yang berada di dalam gerobak. Sontak saja kondisi ini menyentuh seseorang untuk turut berbagi. Panggil saja namanya Armi, seseorang yang sedang makan nasi uduk di waktu pagi menjelang siang.

Kalimat tercetak miring pada teks tersebut menunjukkan ungkapan ....

A. simpati

B. empati

C. perasaan pribadi

D. ekspresi

Jawaban : B

Baca juga artikel terkait CONTOH SOAL atau tulisan lainnya dari Ririn Margiyanti

tirto.id - Pendidikan
Kontributor: Ririn Margiyanti
Penulis: Ririn Margiyanti
Editor: Yulaika Ramadhani